Gigi Mulut

Ibuprofen vs Asam Mefenamat, Mana Lebih Ampuh Atasi Sakit Gigi?

drg. Wiena Manggala Putri, 29 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat sakit gigi, biasanya kita dianjurkan minum ibuprofen atau asam mefenamat untuk meredakan nyeri sementara. Di antara keduanya, mana yang paling ampuh?

Ibuprofen vs Asam Mefenamat, Mana Lebih Ampuh Atasi Sakit Gigi?

Sakit gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika sakit gigi mendera, kepala bisa pusing dan badan terasa lemas. Bekerja pun jadi tak fokus karena bagian pipi dan mulut terasa cenat-cenut hingga ke telinga.

Sakit gigi sendiri ada beberapa penyebabnya, seperti tersangkutnya sisa makanan di sela gigi, gigi retak, patah, atau berlubang, iritasi gusi, hingga infeksi bakteri.

Dalam beberapa kasus, sakit gigi bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Cara ini bermanfaat mengurangi rasa nyeri yang timbul sementara waktu. 

Meski begitu, bila nyeri gigi tak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi beberapa obat pereda nyeri, seperti asam mefenamat atau ibuprofen. Obat ini dapat langsung kamu beli di apotek, sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. 

Nah, di antara asam mefenamat vs ibuprofen, manakah obat yang lebih ampuh untuk mengatasi sakit gigi? Simak terus penjelasan di bawah ini, ya!

Obat Ibuprofen untuk Sakit Gigi

Ibuprofen adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri akibat beragam kondisi, salah satunya sakit gigi. Berdasarkan Journal of Pain Research, ibuprofen adalah obat sakit gigi yang ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri. Ibuprofen juga dapat mengurangi demam yang terjadi saat sakit gigi menyerang.

Ibuprofen sendiri adalah obat golongan antiinflamasi non-steroid (NSAID) yang bekerja dengan cara menghalangi tubuh memproduksi prostaglandin. Prostaglandin adalah zat kimia yang menyebabkan peradangan, nyeri, serta demam. 

Dengan menghalangi produksi prostaglandin, ibuprofen dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan yang berhubungan dengan sakit gigi. 

Obat Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Sama seperti ibuprofen, asam mefenamat adalah obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Cara kerjanya pun sama, yaitu dengan menghalangi aksi prostaglandin, si pemicu peradangan penyebab nyeri gigi. 

Dosis asam mefenamat untuk meredakan sakit gigi berkisar antara 250-500 mg. Penting untuk tidak mengonsumsi obat ini menggunakan dosis yang melebihi anjuran dalam kemasan atau resep. 

Artikel lainnya: Daftar Obat yang Berisiko Menyebabkan Kerusakan Gigi

Mana yang Paling Ampuh di Antara Keduanya?

Asam mefenamat maupun ibuprofen adalah obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Meskipun aman, kedua obat ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan tanpa indikasi yang tepat. Soalnya, bisa berisiko meningkatkan efek samping dari kedua obat.

Selain itu, penting untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, sebab penggunaan obat NSAID berlebih atau dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko serangan jantung maupun stroke. Dosis yang berlebihan juga dapat merusak lambung, usus, ginjal, maupun hati kamu. 

Ibuprofen dan asam mefenamat memang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Namun, jangan gunakan kedua obat ini bersamaan, ya!

Perlu diingat pula, mengonsumsi obat pereda nyeri gigi hanya bermanfaat meredakan rasa sakit sementara dan tidak dapat memperbaiki masalah gigi kamu. Biar bisa #JagaSehatmu lebih optimal, kunjungi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan secara langsung agar memperoleh perawatan yang tepat, ya!

Konsultasi dengan dokter gigi enggak sulit kok! Kamu bisa menggunakan layanan konsultasi dokter gigi di KlikDokter. Informasi lengkap seputar kesehatan gigi juga bisa disimak dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Referensi:

Journal of Pain Research. Diakses 2022. An integrated safety analysis of combined acetaminophen and ibuprofen (Maxigesic/ Combogesic) in adults.

Ibuprofen

Konsultasi Dokter Terkait