Sukses

Bisa Dicoba, Ini Manfaat Olahraga Yoga untuk Anak Autis

Tidak hanya dapat merelaksasi pikiran, olahraga yoga katanya juga bisa mendatangkan sederet manfaat sehat untuk anak autis. Apa saja? Simak di sini!

Tidak sedikit orang yang beranggapan yoga hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Padahal, olahraga ini juga bisa dilakukan oleh anak-anak, termasuk mereka yang menyandang autisme.

Bahkan, anak yang menderita spektrum autisme disarankan untuk melakukan olahraga yoga secara rutin dan teratur guna membantu mengendalikan gejala penyakit yang dialaminya.

1 dari 3 halaman

Sederet Manfaat Yoga untuk Anak Autis

Menurut dr. Devia Irine Putri, berikut ini adalah beberapa manfaat yoga untuk anak  autis:

1. Melatih Keseimbangan

Dengan berlatih yoga di bawah pengawasan instruktur yang ahli, yoga terbukti dapat secara efektif membantu melatih keseimbangan tubuh.

Mengajak anak autis untuk diam selama beberapa saat memang sulit. Namun, dengan kesabaran yang penuh dari orang tua dan pelatih, si kecil dengan gangguan tersebut bisa mendapatkan manfaat yang satu ini secara maksimal.

2. Memberikan Ketenangan Pada Anak

Anak dengan autisme lebih mungkin mengalami untuk rasa cemas, panik, dan sebagainya.

Latihan yoga yang dilakukan secara rutin, dan teratur, serta di bawah bimbingan pelatih profesional mampu memberikan ketenangan pada anak autis dan membuat mereka jadi lebih bisa mengontrol emosi.

Artikel Lainnya: Ini 5 Buah yang Aman dan Sehat Dikonsumsi Anak Autis, Coba, yuk!

3. Melatih Anak Agar Lebih Fokus

Yoga juga bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi, termasuk pada anak yang mengalami autisme.

Hal ini dapat membuat anak tersebut lebih fokus terhadap hal yang ada di hadapannya.

4. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Anak dengan autisme cenderung sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain. Namun, dengan latihan yoga yang dilakukan secara berkelompok, anak-anak akan dipertemukan dengan pelatih, dan teman-teman sebaya lainnya. Ini bisa membantu mereka untuk bersosialisasi dan kemampuan berkomunikasi.

5. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Anak dengan autisme cenderung memiliki gangguan motorik. Dampaknya, anak jadi mengalami kesulitan untuk berkoordinasi dengan gerakan yang ada, sulit mengatur keseimbangan, postur tubuh, dan sebagainya.

Sebagai solusi dari masalah tersebut, anak dengan autisme dapat melakukan latihan yoga secara rutin dan di bawah pengawasan pelatih profesional. Ini karena yoga dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik dengan baik.

Artikel Lainnya: Olahraga yang Tepat untuk Anak Autis

2 dari 3 halaman

Persiapan Yoga untuk Anak Autis

Agar sesi yoga untuk anak autis bisa dilakukan dengan lancar dan aman, berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

  • Dampingi anak untuk latihan gerakan yang simpel, mudah, dan dasar. Anda bisa mulai dengan mengajari teknik pernapasan, dan coba praktikkan langsung di depan anak.
  • Selipkan sesi bermain jika anak sudah mulai rewel dan terlihat bosan melakukan yoga. Hal ini berguna untuk menarik kembali fokus dan perhatian anak.
  • Lakukan secara bertahap dan perlahan. Mulai dari teknik pernapasan yang sederhana, lalu ke gerakan selanjutnya yang sedikit lebih kompleks, seperti peregangan otot.
  • Jangan sungkan untuk meminta bantuan tenaga profesional. Bahkan, dr. Devia menyarankan untuk melakukan sesi yoga untuk anak autis dengan orang yang sudah terbiasa mengajari anak-anak berkebutuhan khusus.
  • Buat jadwal rutin, agar anak bisa melakukannya secara konsisten. Ini bertujuan agar yoga untuk anak autis dapat mendatangkan manfaat yang lebih optimal lagi.
  • Jika terdapat penolakan, jangan paksa anak untuk melakukannya. Jika suasana hati si kecil sedang tidak baik atau anak sudah merasa lelah, biarkan ia beristirahat dan sudahi sesi yoga. Pasalnya, semakin dipaksa, semakin enggan juga mereka untuk melakukan yoga.
  • Saat sedang libur latihan yoga, cobalah untuk mengajak anak berkomunikasi. Ajak mereka untuk mengingat gerakan yang kemarin dilakukan saat sesi yoga. Dengan ini, mereka jadi belajar untuk mengingat dan berkonsentrasi.

“Mungkin di Indonesia kurang familier dengan Yoga for ASD (autism spectrum disorder). Tapi kalau dilihat di internet, ada banyak latihan atau gerakan yoga yang bisa jadi referensi,” kata dr. Devia.

“Secara, saat ini sedang pandemi. Kalau ke tempat yoga khusus anak juga tidak bisa. Jadi, orang tua bisa memanfaatkan internet sebagai panduan gerakan-gerakan yoga yang tepat,” sambungnya.

Yoga adalah salah satu pilihan olahraga untuk anak autis, yang sangat baik untuk dilakukan secara rutin dan teratur.

Jika kesulitan untuk berkunjung ke sanggar yoga lantaran terhalang pandemi, gunakanlah internet sebagai media mengajarkan gerakan yoga yang tepat untuk anak.

Bila terkendala atau tidak sepenuhnya yakin dengan gerakan yoga untuk anak autis yang dilihat di internet, jangan sungkan untuk mengonfirmasikannya secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar