Sukses

Sederet Manfaat Hojicha untuk Kesehatan Tubuh Anda

Mau coba varian teh, seperti hojicha? Tentu boleh-boleh saja! Manfaat hojicha untuk kesehatan tubuh Anda juga sangat beragam, lho!

Ketika bicara soal teh hijau dari Jepang, mungkin yang langsung terpikirkan oleh Anda adalah ocha dan matcha. Ya, hal tersebut memang tidak salah. 

Namun, ada satu lagi varian teh Jepang yang sedang banyak digemari, yaitu hojicha. Tak sekadar punya rasa yang lezat, manfaat hojicha buat kesehatan tubuh juga sangat beragam, lho.

Mengenal Teh Hojicha 

Hojicha merupakan golongan teh hijau. Hanya saja, warna daunnya lebih cokelat kemerahan. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, daun teh tersebut dipanggang. Berkat proses tersebut, aromanya menjadi semakin kuat dan warnanya menjadi lebih gelap.

Ada beberapa hal yang membedakan hojicha dengan teh hijau lainnya. Hojicha itu sendiri memiliki kandungan kafein yang lebih rendah. 

Setiap 100 gram hojicha hanya menyimpan 0,13 gram kafein, sedangkan pada matcha ada sekitar 3,2 gram kafein per 100 gramnya. 

Selain itu, hojicha juga memiliki rasa asap (smoky), sedangkan matcha tidak. Jika ditambahkan susu dan menjadi segelas latte, rasanya sangat khas dan lezat! 

Artikel Lainnya: Ini, Lo, 10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari

1 dari 3 halaman

Manfaat Minum Hojicha

Setidaknya ada delapan manfaat hojicha yang bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara rutin. 

Bahkan beberapa di antaranya bisa langsung terasa di sekali minum. Ragam manfaat yang dimaksud dari teh yang satu ini, yaitu:

  1. Ideal untuk yang Sensitif terhadap Kafein

Proses pemanggangan tidak memengaruhi khasiat teh, melainkan menghilangkan rasa pahit dan menurunkan kadar kafein di dalamnya. 

Teh hijau dengan warna kecokelatan ini baik dikonsumsi orang-orang yang sensitif terhadap kafein, seperti anak-anak dan lansia. Ini karena risiko sakit kepala, kecemasan, atau ulu hati sakit akibat kafein berlebih dapat dihindari.

  1. Meredakan Stres 

Seperti kebanyakan teh lainnya, hojicha juga dapat memberikan sensasi relaks. Efek tersebut bisa ada berkat kehadiran senyawa L-Theanine yang merupakan asam amino pereda gejala stres, depresi, dan kecemasan. 

Artikel Lainnya: Mitos Manfaat Teh Basi bagi Kesehatan

  1. Menyehatkan Kulit dan Membuat Awet Muda

Vitamin C yang terkandung dalam teh panggang ini berfungsi mencerahkan flek hitam pada kulit, khususnya yang disebabkan oleh bekas jerawat sekaligus membantu memperbaiki kerusakan kulit. 

Kandungan vitamin tersebut juga dapat mencegah keriput dan mengembalikan elastisitas kulit yang hilang seiring bertambahnya usia.

  1. Meredakan Pilek dan Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Polifenol di dalam teh hojicha bersifat antivirus yang bisa membantu membunuh bakteri. 

Teh Hojicha juga mengandung banyak vitamin sehingga dapat melawan flu dan membantu memelihara daya tahan tubuh. Risiko kanker pun dapat diturunkan dengan minum teh ini secara teratur.

  1. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah 

Zat katekin di dalam teh hojicha dapat membantu mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol. Hal ini bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, dan radang arteri utama. 

Hojicha pun mengandung vitamin E yang merupakan komponen penting untuk mencegah penggumpalan darah. 

Artikel Lainnya: Minum Teh Susu, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan?

  1. Memelihara Metabolisme

Tak cuma menyehatkan jantung dan pembuluh darah, zat katekin dalam hojicha juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mendorong penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak. 

  1. Melindungi Kesehatan Gigi 

Antioksidan EGCG hadir di semua teh hijau, termasuk di dalam teh hijau panggang satu ini. Zat tersebut membantu mencegah gigi berlubang dan bau mulut. 

Tak hanya itu, gingivitis dan penyakit gusi pun dapat dikurangi risikonya dengan mengonsumsi teh hojicha secara rutin. 

  1. Meringankan Nyeri karena Peradangan

Polifenol yang ada di dalam hojicha ternyata juga dapat membantu meredakan nyeri artritis, mengurangi peradangan, dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada persendian Anda. 

Artikel Lainnya: Jenis Teh Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Minum Teh Hojicha

Meskipun manfaat hojicha bagi kesehatan sangatlah beragam, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya.

Menurut dr. Devia Irine Putri, ada kondisi medis tertentu yang membuat penderitanya sebaiknya tak mengonsumsi jenis minuman ini. 

“Sebenarnya ini berlaku untuk semua jenis teh, tak cuma hojicha. Apabila Anda punya masalah anemia, lebih baik hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, meskipun kandungannya kecil. Ini karena kafein dapat menghambat penyerapan zat besi,” ujar dr. Devia. 

Tertarik dengan segala manfaat sehat hojiha bagi kesehatan? Jika Anda tidak punya masalah anemia, jangan sungkan untuk mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Tetap ingat untuk membatasi porsinya agar tidak berlebihan, ya!

Bila Anda masih ada pertanyaan seputar manfaat minum hojicha atau hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

1 Komentar