Sukses

Sederet Bahaya Wortel Jika Dikonsumsi Berlebihan

Dalam jumlah yang tepat, wortel terbukti membawa manfaat sehat. Jika dikonsumsi berlebihan, Anda justru akan merasakan bahaya wortel bagi kesehatan.

Hampir setiap orang sudah tidak asing dengan wortel. Sayuran kaya vitamin A dan beta karoten ini memang terbukti dapat memberikan beragam manfaat sehat, salah satunya untuk mengoptimalkan fungsi penglihatan.

Namun, manfaat tersebut hanya bisa Anda rasakan apabila mengonsumsi wortel dalam jumlah yang tepat. Apabila berlebihan, yang justru Anda rasakan adalah bahaya wortel bagi kesehatan.

1 dari 3 halaman

Efek Samping Konsumsi Wortel Berlebihan

Berikut ini adalah beberapa bahaya wortel yang bisa Anda rasakan apabila mengonsumsinya secara berlebihan:

1. Keracunan Vitamin A

Telah disebutkan sebelumnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam jumlah yang tepat, vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan.

Namun dalam jumlah yang berlebihan, vitamin A malah dapat menyebabkan keracunan.

“Meski jarang terjadi, konsumsi wortel dalam jumlah yang sangat ekstrem bisa meningkatkan risiko terjadinya keracunan vitamin A,” kata dr. Devia Irine Putri.

“Kondisi ini juga bisa terjadi akibat minum suplemen yang mengandung vitamin A, ditambah dengan konsumsi sayuran yang mengandung vitamin A juga,” sambungnya.

2. Sembelit

Sebagai salah satu jenis sayuran, wortel tentu saja memiliki kandungan serat. Dalam kadar yang tepat, serat membantu menjaga kesehatan saluran cerna, dan melancarkan buang air besar.

Namun, apabila jumlah serat yang masuk ke tubuh Anda terlalu banyak, senyawa tersebut malah bisa menyebabkan gangguan di saluran cerna.

“Terlalu banyak konsumsi serat bisa menyebabkan masalah sembelit atau konstipasi, yang menyebabkan sulitnya buang air besar,” ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: Awas, Wortel Juga Bisa Picu Alergi

3. Kulit Menjadi Kuning

“Konsumsi wortel terlalu banyak bisa menyebabkan kulit berubah menjadi kuning,” jelas dr. Devia.

Kondisi tersebut terjadi karena wortel memiliki kandungan beta karoten, yang jika masuk ke tubuh dalam dosis tinggi dapat menumpuk dan mengubah warna kulit menjadi kekuningan.

“Kondisi kulit kuning akibat kebanyakan makan wortel umumnya tidak berbahaya, dan bisa hilang dengan sendirinya,” tutur dr. Devia.

4. Perut Kembung

Bagi beberapa orang, wortel adalah jenis sayuran yang sulit dicerna. Keluhan ini bisa dirasakan sangat buruk. Khususnya jika orang-orang tersebut mengonsumsi wortel dalam jumlah berlebih.

Orang-orang yang kesulitan mencerna wortel umumnya akan mengalami perut kembung akibat tingginya produksi gas di dalam saluran pencernaan.

5. Alergi

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal National Library of Medicine menyebut wortel mengandung senyawa protein yang bisa menyebabkan terjadinya reaksi pada 25 persen orang dengan  alergi makanan.

Menambah penjelasan, dr. Devia menyebut orang-orang yang alergi terhadap wortel akan mengalami kemunculan gejala meski hanya makan sedikit.

Beberapa gejala yang muncul, misalnya pilek atau hidung tersumbat, gatal di mulut dan tenggorokan, ruam kulit, dan sesak napas.

Artikel Lainnya: Ini Dia 5 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Tips Makan Wortel Agar Sepenuhnya Bermanfaat

Supaya terhindar dari bahaya wortel, hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah membatasi porsinya saat mengonsumsi. Berdasarkan penuturan dr, Devia, makan 4-5 wortel ukuran sedang per hari sudahlah cukup.

“Disarankan untuk mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung beta karoten sebanyak 6-9 miligram dalam sehari,” ungkap dr. Devia.

“Jika asupan beta karoten melebihi 20 miligram per hari, salah satu efek yang muncul adalah perubahan warna kulit menjadi kuning,” lanjutnya.

Selain dengan membatasi porsi, Anda juga mesti mengolah wortel dengan cara yang tepat. Awali dengan mengupas kulit wortel dan dicuci hingga bersih dengan air mengalir.

Kemudian, Anda bisa mengolah wortel yang telah bersih tersebut dengan cara direbus sebentar, atau ditumis dengan minyak zaitun.

Wortel adalah jenis sayuran yang sebenarnya penuh manfaat sehat. Namun, Anda tetap harus membatasi porsinya saat mengonsumsi agar tidak malah mengalami efek samping merugikan.

Jika Anda punya pertanyaan mengenai bahaya wortel atau hal-hal lain mengenai kesehatan, tak perlu sungkan untuk chatting secara langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

1 Komentar