Sukses

Tips Memulai Yoga untuk Orang Berbadan Gemuk

Tak hanya bagi orang bertubuh proporsional, yoga juga bisa dilakukan orang bertubuh gemuk. Bagaimana, sih, cara memulainya?

Yoga tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang berbadan kecil dan juga proporsional. Nyatanya, yoga juga bisa dilakukan oleh orang yang memiliki badan gemuk.

Hanya saja, sama seperti para pemula, ada panduan sendiri jika ingin memulai yoga untuk orang gemuk. 

1 dari 3 halaman

Orang Gemuk Olahraga Yoga, Bagaimana Cara Memulainya? 

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, bagi orang bertubuh gemuk, latihan-latihan intensitas rendah seperti yoga mungkin lebih nyaman untuk dilakukan ketimbang harus lari di atas treadmill atau jogging track.

“Pasalnya, yoga dasar (basic yoga) memiliki gerakan yang cukup mudah untuk dilakukan, baik bagi pemula maupun orang dengan tubuh gemuk,” dia menjelaskan. 

Lantas, bagaimanakah cara memulai yoga untuk badan gemuk? Dijelaskan oleh dr. Devia, berikut cara-caranya:

  1. Minta Bantuan dari Pelatih Yoga

Agar sesi yoga bisa berjalan lancar dan aman, ada baiknya Anda meminta bantuan dari tenaga yang lebih profesional.

Pada sesi latihan, biasanya pelatih akan menjelaskan terlebih dahulu gerakan-gerakan yang bisa dilakukan oleh para pemula, dalam hal ini orang bertubuh gemuk. 

“Pelatih juga biasanya akan memulai sesi latihan dengan durasi waktu singkat agar tubuh tidak ‘kaget’ dan pegal selama yoga berlangsung,” kata dia.

  1. Cari Informasi Mengenai Basic Yoga 

Ada banyak sekali jenis gerakan yoga. Akan tetapi, jika Anda adalah seorang pemula, basic yoga jadi pilihan yang paling dianjurkan.

Umumnya, gerakan basic yoga tidaklah sulit. Siapa saja bisa melakukannya, termasuk orang dengan tubuh gemuk.

  1. Lakukan secara Bertahap 

Jangan memaksa latihan dalam durasi lama dengan gerakan yang sulit. Anda cukup mulai dengan gerakan sederhana dan durasi yang tidak terlalu lama, yakni 20-60 menit.

Memaksakan diri untuk latihan yoga terlalu lama dengan gerakan sulit lebih berisiko cedera, kram, dan juga pegal. 

Artikel Lainnya: Tips Latihan Yoga untuk Pemula

  1. Lakukan Yoga dengan Konsisten 

Agar efeknya bisa didapatkan maksimal, lakukan kegiatan yoga secara rutin. Anda bisa menambahkan waktu setiap kali sesi sebanyak 15 menit.

Misalnya, latihan pertama Anda melakukan yoga selama 20 menit. Pada sesi kedua, Anda bisa menambahkan 15 menit lagi, sehingga durasi waktunya jadi 35 menit, begitu seterusnya.

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman 

Kenakanlah pakaian yang nyaman agar Anda bisa bergerak leluasa. Selain itu, siapkan juga matras dan handuk kecil untuk mengelap keringat. Jangan lupa juga sediakan matras yoga sendiri setiap kali sesi olahraga dimulai.

“Lakukan yoga dengan hati-hati dan ikuti panduan yang tepat. Anda bisa cari kelas yoga online sebagai panduan tepercaya,” saran dr. Devia.

Selain itu, hindari lakukan yoga tanpa instruksi yang jelas untuk menghindari cedera. Jangan lupa pula untuk lakukan pemanasan dan pendinginan usai olahraga. 

Artikel Lainnya: Hati-hati, WFH Bisa Bikin Badan Melar, Ini Cara Mencegahnya

2 dari 3 halaman

Gerakan Yoga untuk Orang Berbadan Gemuk

Agar sesi yoga semakin lancar, ada beberapa gerakan dan cara yoga untuk orang gemuk pemula yang bisa dicoba, yakni:

  • Standing Pose 

Standing pose atau pose berdiri sering kali dilakukan pertama kali dalam kelas yoga. Ini bertujuan untuk merilekskan dan memanaskan tubuh sebelum masuk ke gerakan selanjutnya.

  • Balancing Pose 

Keseimbangan pemula adalah cara penting untuk membangun kekuatan inti yang diperlukan untuk banyak postur yoga. Anda bisa melakukan gerakan, seperti mengangkat satu kaki untuk melatih keseimbangan tubuh.

  • Downward Facing Dog 

Gerakan ini merupakan bagian dari balancing pose. Anda bisa meluruskan kaki lalu menunduk ke bawah dengan posisi tangan berada di lantai. Anda diminta untuk memajukan posisi tangan hingga bentuk badan melengkung. 

  • Warrior I

Gerakan lain yang bisa dilakukan adalah Warrior I. Anda bisa meletakkan salah satu kaki lurus di belakang kaki yang lain, sampai tubuh Anda ikut turun ke bawah.

Jangan lupa untuk membawa tangan Anda ke atas saat memundurkan kaki agar keseimbangan tetap terjaga. 

Mau bertanya lebih lanjut seputar yoga untuk orang gemuk? Tanyakan melalui fitur LiveChat 24 hanya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar