Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Orang Tua Kena PHK, Ini Efeknya Terhadap Pengasuhan Anak

Orang Tua Kena PHK, Ini Efeknya Terhadap Pengasuhan Anak

Pandemi COVID-19 menyebabkan tingginya angka PHK. Dampak ini tidak hanya bikin stres orang tua, tapi juga memengaruhi cara pengasuhan anak, lho!

Pandemi virus corona membuat segalanya menjadi lebih sulit. Tidak hanya dalam hal beraktivitas, kondisi tersebut juga membuat banyak orang kehilangan pekerjaan gara-gara PHK.

Pemutusan hubungan kerja alias PHK dilakukan oleh sebagian perusahaan untuk ‘berhemat’, karena COVID-19 membuat ruang gerak menjadi sangat terbatas. Hal ini tentu bisa menimbulkan ‘luka’ bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Bukan hanya ‘luka’ dari segi fisik, tapi juga mental. Bahkan, dampak PHK disebut turut memengaruhi pola pengasuhan anak yang dilakukan oleh sebagian orang tua.

1 dari 4 halaman

Pengaruh PHK pada Orang Tua terhadap Psikis Anak

Anak yang orang tuanya menjadi korban PHK tentu akan memiliki beban tersendiri. Peneliti pun mengatakan, anak yang orang tuanya kena PHK dapat membuat kinerja akademis menurun, menyebabkan masalah perilaku, dan efek buruk lain yang mungkin berlangsung sepanjang hayat.

"Baru belakangan ini kami mulai mengumpulkan bukti bahwa orang tua yang kehilangan pekerjaan dapat berdampak pada perkembangan anak," kata direktur Center for Human Potential and Public Policy di University of Chicago, Amerika Serikat, Ariel Kalil. 

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Journal juga mengatakan, anak-anak yang orang tuanya kena PHK memiliki kemungkinan 15 persen lebih tinggi untuk mengulang kelas.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog.  Menurutnya, dampak PHK terhadap orang tua bisa menyebabkan stres, sehingga turut memengaruhi perilakunya dalam menghadapi kondisi di sekitarnya.

Artikel Lainnya: Cara Terbaik Kelola Stres Usai PHK Massal

2 dari 4 halaman

Dampak PHK, Benarkah Pengaruhi Pola Asuh Anak?

Untuk urusan pola asuh, Ikhsan mengungkapkan bahwa sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan. Akan tetapi, dampak PHK tetap bisa meningkatkan risiko buruk terhadap pengasuhan anak.

"Pola asuh utamanya masih sama, misal otoriter. Dikarenakan orang tuanya stres akibat PHK, maka bisa saja perilakunya jadi lebih otoriter sebagai bentuk penyaluran dari stres yang dirasakannya. Jadi, stresnya tersebutlah yang berdampak ke pola asuhnya," jelas Ikhsan.

Itu berarti, orang tua yang sedari awal menerapkan pola asuh yang buruk, maka kondisi tersebut bisa saja semakin buruk. 

Sebaliknya, jika sedari awal pola pengasuhan anak sudah sangat baik, hal ini biasanya tetap bisa dipertahankan. Jika berubah, perbedaannya tidak akan terlalu signifikan.

Artikel Lainnya: Ini Cara Memberitahu soal Kondisi Keuangan pada Anak!

3 dari 4 halaman

Tips Agar PHK Tak Berpengaruh pada Pengasuhan Anak

Bagaimana pun juga, dampak PHK bisa memberikan ancaman yang serius bagi hubungan orang tua dan anak, apalagi jika kondisi stres yang dialami dibiarkan terjadi secara berlarut-larut.

Atas dasar itu, tindakan sejak dini sangat perlu dilakukan agar ‘kewarasan’ bisa dipertahankan sehingga hubungan dengan keluarga dan lingkungan sekitar tetap harmonis.

Berdasarkan penuturan Ikhsan, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar PHK tidak memberikan pengaruh buruk terhadap pengasuhan anak dan lingkungan sekitar:

  • Coba cari kegiatan yang dapat menurunkan stres, misalnya dengan meditasi atau melakukan hobi positif. 
  • Pahami bahwa anak dan lingkungan keluarga juga terdampak dari kondisi PHK yang dialami.
  • Diskusikan dengan pasangan mengenai solusi terbaik agar bisa segera terlepas dari belenggu stres akibat PHK.
  • Ajarkan pula anak untuk memahami kondisi keluarganya saat ini. Dengan ini, anak diharapkan bisa lebih mengerti, bahkan turut memberikan motivasi agar keluarganya bisa segera terbebas dari perasaan stres akibat PHK.

Dampak PHK sedikit banyak akan memengaruhi cara pengasuhan anak. Agar tidak terjebak dan membuat segalanya semakin buruk, cobalah untuk melakukan upaya yang tepat seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Jika terkendala atau kesulitan melepaskan diri dari dampak PHK, jangan sungkan untuk mencari bantuan psikolog profesional menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar