Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Saudara Kandung Lebih Good Looking, Ini Cara Tingkatkan Percaya Diri Anda!

Saudara Kandung Lebih Good Looking, Ini Cara Tingkatkan Percaya Diri Anda!

Bosan selalu dibanding-bandingkan dengan kakak atau adik sendiri yang lebih good looking? Stop minder, ini cara meningkatkan percaya diri Anda.

Kita tak pernah bisa memilih tampilan fisik saat dilahirkan. Ya, bosan dan minder kadang datang pada diri sendiri yang kerap dibandingkan dengan saudara kandung yang lebih tampan atau cantik. 

Berada di antara kakak atau adik yang penampilannya good looking sementara kita biasa saja memang kadang bikin tidak percaya diri! Rasa minder biasanya akan jauh lebih tinggi bila gender yang dimiliki sama. 

Saat sedang pendekatan dengan gebetan, kadang sampai khawatir kalau mau mengenalkannya kepada saudara sendiri. “Ah, nanti malah naksir dia!” Rasa cemas ini kerap membuat tidak nyaman, bukan?

1 dari 3 halaman

Plus Minus Punya Saudara Lebih Good Looking

Menanggapi rasa minder yang kerap terjadi ketika memiliki saudara yang lebih menarik, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, membenarkan bahwa kondisi tersebut dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. 

“Iya, negatifnya, individu tersebut memang bisa jadi kurang percaya diri ketika ada saudaranya,” terang Ikhsan. 

Ikhsan menambahkan, “Bahkan, sering kali muncul rasa persaingan antara kakak dan adik. Kondisi ini disebut sibling rivalry. Tanpa penampilan yang good looking saja, sibling rivalry bisa terjadi, apalagi kalau kondisinya seperti ini? Pasti lebih ada kecemburuan dan rasa iri.”

Sewaktu kecil, mungkin rasa insecure dan persaingan tidak begitu terasa. Namun, ketika anak sudah lebih dari kelas 5 SD, hal tersebut semakin menjadi-jadi. 

Peran orang tua sangat diperlukan di sini. Ketika sedari awal kakak dan adik diperlakukan adil, maka ketika besar risiko persaingan setidaknya bisa diminimalkan.

Saat kakak atau adik yang lebih good looking memiliki ketenaran di dunia nyata maupun dunia maya, ditambah pula dengan skill yang dimilikinya, terkadang seseorang akan lebih memilih menyembunyikan identitas agar tidak dibanding-bandingkan. 

Di sisi lain, punya saudara lebih menarik juga memberikan dampak positif, lho. “Positifnya, Anda bisa lebih berusaha untuk membuat penampilan menjadi setara atau lebih baik lagi. Anda pun sebenarnya bisa belajar untuk menerima perbedaan dalam keluarga,” kata Psikolog Ikhsan. 

Artikel Lainnya: Sibling Rivalry, Ketika Antar Saudara Kandung Jadi Kompetitif

2 dari 3 halaman

Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri saat Saudara Lebih Menarik

Terus-menerus menjadikan saudara kandung sebagai saingan sendiri tentu bikin hubungan tak enak dan bikin kondisi rumah tak nyaman. Lagipula, kepercayaan diri tetap bisa dibangun dan tak mesti hilang meski kakak atau adik lebih oke!

Ada beberapa cara meningkatkan percaya diri saat dianggap sebagai “the ugly duckling”. Cara-cara yang dimaksud oleh Psikolog Ikhsan, antara lain:

  1. Berdamai dengan Keadaan, Tak Perlu Dianggap Saingan!

Ini adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang paling awal, berdamailah dengan keadaan. 

“Ingatkan diri, ini bukanlah sesuatu yang harus dijadikan persaingan. Terima diri apa adanya, tetapi tetap merawat dan menjaga penampilan versi diri sendiri. Dengan begitu, kepercayaan diri akan terbangun,” sarannya. 

  1. Pahami Potensi Diri, Tak Perlu Meniru Saudara Kandung

Ini yang kadang-kadang belum dipahami banyak orang. Setiap orang punya keunikannya masing-masing. 

Sebagai contoh, Anda adalah perempuan dan kebetulan saudara yang lebih good looking juga perempuan. Penampilannya pun sangat manis. 

Kondisi tubuh, wajah, dan sifat Anda sendiri sebenarnya sangat berbeda dengan saudara kandung. Mungkin, Anda lebih cocok bergaya cool, simpel, atau seksi. 

Memaksakan diri menjadi manis atau cute seperti saudara justru tak akan cocok dan menurunkan kualitas penampilan. 

Artikel Lainnya: Bullying Dilakukan Saudara Sendiri, Orang Tua Perlu Khawatir?

  1. Lakukan Keterampilan yang Berbeda 

Penampilan good looking bukan segalanya, skill juga penting. Cara ampuh agar tidak dibanding-bandingkan adalah melakukan sesuatu yang berbeda. 

Misalkan, kakak Anda jago sepak bola dan menjadi kapten. Sementara, skill sepak bola Anda biasa saja dan lebih jago di fotografi atau video editing

Nah, tekunilah bidang fotografi tersebut dan buat konten yang menarik. Dengan begitu, kalian berdua bisa unggul di bidang yang berbeda. 

  1. Anggap Kelebihan Saudara sebagai Aset dan Kebanggaan Keluarga

Ketika Anda akur dan sangat dekat dengan saudara kandung yang kebetulan lebih good looking, bisa juga, lho, hal itu dijadikan sebuah “aset” dan kebanggaan tersendiri. 

Daripada minder, lebih baik bangga saja dengan kelebihan yang dimiliki kakak atau adik. 

Ikut senang dengan kelebihan seseorang adalah proses penerimaan diri level tinggi. Ketika Anda ingin mempromosikan sesuatu misalnya, tak perlu pusing cari model, kerja sama saja dengan kakak atau adik sendiri. Kalau hasilnya memuaskan, kalian bisa terus melakukan usaha bersama. 

  1. Tak Usah Ambil Pusing Komentar Orang Lain 

Lagi-lagi, kita tak bisa menyuruh semua orang untuk tidak berpendapat dan berkomentar. 

Biarkan kalau ada yang mencemooh Anda, masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri saja! Santai menghadapi cemoohan juga termasuk cara meningkatkan percaya diri, kok. Ketika kita cuek dan yakin dengan diri sendiri, pasti aura juga akan terpancar. 

Itu dia cara-cara meningkatkan kepercayaan diri apabila saudara kandung lebih good looking dibanding Anda. Jangan lupa cintai diri sendiri, ya! 

Untuk informasi kesehatan mental lainnya, bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU) 

0 Komentar

Belum ada komentar