Diet dan Nutrisi

Hati-Hati, Jangan Makan Chia Seed secara Berlebihan!

dr. Vika Damay, 18 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kerap disebut superfood, biji chia menyajikan sejumlah nutrisi penting. Namun, saat dikonsumsi berlebihan, ada bahaya chia seed yang mengintai!

Hati-Hati, Jangan Makan Chia Seed secara Berlebihan!

Chia seed  banyak diperbincangkan oleh para pencinta makanan organik. Makanan ini berasal dari biji-bijian tumbuhan Salvia hispanica yang banyak ditemukan di Meksiko, Amerika Latin.

Meski berukuran kecil, biji chia kerap disebut superfood karena besarnya kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Namun, di balik khasiatnya yang hebat, ada keburukan yang bisa muncul bila chia seed dikonsumsi terlalu banyak. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jumlah yang dikonsumsi.

Sebelum membahas mengenai bahaya chia seed, kenali dahulu kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya berikut ini.

Chia Seed, Kandungan, dan Nutrisinya

Sebelum membahas lebih jauh mengenai efek samping yang ditimbulkan chia seed, Anda perlu tahu alasan mengapa biji-bijian ini dijuluki superfood.

Dilansir dari USDA (United States Department of Agriculture), 2 sendok makan biji chia atau setara dengan 30 gram mengandung 150 kkal energi, 5 gram protein, dan 12 gram karbohidrat. Chia seed juga mengandung nol gula dan kolesterol.

Tak berhenti di sana, biji chia juga mengandung serat 11 gram, 189 mg kalsium, 2 mg zat besi, dan 5,1 mg sodium.

Selain itu, biji chia juga kaya akan antioksidan yang memberikan perlindungan dari stres oksidatif, radikal bebas, dan mengurangi risiko penyakit kronis serta penuaan dini. Inilah mengapa makanan ini kerap disebut sebagai superfood.

Dalam sebuah penelitian, pola makan menggunakan biji chia bersama protein kedelai dan gandum terbukti dapat menurunkan berat badan, trigliserida darah, dan pembengkakan.

Biji-bijian berwarna hitam ini juga salah satu sumber asam lemak omega-3 nabati terbaik, yang terbukti membantu meningkatkan kolesterol HDL baik dan menurunkan kolesterol LDL jahat. Luar biasa sekali, ya, khasiatnya?

Artikel Lainnya: Manfaat Berlimpah Chia Seed untuk Ibu Hamil

Ini Bahaya Konsumsi Chia Seed Berlebihan

Apapun yang dikonsumsi berlebihan pastinya tidak baik, termasuk chia seed yang kerap disebut-sebut sebagai superfood.

Di balik deretan nutrisi dan khasiatnya bagi kesehatan, chia seed menyimpan bahaya jika tidak dikonsumsi dengan benar dan berlebihan. Beberapa bahaya atau efek samping akibat kebanyakan makan chia seed, yaitu:

1. Memicu Gangguan Pencernaan

Konsumsi makanan tinggi serat, seperti biji chia, sangat baik untuk sistem pencernaan. Akan tetapi, terlalu banyak makan serat dapat bermasalah pada sebagian orang.

Terlalu banyak serat menyebabkan nyeri perut, konstipasi, diare, dan perut kembung. Kondisi bisa semakin parah jika Anda tidak terhidrasi dengan baik. Air punya peran yang sangat penting dalam membantu serat melewati sistem pencernaan.

2. Risiko Tersedak

Konsumsi chia seed berlebihan juga meningkatkan risiko tersedak, dan ini tentu berbahaya. Saat diberikan air, biji chia kering akan membengkak dengan menyerap cairan sekitar 10-12 kali lipat dari beratnya. Inilah yang membuat Anda berisiko tinggi tersedak, terutama jika mengalami kesulitan menelan.

Kasus berbahaya ini pernah menimpa seorang pria berusia 39 tahun. Sang pria menelan satu sendok makan biji kering, kemudian dia minum segelas air. Hal yang terjadi kemudian, benih-benih ini berkembang dan membesar di kerongkongannya, hingga menyebabkan penyumbatan.

Karena kejadian itu, dia harus masuk ruang gawat darurat untuk mengeluarkannya sumbatan tersebut.

Agar Anda tidak mengalami kejadian tersebut, Anda disarankan untuk merendam biji chia 5–10 menit sebelum dimakan. Selain itu, Anda yang punya masalah menelan mungkin perlu ekstra hati-hati menghadapi biji berukuran mini ini.

Artikel Lainnya: Susah BAB? Lancarkan dengan Konsumsi Chia Seed

3. Berpotensi Menyebabkan Kanker Prostat

Biji chia mengandung tinggi asam alfa-linolenat (ALA), sejenis asam lemak omega-3 yang ditemukan, terutama pada sumber nabati. Senyawa ini telah terbukti mendukung banyak aspek kesehatan, termasuk fungsi kognitif dan kesehatan jantung.

Hanya saja, beberapa penelitian menemukan hubungan antara asupan ALA dengan kanker prostat.

Sebuah studi observasional yang melibatkan 288.268 pria menunjukkan, asupan ALA dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat lanjut. Namun, temuan ini masih diperdebatkan.

Beberapa studi justru mengklaim asam lemak ALA dapat melindungi dari kanker prostat. Karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait asupan ALA dan kanker prostat.

Artikel Lainnya: Berbeda dengan Chia Seed, Ini Manfaat Biji Selasih

4. Mengakibatkan Alergi

Bahaya chia seed berikutnya adalah risiko alergi. Meski jarang, beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi setelah makan biji chia.

Gejala alergi dapat berupa diare, muntah, serta gatal di bibir atau lidah. Bahkan, ada juga yang mengalami reaksi alergi berat.

Ini adalah gangguan kesehatan serius yang bisa mengancam jiwa. Apabila Anda baru pertama kali mencoba biji chia dan mengalami gejala alergi makanan, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

5. Potensi Interaksi dengan Beberapa Jenis Obat

Anda mungkin perlu mengurangi asupan chia seed jika dalam pengobatan darah tinggi dan diabetes. Pasalnya, mengonsumsi biji chia bisa saja berinteraksi dengan efek obat tersebut. Kok bisa?

Biji chia bisa membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah. Efeknya sebenarnya baik, tetapi jika Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter, maka penurunan tekanan dan gula darah akan terjadi secara drastis dan justru membahayakan tubuh Anda.

Jika demikian, Anda harus konsultasikan kepada dokter Anda supaya dosis pengobatan disesuaikan kembali.

Berapa Dosis yang Disarankan?

Jumlah anjuran konsumsi biji chia memang belum ada yang secara spesifik. Namun agar lebih aman, ada yang menyarankan untuk mengonsumsinya dimulai dari dua sendok makan atau 28 gram chia seeds dulu. Jumlahnya bisa ditingkatkan bila memang tubuh bisa menoleransi.

Demikian beberapa bahaya dari chia seed. Jika dikonsumsi dengan cara yang tepat dan jumlah yang pas, biji chia bisa menjadi teman diet yang sehat dan seimbang. Selain itu, usahakan tetap terhidrasi saat Anda mengonsumsi biji chia. Sebelum dikonsumsi, rendam biji chia selama 5–10 menit sebelum memakannya, ya.

Anda bisa konsultasi dokter via Tanya Dokter untuk membahas ini lebih lanjut dan jangan kelewatan info kesehatan dan gaya hidup lainnya, hanya di aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya sekarang!

[WA]

Chia Seed

Konsultasi Dokter Terkait