Sukses

Ragam Manfaat Konsumsi Kepiting yang Perlu Anda Tahu!

Walau sering dihindari karena dianggap kurang sehat, makan kepiting ternyata ada juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh, lho, simak di sini.

Hidangan seafood memang selalu menggugah selera. Salah satu yang jadi favorit adalah menu kepiting. Tak heran bila banyak orang yang gemar menyantapnya. 

Namun, rasa bersalah sering muncul setelahnya karena makanan tersebut dianggap memicu kolesterol tinggi.

Jangan salah, mengonsumsi kepiting tak selamanya buruk, asal dalam jumlah yang sesuai. Daging kepiting nyatanya dapat membawa manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Tidak percaya? Simak ulasan berikut

1 dari 4 halaman

Manfaat Makan Kepiting bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda? Kepiting mengandung banyak nutrisi penting. Menurut Nutrition Data, Amerika Serikat, hewan ini mengandung protein, vitamin B12, selenium, sodium, zinc, triptofan, fosfor, magnesium, vitamin B6, dan lain-lain. 

Luar biasa, bukan? Nah, berikut ini beberapa manfaat makan kepiting yang sayang bila dilewatkan:

  1. Kesehatan Tulang Terjaga

Kandungan fosfor dalam daging kepiting sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. 

Dengan konsumsi yang tepat, kepiting dapat menghindarkan Anda dari pengeroposan tulang atau penyakit osteoporosis.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kepiting juga mengandung selenium. Menurut studi dalam Oxford Academic The Journal of Nutrition, kandungan ini sering dihubungkan dengan peningkatan kekebalan tubuh dan dapat memperbanyak jumlah antioksidan untuk mencegah penyakit kronis.

Antioksidan ini penting untuk melawan radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Menurut dr. Nabila Viera Yovita, makan kepiting dalam jumlah yang tidak berlebihan bisa menurunkan risiko mengidap kanker karena kaya akan antioksidan selenium.

  1. Menyehatkan Jantung

Makan kepiting juga baik, lho, untuk kesehatan jantung! Karena, daging kepiting mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kerja sel antiinflamasi.

Selain itu, kepiting juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Risiko aterosklerosis, stroke, dan penyakit jantung pun dapat dikurangi.

  1. Mendukung Kesehatan Fungsi Otak

Vitamin B12 dalam kepiting sangat penting untuk kesehatan otak. Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah. 

National Institutes of Health, AS, menyebutkan memenuhi kebutuhan vitamin B12 dapat membuat risiko terkena penyakit kardiovaskular menjadi berkurang.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kepiting mengandung copper (tembaga) yang penting untuk mendukung fungsi organ-organ. Kandungan ini berperan dalam penyerapan zat besi, sehingga dapat membantu proses produksi sel darah merah.

Nutrisi penting dari kepiting tersebut juga membantu memperlancar sirkulasi darah dan menyebarkan oksigen ke bagian-bagian tubuh. 

Bila faktor-faktor tersebut berfungsi dengan baik, proses pemulihan dari sebuah penyakit dapat lebih cepat.

Artikel Lainnya: Coba Dulu, Ini Cara Aman Makan Kepiting untuk ibu Hamil

2 dari 4 halaman

Tips Mengonsumsi Kepiting Lebih Sehat

Agar makan kepiting menjadi lebih bermanfaat, tentunya Anda harus memiliki batasan tertentu dalam mengonsumsinya. 

Jika tidak, maka porsi kepiting yang berlebihan dapat memperburuk kondisi kesehatan, misalnya kolesterol tinggi.

Dokter Nabila menyarankan, “Rebus kepiting selama 10-15 menit, atau dikukus (diasapi) agar juice-nya tetap banyak karena sering kali berkurang ketika direbus. Bisa juga dibakar namun harus dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya.”

Sebagai variasi hidangan, coba campurkan daging kepiting yang sudah dicincang ke dalam salad atau sup. 

Lalu, daging kepiting juga bisa dijadikan isian sandwich disertai dengan sayuran agar lebih sehat. Usahakan pakai bahan-bahan makanan lain yang tidak mengandung banyak lemak.

Artikel Lainnya: Benarkah Makan Seafood Bikin Kolesterol Tinggi?

3 dari 4 halaman

Kondisi Kesehatan yang Tak Disarankan Makan Kepiting

Bila Anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan laut, hati-hati bila ingin mengonsumsi kepiting.

“Apabila memiliki alergi terhadap makanan laut dan sensitif terhadap makanan laut yang kurang segar, kepiting dapat menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh sumber perairan kepiting yang tercemar dengan logam atau merkuri misalnya,” ujar dr. Nabila.

Lalu, bagi Anda yang memiliki keluhan kolesterol tinggi, lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter kalau misalnya ingin makan kepiting. 

Menurut dr. Nabila, pada dasarnya semua orang butuh kolesterol untuk fungsi metabolisme. Tapi, tetap dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. 

Makan kepiting bisa menyehatkan tubuh. Namun, bila berlebihan, dampaknya bisa sangat berbahaya..

Itulah sejumlah manfaat kepiting yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Bila ingin konsultasi seputar kolesterol dengan dokter, pakai fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar