Diet dan Nutrisi

20 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Siti Putri Nurmayani, 15 Agt 2023

Ditinjau Oleh dr. Devia Irine Putri

Air kelapa hijau mengandung tinggi kalium dan fosfor yang bermanfaat untuk mencegah dehidrasi,menurunkan gula darah, mengatasi jerawat, baik untuk jantung, hingga menurunkan berat badan.

20 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Air kelapa hijau merupakan minuman segar yang bisa melepaskan dahaga. Selain itu, kelapa hijau juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tak heran, kelapa hijau sering kali dianggap sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan tertentu. Bahkan manfaat air kelapa hijau juga telah diakui oleh dunia medis. Berikut beberapa khasiat air kelapa hijau yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengandung Zat Gizi

Kebanyakan orang menganggap bahwa air kelapa hijau merupakan minuman yang menyehatkan. Pasalnya, air kelapa hijau mengandung berbagai zat gizi yang penting untuk tubuh.

Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram kandungan air kelapa hijau terdiri dari:

  • Air: 95,5 gram
  • Energi: 17 kalori
  • Protein: 0,2 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 3,8 gram
  • Kalsium: 15 mmg
  • Fosfor: 8 mg
  • Zat besi: 0,2 mg
  • Kalium: 149,0 mg
  • Seng: 0,1 mg
  • Vitamin C: 1 mg

2. Mencegah Dehidrasi

Pada dasarnya, air kelapa hijau memiliki komposisi gula dan elektrolit yang serupa dengan larutan rehidrasi oral. Oleh karenanya, air kelapa hijau bisa digunakan untuk menggantikan cairan yang hilang akibat produksi keringat berlebih atau diare ringan.

Menurut dr. Devia Irine Putri, fungsi air kelapa hijau bisa membantu mencegah dehidrasi. Selain itu, kandungan mineral yang ada di dalamnya juga dapat mencukupi kebutuhan gizi harian.

3. Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa hijau ternyata kaya akan senyawa fenolik, salah satu jenis antioksidan yang dapat menangkal dampak buruk dari radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil. Ketika terlalu banyak radikal bebas, tubuh akan mengalami keadaan stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Berdasarkan Journal of Ethnopharmacology, air kelapa hijau dapat menjaga keseimbangan elektrolit dan membantu mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif, termasuk fungsi hati.

4. Menurunkan Gula Darah

Ternyata, ada manfaat air kelapa hijau untuk diabetes. Minuman segar ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Apalagi, air kelapa juga menjadi sumber magnesium yang baik.

Dikutip dari American Diabetes Association, kandungan magnesium bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2 dan pradiabetes.

5. Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Kegunaan air kelapa hijau juga bisa membantu memperbaiki metabolisme di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung.

Penyakit metabolik ditandai dengan beberapa gejala, seperti tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, lemak perut berlebih, dan kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Disampaikan Dokter Devia, terdapat beberapa penelitian yang menyebut bahwa air kelapa hijau mampu untuk menurunkan tekanan darah.

“Dibanding mengonsumsi minuman yang manis, seperti sirup, soda, dan lainnya, minum air kelapa terbukti lebih menyehatkan,” ujarnya.

Melansir dari Cleveland Clinic, kandungan kalium dalam air kelapa bisa membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Namun, jika kamu sedang menjalani pengobatan tekanan darah, ada baiknya untuk menghindari minum air kelapa karena bisa menurunkan tekanan darah secara berlebihan.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Infeksi

Minum air kelapa hijau juga ternyata bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit infeksi. Khasiat ini diperoleh berkat kandungan vitamin dan mikronutrien seperti tembaga, mangan, zinc, dan selenium yang terkandung di dalam air kelapa hijau.

Senyawa tersebut bisa membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit infeksi.

8. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Khasiat kelapa hijau untuk obat dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Pembentukan batu ginjal terjadi saat kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung untuk membentuk kristal dalam urine. Nantinya, kristal ini bisa membentuk batu-batu kecil.

Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Meski air putih merupakan pilihan terbaik untuk menambah cairan di tubuh, namun air kelapa hijau juga bisa dijadikan pilihan alternatif.

Dikutip dari International Brazilian Journal of Urology, air kelapa dapat menghambat pengendapan kristal di jaringan ginjal dan mengurangi jumlah kristal di urine. Selain itu, air kelapa juga bisa mencegah terjadinya gangguan fungsi ginjal dan stres oksidatif di ginjal.

9. Mendukung Kesehatan Jantung

Minum air kelapa bisa mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa juga dapat membantu mengurangi tekanan darah.

10. Mengobati Jerawat

jerawat

Air kelapa diduga dapat mengobati jerawat. Berdasarkan Journal of International Society of Preventive & Community Dentistry, air kelapa memiliki sifat antibakteri.

Hal tersebut bisa membantu melawan jerawat dan menyamarkan bekas jerawat serta bercak hitam. Sayangnya, dokter kulit asal Amerika Serikat, dr. Marie Hayag, mengungkapkan bahwa tidak ada bukti signifikan yang menunjukkan bahwa mengoleskan air kelapa bisa mengobati jerawat.

11. Melembapkan Kulit

Pemilik kulit kering dan sensitif mungkin akan senang mendengar khasiat air kelapa yang satu ini. Soalnya, air kelapa bisa membantu menutrisi dan melembapkan kulit kering.

Manfaat ini diperoleh berkat kandungan asam amino yang ada di dalamnya. Untuk mengatasi kulit kering, kamu bisa mengoleskan air kelapa langsung ke kulit, ya!

12. Meredakan Refluks Asam

Selama hamil, Mama akan merasa mual. Tak jarang, cairan lambung juga bisa meluap ke kerongkongan, sehingga muncul rasa tidak nyaman.

Untungnya, ada manfaat air kelapa hijau untuk lambung. Dengan minum air kelapa, ini bisa membantu meredakan refluks asam pada ibu hamil.

Artikel Lainnya: Benarkah Air Kelapa Hijau Bisa Tingkatkan Gairah di Ranjang?

13. Mendukung Perkembangan Janin

Manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil juga dapat membantu mendukung perkembangan janin. Mineral yang terkandung di dalam air kelapa, seperti magnesium dan kalsium dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil.

Kendati demikian, kamu tetap perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk mendukung kesehatan janin.

14. Membantu Mengatasi Penebalan Dinding Rahim

Beberapa orang mungkin penasaran, adakah manfaat air kelapa hijau untuk penebalan dinding rahim?

Pada dasarnya, penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium merupakan kondisi di mana dinding endometrium (lapisan terdalam rahim) terlalu tebal. Ini dipengaruhi oleh hormon estrogen yang berlebihan yang tidak diimbangi oleh kadar progesteron. Kondisi ini umumnya sering dialami setelah menopause.

Kelapa muda memang terbukti dapat membantu menyeimbangkan hormon pascamenopause. Akan tetapi, air kelapa juga mengandung estrogen nabati. Untuk itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat air kelapa untuk mengatasi penebalan dinding rahim.

15. Menghambat Peradangan di Paru-Paru

Asap rokok dapat mengubah respons kekebalan tubuh di paru-paru. Hal ini bisa memicu terjadinya peradangan, alergi, asma, dan penyakit paru-paru lainnya.

Untungnya, terdapat manfaat air kelapa hijau untuk paru-paru. Dilansir dari Journal of Hunan University Natural Sciences, air kelapa bisa menghambat peradangan yang disebabkan akibat asap rokok.

16. Menambah Energi

menambah energi

Air kelapa menjadi minuman yang baik untuk dikonsumsi selama dan setelah berolahraga. Pasalnya, air kelapa mengandung mineral, elektrolit, dan antioksidan yang bisa meningkatkan energi dengan cepat.

Jika kamu minum air kelapa selama berolahraga, ini bisa mencegah terjadinya kelelahan dan dehidrasi.

Artikel Lainnya: Sedang Sakit Gigi Bolehkah Minum Air Kelapa?

17. Menurunkan Berat Badan

Ternyata, air kelapa juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang ada di dalam air kelapa hijau tergolong rendah jika dibandingkan dengan soda atau jus.

Oleh karenanya, air kelapa menjadi pilihan terbaik untuk membantu mengatur berat badan.

18. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Kandungan mineral, elektrolit, dan antioksidan dalam air kelapa hijau bisa membantu mendetoksifikasi tubuh dari racun yang berasal dari junk food, polusi, atau proses biologis dalam tubuh.

Dengan minum segelas air kelapa, ini bisa membantu membersihkan racun dan meningkatkan hidrasi tubuh, sehingga kamu bisa kembali merasa segar.

19. Mengurangi Kelelahan dan Stres

Ketika tubuh berada dalam kondisi kelelahan dan stres, terkadang nafsu makan bisa menurun dan membuatmu tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apa pun.

Namun jangan khawatir, minum secangkir air kelapa ternyata bisa membantu tubuh merasa lebih rileks sekaligus menenangkan pikiran.

20. Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

Air kelapa dikenal memiliki sifat diuretik atau dapat meningkatkan produksi urine. Meski kamu akan sering buang air kecil, namun ini bisa membantu membuang racun di dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

Cara minum air kelapa hijau untuk obat tentunya sangat mudah, kamu bisa langsung meminumnya. Namun, pastikan untuk tidak minum air kelapa secara berlebihan, ya!

Bila punya pertanyaan lain seputar manfaat air kelapa hijau atau kebutuhan nutrisi dalam tubuh, jangan sungkan untuk memanfaatkan layanan Tanya Dokter. Kamu juga bisa unduh aplikasi KlikDokter sebagai langkah untuk #JagaSehatmu!

(NM)

Air Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait