Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ibuprofen vs Asam Mefenamat, Mana Lebih Ampuh Atasi Sakit Gigi?

Ibuprofen vs Asam Mefenamat, Mana Lebih Ampuh Atasi Sakit Gigi?

Saat sakit gigi, biasanya kita dianjurkan minum ibuprofen atau asam mefenamat untuk meredakan nyeri sementara. Di antara keduanya, mana yang paling ampuh?

Tidak ada orang yang mau merasakan “sengsaranya” sakit gigi. Ketika sakit gigi mendera, kepala jadi pusing, badan lemas, bekerja pun jadi tak fokus karena bagian pipi dan mulut terasa cenat-cenut sampai ke kuping!

Tak jarang, untuk meredakan rasa nyeri tersebut beberapa orang siap sedia obat sakit gigi di tas ketika bepergian.

Ada dua obat sakit gigi pilihan yang biasanya siap sedia di tas, antara lain ibuprofen dan asam mefenamat. Di antara keduanya, mana yang paling ampuh atasi nyeri saat sakit gigi? 

Sekilas Tentang Sakit Gigi 

Sakit gigi adalah nyeri yang terdapat di dalam atau di sekitar gigi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, ada sisa makanan yang tersangkut di gusi, gigi patah, atau infeksi bakteri. 

Dalam beberapa kasus, sakit gigi bisa disebabkan karena iritasi gusi. Untuk menangani sakit gigi, umumnya kita akan dianjurkan untuk berkumur air hangat yang diberi garam terlebih dahulu.

Namun, jika nyeri tak kunjung hilang, kita dapat mengonsumsi beberapa obat pereda nyeri yang dapat dibeli di apotek sebelum periksa ke dokter. 

Artikel Lainnya: Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala?

1 dari 4 halaman

Obat Ibuprofen untuk Sakit Gigi

Ibuprofen adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dari berbagai kondisi, salah satunya karena sakit gigi. 

Selain meredakan nyeri, obat ibuprofen ini juga dapat digunakan untuk mengurangi demam yang terjadi saat sakit gigi menyerang. 

Ibuprofen adalah obat golongan antiinflamasi non-steroid (NSAID). Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dengan menghalangi tubuh memproduksi prostaglandin.

Prostaglandin merupakan zat kimia yang menyebabkan peradangan, nyeri, serta demam. Dengan menghalangi produksi prostaglandin, ibuprofen dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang berhubungan dengan sakit gigi.

2 dari 4 halaman

Obat Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Sama seperti ibuprofen, asam mefenamat adalah obat antiinflamasi non steroid (NSAID) yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi.  

Cara kerjanya pun sama, dengan menghalangi aksi prostaglandin yang menyebabkan peradangan penyebab nyeri di gigi. 

Dosis asam mefenamat untuk meredakan nyeri sakit gigi berkisar antara 250 mg-500 mg. Jangan mengonsumsi dosis melebihi anjuran dalam kemasan atau resep.

Asam mefenamat juga tidak boleh dikonsumsi lebih dari tujuh hari. Obat ini umumnya juga tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil dan anak-anak karena dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. 

Artikel Lainnya: Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi

3 dari 4 halaman

Mana yang Paling Ampuh di Antara Keduanya?

Menanggapi soal obat sakit gigi mana yang paling ampuh, drg. Wiena Manggala Putri mengatakan keduanya sama-sama bisa mengobati nyeri, tidak ada bedanya. 

“Sebenernya ibuprofen dan asam mefenamat fungsinya sama-sama untuk meredakan rasa sakit, ya.  Obat-obat ini cara kerjanya sama, jadi sebenernya kalo mau dibilang, nggak ada yang unggul. Nggak ada ada kriteria khusus karena emang cara kerjanya sama,” jelasnya. 

“Tapi, disarankan kedua obat tersebut jangan dipakai bersamaan untuk meredakan nyeri gigi. Salah satu saja yang dikonsumsi,” jelas drg. Wiena. 

Obat ibuprofen dan asam mefenamat hanya bisa digunakan untuk meredakan nyeri sementara. 

Jika dalam dua sampai tiga hari sakit gigi tidak juga mereda walau sudah minum obat nyeri, Anda membutuhkan pemeriksaan dan perawatan khusus dari dokter. 

Misalnya saja, jika nyeri gigi disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda tidak bisa terus menerus mengonsumi ibuprofen atau asam mefenamat. Nyeri gigi akibat infeksi bakteri harus dibarengi minum obat antibiotik yang diresepkan dokter.

Lalu, jika nyeri disebabkan oleh gigi sensitif, kemungkinan dokter akan meresepkan gel oles atau pasta gigi mengandung fluoride untuk memperkuat email gigi. 

Kini sudah tahu, kan, harus minum obat apa untuk meredakan sakit gigi darurat atau sementara? Ya, ibuprofen dan asam mefenamat bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.

Penting juga untuk tidak mengonsumsi obat berlebihan. Minta apoteker menjelaskan dosis serta pemakaian obatnya. 

Namun sekali lagi ditekankan, jika mau sakit gigi cepat sembuh Anda bisa langsung periksa ke dokter. Untuk lebih praktis, Anda bisa konsultasi ke dokter lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi klikdokter!

Anda bisa mendapatkan produk ibuprofen dan kesehatan lainnya di Belanja Sehat Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar