Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Menilik Alasan Wanita Tidak Menikmati Seks dengan Pasangan

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Menilik Alasan Wanita Tidak Menikmati Seks dengan Pasangan

Terdapat sebagian wanita yang tidak merasakan apa-apa saat berhubungan intim. Pada akhirnya, mereka tidak bisa menikmati seks dengan sepenuh hati. Apa sebabnya?

Hubungan seksual yang dilakukan secara rutin dan teratur adalah salah satu modal yang dibutuhkan untuk memiliki rumah tangga yang harmonis. Sayangnya, hal tersebut terkadang sulit untuk diwujudkan.

Salah satu alasan yang mendasarinya adalah kondisi ketika wanita tidak bisa menikmati seks. Mereka tidak merasakan apa-apa saat berhubungan intim sehingga kenikmatan yang diharapkan juga tak kunjung dirasakan.

Apa yang dapat menyebabkan seorang wanita tidak bisa menikmati seks? Apakah kondisi tersebut berhubungan dengan penyakit atau kondisi psikis?

1 dari 3 halaman

Alasan Kenapa Wanita Tidak Menikmati Seks

Menurut dr. Atika, banyak hal yang dapat menjadi faktor seorang wanita tidak bisa menikmati seks. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Penyakit

Terdapat beberapa penyakit yang bisa memengaruhi kondisi tubuh, yang pada akhirnya menurunkan minat untuk melakukan atau menikmati hubungan seks dengan pasangan.

“Misalnya, merasakan nyeri saat berhubungan, punya penyakit diabetes, kanker, artritis, dan tekanan darah tinggi,” kata dr. Atika.

2. Masalah Psikologis

Aspek psikologis juga bisa memengaruhi kondisi tubuh dan mood untuk melakukan hubungan seksual.

Berdasarkan dr. Atika, adanya gangguan mental seperti depresi atau stres akibat beban kehidupan juga bisa menjadi alasan seorang wanita tidak merasakan apa-apa saat berhubungan intim.

“Gangguan mental, seperti depresi, stres psikologis akibat masalah dalam kehidupan, kurang percaya diri akibat penampilan, dan lain-lain juga dapat menjadi faktor yang menentukan kenikmatan dalam berhubungan seksual,” ujar dr.  Atika.

Artikel Lainnya: 4 Alasan Kenapa Wanita Bosan Dengan Seks

3. Kedekatan Emosi dengan Pasangan

“Kedekatan antara suami dan istri juga menjadi salah satu faktor yang menentukan,” ujar dr. Atika.

Lebih lanjut, dr. Atika mengatakan kedekatan emosi adalah salah satu syarat kenikmatan dalam berhubungan seksual khususnya bagi pihak wanita.

“Misalnya ketika bertikai, wanita cenderung tidak menikmati hubungan seksual dengan pasangannya,” tegasnya.

4. Perubahan Hormonal

Ada suatu masa di dalam hidup wanita yang membuat kadar hormon di tubuhnya berkurang, yaitu menopause. Kondisi ini umumnya dialami ketika wanita sudah menginjak usia 50 tahun atau lebih.

“Perubahan hormonal di tubuh, seperti ketika mengalami menopause juga bisa mengurangi kenikmatan dalam berhubungan seksual,” ungkap dr. Atika.

5. Efek Samping Obat

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa mencetuskan terjadinya efek samping berupa penurunan libido atau gairah seksual.

Beberapa jenis obat-obatan yang dimaksud, misalnya pil tekanan darah tinggi, pil kontrasepsi, pil antidepresan, dan beberapa obat untuk mengatasi flu.

Artikel Lainnya: Ini Penjelasan Mengapa Libido atau Gairah Seks Meningkat saat Haid

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Gairah Seksual Tetap Optimal

Seperti telah disinggung sebelumnya. kehidupan suami istri yang tidak dihiasi dengan hubungan seksual yang berkualitas dapat menurunkan keharmonisan.

Terkait hal ini, dr. Atika berpendapat, dampaknya akan dirasakan secara berbeda pada tiap orang.

“Misalnya, ada pasangan suami istri yang berharap hubungan seksual lebih sering. Ada juga yang mengharapkan hubungan seksual hanya sesekali, namun dilakukan dengan sangat berkualitas,” tutur dr. Atika.

“Golongan yang pertama akan sangat terdampak dari masalah dorongan seksual yang rendah dari pihak wanita. Pada kondisi ini, rentan terjadi konflik dan keretakan dalam rumah tangga, apalagi bila komunikasi dari kedua belah pihak sangat kurang,” tegasnya.

Nah, agar hubungan suami istri yang Anda jalani tidak berakhir demikian, dr. Atika menyarankan agar Anda menghindari hal-hal yang berpotensi menurunkan gairah seksual.

“Dari segi fisik, berarti pihak wanita harus dapat menjaga kesehatan tubuhnya. Misalnya, dengan mencegah penyakit kronis dengan menerapkan gaya hidup sehat,” ungkap dr. Atika.

“Apabila kewalahan dengan kesibukan rumah tangga, ada baiknya bila mendelegasikan tugas tersebut kepada asisten (ART),” lanjutnya.

Tidak cukup dengan itu, Anda juga mesti menjaga kesehatan mental agar tetap stabil. Beberapa caranya adalah belajar mengelola emosi atau membiasakan diri diri untuk menjalin komunikasi yang baik ketika merasakan adanya konflik.

“Agar self image baik, pihak wanita juga harus diberi kesempatan dan waktu untuk merawat diri. Hal ini akan menghindari timbulnya rasa kurang percaya diri, yang merupakan salah satu faktor penyebab dorongan seksual rendah,” pungkas dr. Atika.

Apakah ada cara lain yang juga bisa dilakukan untuk meningkatkan libido? Ada! Baca selengkapnya di artikel berikut (7 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Libido Anda).

Apabila mendapati pasangan wanita Anda tidak bisa menikmati seks, segera lakukan upaya penanganan agar masalah tersebut tidak terjadi berlarut-larut. Anda ingin terhindar dari keretakan rumah tangga gara-gara hal tersebut, bukan?

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai masalah dalam wanita berhubungan intim atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan, tanyakan langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar