Sukses

Cara Menghilangkan Kurap di Kulit dengan Bahan Alami

Jadi salah satu penyakit kulit yang menular, yuk atasi kurap dengan bahan-bahan alami di bawah ini!

Anda sering merasa gatal di pada bagian area tubuh tertentu? Waspada, kurap bisa jadi penyebabnya. Meski bukan jadi penyakit kulit yang membahayakan, kurap bisa menimbulkan rasa gatal hebat yang membuat penderitanya jadi merasa tidak nyaman dan malu. 

Kurap atau dalam bahasa medisnya disebut dermatofitosis adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. dr. Devia Irine Putri mengatakan ada tiga jenis jamur yang menjadi penyebab kurap muncul, yaitu jamur trichophyton, epidermophyton, dan microsporum.

“Biasanya, jamur yang menyebabkan kurap ini lebih sering menginfeksi kulit manusia yang kebersihan dan kelembapannya tidak terjaga dengan baik. Selain itu, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, seperti orang lanjut usia dan anak kecil juga rentan mengalami kurap,” ujar dr. Devia.

Kurap juga jadi salah satu penyakit kulit yang menular melalui kontak langsung (hewan maupun manusia) dan secara tidak langsung (lewat benda, pakaian, serta tanah yang terkontaminasi jamur).

“Gejala yang biasanya muncul adalah timbul ruam merah berbentuk lingkaran dan memiliki warna putih pucat di bagian tengah. Timbul rasa gatal terutama pada saat cuaca panas dan juga lembab. Selain itu kurap juga terlihat kering dan bersisik,” kata dr. Devia.

Artikel Lainnya: Cara Praktis yang Efektif Cegah Kadas dan Kurap

Selain menggunakan obat-obatan dari dokter, rupanya kurap juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Apa saja bahan alami dan obat medis untuk menghilangkan kurap?

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Meski bukan penyakit berbahaya, tapi kurap bisa menular pada orang lain dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Untuk itu, yuk, coba intip beberapa cara menghilangkan kurap pada kulit dengan bahan alami berikut ini:

  • Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya memang menjadi salah satu bahan alami yang sudah banyak dipakai untuk produk-produk kecantikan atau kesehatan.

Aloe vera mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang bisa meredam rasa gatal akibat kurap.

Cara menggunakan bahan alami ini mudah, cukup mengoleskan gel lidah buaya sebanyak 3 kali sehari. Saat digunakan, gel lidah buaya dapat membuat kulit terasa sejuk dan gatal mereda.

  • Kunyit

Menggunakan bumbu dapur berwarna kuning pekat ini juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kurap di kulit secara alami.

Menurut dr. Devia, kunyit mengandung zat antibakteri yang bisa menghentikan perkembangan jamur pada kulit.

Selain menjadi agen antibakteri, kunyit juga mengandung zat anti inflamasi yang meredakan peradangan dan rasa gatal pada kulit.

Anda bisa mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata dan oleskan di bagian kulit yang terdapat kurap. Kulit Anda kemungkinkan dapat menguning selama beberapa waktu saat pakai kunyit.

Namun hati-hati, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan bahan alami ini.

  • Cuka Apel

Bukan sembarang cuka, dr. Devia menyarankan pakai cuka apel sebagai obat alami atasi kurap pada kulit. Ini karena cuka apel memiliki kandungan anti jamur yang efektif mengobati kurap pada kulit.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini terbilang mudah. Cukup gunakan kapas yang sudah dibasahi cuka apel, lalu oleskan sedikit-sedikit di area kulit yang terdapat kurap.

Artikel Lainnya: Sudahkah Anda Melakukan 3 Hal Ini Pada Kulit?

2 dari 3 halaman

Cegah dan Atasi Kurap dengan Obat Medis Ini

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, dr. Devia menyarankan untuk menggunakan obat yang memang sudah dianjurkan dan diresepkan oleh dokter.

“Untuk mengatasi kurap, biasanya dokter akan memberikan obat anti jamur (topikal) dan obat anti gatal. Tapi, apabila infeksinya semakin meluas, bisa dipertimbangkan untuk menggunakan obat anti jamur yang diminum,” kata dr. Devia.

Karena jadi penyakit yang menular, Anda bisa mencegah kurap dengan melakukan:

  • Menjaga kebersihan badan secara menyeluruh.
  • Hindari menggunakan pakaian berulang (apalagi baju sudah berkeringat dan basah).
  • Hindari meminjam atau meminjamkan barang pribadi pada orang lain.
  • Cuci tangan setiap kali Anda keluar dari kamar mandi atau fasilitas umum.
  • Jaga hewan peliharaan Anda dengan baik agar mereka tidak terinfeksi kurap.
  • Hindari menggunakan pakaian tebal di cuaca yang panas.

Apabila infeksinya semakin luas, atau muncul efek samping setelah penggunaan bahan-bahan alami, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyakit kurap yang perlu diwaspadai. Untuk konsultasi online dengan dokter, gunakan fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter. Salam sehat!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar