Mata

Ini Buah dan Sayur yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata Alami!

dr. Karin Wiradarma, 23 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Irisan mentimun kerap jadi bahan alami untuk masker mata. Selain mentimun, apa lagi buah atau sayur yang bisa digunakan sebagai masker mata? Berikut daftarnya.

Ini Buah dan Sayur yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata Alami!

Ketika melakukan perawatan wajah, kita sering meletakkan irisan mentimun di kedua mata yang terpejam. Tujuannya, biar terasa efek dingin menyegarkan. 

Namun, selain mentimun, masih ada lagi beberapa sayuran dan buah yang bisa dijadikan bahan masker mata alami.

Kulit di sekitar mata merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Pasalnya, kulit di area ini lebih tipis dan lebih halus ketimbang kulit di bagian tubuh yang lain. 

Mata juga organ yang digunakan terus-menerus sepanjang hari. Dari berkedip sampai mengekspresikan emosi. Tentu ini dapat menyebabkan penuaan dini. Belum lagi paparan sinar UV, stres, faktor genetik, serta gaya hidup yang juga bisa memengaruhi. 

Nah, apa saja buah dan sayur yang dapat dijadikan bahan masker mata alami? Berikut di antaranya.

1. Stroberi

Jika mata terasa lelah dan lingkaran di bawahnya semakin menggelap, kamu bisa menggunakan stroberi untuk mengatasinya. 

Stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi, jadi tidaklah heran bila buah ini bagus untuk mata lelah. 

Cara mengaplikasikan masker mata dari stroberi adalah lumatkan dulu stroberinya. Lalu, oleskan di bawah mata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih. Lakukan ini secara teratur untuk hasil maksimal. 

Artikel Lainnya: Manfaat Pakai Penutup Mata Saat Tidur

2. Kentang 

Kentang juga bisa menjadi bahan untuk masker mata alami. Karena, seperti stroberi, kentang dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. 

Irisan kentang yang sudah dicuci bersih bisa kamu letakkan di mata tertutup. Atau, bisa juga kamu lumatkan dulu lalu oleskan ke area bawah mata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

3. Semangka 

Buah yang satu ini terkenal karena kandungan airnya yang melimpah, warnanya yang menarik, serta rasanya yang manis. Bonusnya lagi, kamu bisa menjadikan semangka sebagai masker mata alami. 

Semangka mengandung banyak air. Ini membuat mata jadi lebih relaks karena sensasi dingin yang diberikan. Selain itu, vitamin A dan C dalam semangka bisa membantu meredakan mata kering dan bengkak. 

Kamu bisa memotong agak tipis buah tersebut. Lalu, letakkan di mata yang terpejam dan tunggu hingga 30 menit.

4. Pepaya 

Pepaya kerap dipakai dalam sabun atau losion pencerah kulit karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Buah ini juga bisa dijadikan masker mata alami buatan sendiri, karena enzimnya bertindak sebagai exfoliant yang lembut.

Irislah pepaya agak tipis, lalu letakkan di mata yang terpejam. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan mata yang lebih cerah. 

Artikel Lainnya: Mana yang Baik untuk Mata, Kompres Dingin atau Hangat?

5. Alpukat 

Lebih suka masker yang teksturnya lebih creamy? Kamu bisa menggunakan alpukat sebagai bahan maskermu. 

Lumatkan alpukat, lalu oleskan ke area sekitar mata untuk memberi kelembapan dan hidrasi ekstra. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

6. Pisang 

Apakah kamu pernah membuat masker dari buah pisang? Jika belum, yuk dicoba. Pisang juga bisa membantu meningkatkan area sekitar matamu, lho!

Haluskan setengah pisang, tutup matamu rapat-rapat, lalu oleskan pisang tumbuk ke kelopak mata. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

Artikel Lainnya: Efek Samping Kompres Bunga Telang untuk Mata

7. Lettuce Iceberg

Siapa sangka, sayuran yang kerap ditemukan dalam salad ini bisa membantu kemerahan dan peradangan di area mata? Ya, lettuce iceberg bisa kamu jadikan bahan masker mata alami. 

Ambil beberapa iris lettuce iceberg untuk diletakkan di mata yang tertutup. Biarkan selama 30 menit.

8. Jambu Biji

Buah berikutnya untuk masker mata adalah jambu biji. Jambu biji mengandung vitamin C dan merupakan sumber antioksidan yang baik. 

Masker mata dari jambu biji dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda awal penuaan. 

Itu dia delapan bahan untuk masker mata alami selain mentimun. Yang perlu kamu catat, karena ini dari bahan alami, hasilnya tak bisa instan. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin dan sabar. Jangan lupa untuk mencuci bersih dulu buah dan sayur yang digunakan. 

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan mata dan kulit, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

SayurKesehatan MataMaskerbuah

Konsultasi Dokter Terkait