Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Yuk Dicoba, Minyak Zaitun Bisa Memerahkan Bibir secara Alami

Yuk Dicoba, Minyak Zaitun Bisa Memerahkan Bibir secara Alami

Beragam cara sudah dicoba, tapi bibir merah alami tak kunjung didapat? Coba oleskan minyak zaitun! Minyak ini dipercaya bisa memerahkan bibir?

Bagi pemilik bibir gelap, Anda mungkin sudah mencoba berbagai macam cara untuk memerahkannya. 

Mulai dari scrub bibir, masker bibir, sampai menggunakan vitamin khusus. Namun, sudahkah Anda menggunakan minyak zaitun untuk bibir? 

1 dari 3 halaman

Memerahkan Bibir dengan Minyak Zaitun

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. 

Bahkan, tak hanya untuk kesehatan, minyak zaitun juga banyak digunakan dalam produk kecantikan. Salah satunya untuk memerahkan bibir. 

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, minyak zaitun merupakan jenis minyak esensial yang dihasilkan dari proses ekstraksi buah pohon zaitun. Hasilnya, minyak zaitun akan dibagi menjadi dua jenis, yaitu EVOO atau extra virgin olive oil, dan ElOO atau  extra light olive oil

“Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan, lemak tidak jenuh, dan banyak vitamin lainnya seperti vitamin A, D, E, dan juga K. Karena itulah, minyak zaitun juga banyak digunakan untuk perawatan kulit dan kecantikan,” ujar dr. Devia. 

Lantas, benarkah cara membuat bibir merah bisa dicapai dengan bantuan minyak zaitun? 

Menanggapi hal ini, dr. Devia mengatakan fungsi utama minyak zaitun untuk bibir adalah melembapkan dan mengurangi pecah-pecah.

“Tidak langsung memerahkan bibir, tapi jika dipakai secara rutin untuk melembapkan bibir dan mengatasi bibir kering, lama kelamaan bibir yang kusam atau gelap akan berubah menjadi merah,” tutur dr. Devia.

Artikel Lainnya: 5 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Itu artinya, dia menambahkan, manfaat minyak zaitun untuk bibir ini tidak secara langsung dan instan, ya.

“Melewati proses pelembapan bibir terlebih dahulu, barulah nanti mengubah warna bibir jadi merah alami,” kata dr. Devia. 

Cara utama untuk memerahkan bibir bukanlah dengan menggunakan minyak zaitun. Namun, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengubah warna bibir. 

“Misalnya saja, kebiasaan merokok, penggunaan kosmetik tertentu, hiperpigmentasi karena sering terpapar sinar matahari,” kata dr. Devia lagi. 

Jadi, untuk menguranginya, dibutuhkan perubahan pola hidup dari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, ditambah scrub bibir secara teratur.

“Salah satunya, Anda bisa membuat scrub gula yang dicampur minyak  zaitun. Scrub bibir rutin bisa membantu mengangkat kulit mati di bibir, sehingga bibir tampak lebih sehat, cerah, dan lembap,” jelas dr. Devia. 

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Menggunakan Minyak Zaitun Pada Bibir

Sama seperti bahan alami lainnya, penggunaan minyak zaitun yang berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping. 

Salah satu alasannya, minyak alami ini tidak diformulasikan seperti produk khusus bibir lainnya.

Oleh karena itulah, penggunaan secara berlebihan, terutama pada kulit sensitif, bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi dan alergi

“Teksturnya yang sangat berminyak sering kali tidak nyaman dipakai untuk di bibir. Selain itu, penggunaannya juga bisa buat iritasi. Sebenarnya tidak masalah kalau digunakan secara rutin, tapi tetap hati-hati karena ada risiko alergi juga,” kata dr. Devia.

Saat terjadi alergi atau iritasi, biasanya Anda akan merasa panas, gatal, bengkak, merah di sekitar bibir usai dioles minyak zaitun.

Artikel Lainnya: Fakta Sehat Memerahkan Bibir secara Alami dengan Stroberi

Karena itu, bagi pemilik kulit sensitif, Anda diminta untuk mencobanya terlebih dahulu di bagian kulit tangan.

Cobalah untuk meneteskan beberapa minyak zaitun di tangan, lalu gosok dan diamkan selama beberapa menit. 

Jika tidak ada reaksi panas, merah, muncul ruam, dan gatal dalam 2 x 24 jam, minyak zaitun dapat aman digunakan pada bibir. Tapi, kalau reaksi tidak biasa tersebut muncul, jangan lanjutkan pemakaian.

Kamu tertarik memiliki bibir merah dengan minyak zaitun, tapi masih ragu? Yuk, manfaatkan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar