HomeInfo SehatGigi MulutBenarkah Makanan Pedas Bisa Sebabkan Sakit Gigi?
Gigi Mulut

Benarkah Makanan Pedas Bisa Sebabkan Sakit Gigi?

drg. Callista A, 24 Mar 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Keseringan makan makanan pedas katanya bisa sebabkan sakit gigi. Benarkah? Ini penjelasan lengkapnya!

Benarkah Makanan Pedas Bisa Sebabkan Sakit Gigi?

Hampir setiap orang Indonesia menyukai makanan pedas. Selain lebih nikmat, makanan pedas juga memberikan sensasi sendiri ketika makan.

Sayang, di balik segala kenikmatan yang ditawarkan, makanan pedas juga bisa menyebabkan efek samping merugikan.

Tidak hanya untuk kesehatan saluran pencernaan, makanan pedas katanya juga bisa menyebabkan sakit gigi. Namun, benarkah demikian?

Apakah Makanan Pedas bisa Menyebabkan Sakit Gigi?

Faktanya, makanan pedas memang terbukti dapat memengaruhi kesehatan gigi meski tidak secara langsung.

Kandungan capsaicin dalam makanan pedas bisa memicu naiknya asam lambung. Jika kondisi ini sering terjadi, lapisan enamel bisa terkikis. Dalam jangka panjang, gigi menjadi rapuh dan mudah patah, serta risiko gigi berlubang pun dapat meningkat.

Saus sambal yang dijual di pasaran maupun supermarket juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jika sering dikonsumsi bersamaan dengan makanan tinggi gula lainnya, enamel gigi bisa rusak dan karies gigi bisa terjadi. 

Karena efeknya ini, kamu tidak boleh makan makanan pedas saat sedang sakit gigi.

Mengatasi Sakit Gigi Setelah Makan Pedas

Langkah pertama untuk mengatasi sakit gigi setelah makan makanan pedas adalah berkumur dengan air putih. Tujuannya, untuk membersihkan sisa makanan di rongga mulut.

Berkumur dengan air hangat dapat sekaligus menetralkan rasa pedas di mulut. Selain cara ini, kamu juga bisa mencoba tips berikut:

  • Menyikat gigi setelah 30-60 menit dan jangan gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan menthol tinggi, karena membuat rongga mulut akan semakin panas. 
  • Minum obat anti nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol atau asam mefenamat.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Bahaya, Karies Gigi atau Gigi Berlubang?

Tips Merawat Gigi bagi Orang yang Gemar Makan Pedas

Walaupun makanan pedas bisa memicu sakit gigi, kamu bisa menurunkan risikonya. 

Mari ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

  • Wajib menyikat gigi sebanyak dua kali atau lebih (jika diperlukan) dalam satu hari. Lakukan ini di pagi dan malam hari sebelum tidur.
  • Hindari langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan pedas. Jadi, kamu perlu menunggu 30 sampai 60 menit. Ini bertujuan untuk mencegah zat asam merusak lapisan email gigi.
  • Rutin melakukan pembersihan karang gigi setiap enam bulan sekali di dokter gigi. Tujuannya, untuk melihat apakah ada kerusakan gigi tahap awal sehingga bisa diperbaiki sedini mungkin.
  • Apabila gigi terasa ngilu saat makan pedas, sebaiknya kurangi tingkat rasa pedas atau hentikan sementara waktu konsumsi makanan pedas.
  • Hindari makanan pedas jika kamu memiliki masalah asam lambung.
  • Sebelum membeli sambal botol, baca dulu kandungan yang terdapat di dalamnya. Batasi konsumsinya jika memang banyak mengandung asam atau gula.

Artikel Lainnya: Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Makanan pedas terbukti dapat menjadi penyebab sakit gigi meski tidak secara langsung. Jadi, kamu perhatikan kembali kebiasaan ini.

Jika kamu memiliki masalah gigi dan mulut, konsultasikan langsung ke dokter gigi. Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih mudah. 

Yuk #JagaSehatmu mulai dari sekarang dengan rajin menggosok gigi dan bijak dalam memilih makanan!

(APR/JKT)

Hari Kesehatan Gigi NasionalSakit Gigi

Konsultasi Dokter Terkait