Sukses

Keluar Haid Ternyata Hamil, ini Faktanya!

Siklus haid yang pendek ternyata bukan darah menstruasi yang keluar, bisa jadi itu adalah tanda kehamilan yang tersamarkan.

Positif hamil mungkin jadi satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pasangan yang sudah menikah. Karena itu, baik perempuan maupun pria mungkin lebih waspada dengan tanda-tanda kehamilan yang bisa muncul kapan saja.

Dalam beberapa kasus, perempuan mendapati siklus menstruasi mereka memendek. Usut punya usut, ternyata itu adalah tanda-tanda kehamilan dan yang keluar bukanlah darah haid.

Benarkah Siklus Haid Pendek Jadi Tanda Kehamilan?

Umumnya, siklus menstruasi normal berkisar sekitar 21 sampai 35 hari. Tetapi jika terjadi kurang dari 21 hari, ini bisa menjadi tanda adanya gangguan siklus haid.

Pasalnya, menurut dr. Devia Irine Putri positif hamil setelah haid tidak mungkin terjadi.

Ini karena kehamilan hanya bisa terjadi apabila sel telur sudah dibuahi oleh sel sperma.

Sel telur ini hanya bisa diproduksi ketika seorang wanita dengan mengalami masa subur alias ovulasi.

“Masa subur seorang wanita biasanya memang berbeda-beda. Hal ini ditentukan dari lama pendeknya siklus menstruasi seseorang. Namun umumnya, masa subur terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi terjadi,” ujar dr. Devia.

Dokter Devia juga mengatakan, tanda kehamilan yang paling dapat diamati adalah terlambat menstruasi.

Namun, jika sedang tidak haid tapi muncul flek darah berwarna merah cerah selama satu sampai dua hari, ini bisa menjadi salah satu tanda kehamilan.

Disarankan untuk coba lakukan test pack terlebih dahulu. Apabila hasilnya positif, kemungkinan besar itu suatu tanda kehamilan.

“Bercak darah ini disebut juga dengan implantation bleeding atau implantasi darah. Bercak muncul sekitar 10 sampai 14 hari pasca berhubungan seks. Hanya saja, tidak semua orang muncul darah implantasi, bisa hanya terlambat haid yang disertai dengan keluhan lain,” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Kalender Masa Subur dan Cara Menghitungnya agar Cepat Hamil

1 dari 3 halaman

Penyebab Siklus Menstruasi Pendek

Siklus haid yang pendek bukan selalu berarti Anda sedang hamil, ya. Siklus menstruasi yang pendek kemungkinan bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh wanita. Antara lain seperti:

  • Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah gangguan hormon yang menyebabkan siklus menstruasi jadi pendek, terlambat, dan terganggu. Kondisi kelainan pada hormon ini menyebabkan sistem metabolisme tubuh jadi terganggu.

Seseorang yang mengidap PCOS biasanya akan diterapi hormon oleh tim medis, dan penderitanya wajib mengubah pola hidup jadi lebih sehat, salah satunya dengan mengurangi berat badan.

  • Stres Berlebihan

Selain bisa memengaruhi kesehatan mental, stres berlebihan juga dapat menyebabkan wanita mengalami telat menstruasi atau siklus haidnya tidak teratur. Ini terjadi karena stres bisa memengaruhi hormon pada tubuh.

  • Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid juga bisa jadi alasan lain mengapa siklus haid jadi terganggu. Ketika tubuh terlalu banyak atau terlalu sedikit memproduksi hormon tiroid, kelancaran siklus haid seseorang pun dapat terganggu.

Biasanya, gangguan tiroid disebabkan oleh kelainan bentuk atau fungsi dari kelenjar tiroid. Meski bukan penyakit menular, gangguan tiroid bisa menimbulkan kondisi kesehatan yang lebih serius bagi penderitanya.

Artikel Lainnya: 7 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

2 dari 3 halaman

Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui

Untuk mengetahui lebih pasti apakah Anda hamil atau tidak, berikut beberapa tanda kehamilan yang perlu Anda waspadai:

  • Terlambat Datang Bulan

Pasca berhubungan seks bisa jadi tanda wanita hamil. Untuk itu jangan ragu untuk mengecek kehamilan dengan menggunakan test pack.

Apabila hasilnya positif, coba periksa ke dokter kandungan untuk memastikannya.

  • Ukuran Payudara yang Semakin Membesar

Biasanya, dialami oleh tubuh wanita yang sedang hamil. Jika payudara membesar disertai dengan telat menstruasi, maka Anda patut curiga dan periksa ke dokter.

  • Mengalami Mual atau Morning Sickness

Banyak dialami ketika ibu sedang hamil muda. Meski begitu, rasa mual ini juga bisa terjadi di sore atau malam hari.

Dalam beberapa kasus, wanita mungkin mual karena indera penciumannya sensitif dengan aroma-aroma tertentu.

  • Muncul Bercak Darah pada Vagina

Kondisi ini disebut dengan implantasi. Darah implantasi yang keluar umumnya berwarna merah muda atau merah cerah.

  • Punggung Terasa Berat

Ini adalah tanda kehamilan lain yang bisa diwaspadai. Hal ini disebabkan karena ligamen bagian belakang tubuh yang mulai melonggar.

Itulah beberapa informasi seputar siklus haid pendek yang perlu Anda ketahui. Jika ada pertanyaan lainnya seputar kehamilan dan kesehatan wanita, silahkan konsultasikan dengan dokter spesialis di aplikasi Klikdokter via LiveChat 24 Jam. Salam sehat!

(OVI/AYU)

2 Komentar

  • SIT******AM

    Keluhan saya pernah telat haid 3 hari tpi keluar flek coklat.pas kebidan di kasih penyubur kandungan.setelah berapa minggu sekrang keluar flek lalu darah sedikit apakah saya hamil? Tapi setiap tesfek negatip

  • Roh******din

    apakah hamil 2 bulan tapi terkadang kelur darah seperti menstruasi normal?