Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Beras Kencur untuk Wajah Bebas Jerawat dan Glowing

Manfaat Beras Kencur untuk Wajah Bebas Jerawat dan Glowing

Tidak hanya baik untuk tubuh, beras kencur katanya juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Lantas, apa saja manfaat beras kencur untuk kulit wajah? Ini faktanya!

Anda pasti sudah tidak asing dengan beras kencur, bukan? Racikan tersebut terbukti dapat membawa beberapa manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya itu, beras kencur ternyata juga menyimpan beragam manfaat sehat untuk kulit, lho!

Faktanya, beras kencur tinggi akan kandungan antiradang dan antioksidan yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas.

Dengan demikian, racikan herbal tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Lantas, apa saja manfaat beras kencur untuk kulit? Apakah manfaat ini dapat dirasakan oleh setiap kalangan tanpa khawatir adanya efek samping yang merugikan?

1 dari 3 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Kulit

Berikut ini adalah beberapa manfaat beras kencur untuk kesehatan kulit Anda:

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat, masalah sejuta umat. Tak hanya bikin tidak nyaman, masalah kulit yang satu ini juga bisa menyebabkan gangguan penampilan.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beras kencur yang dijadikan sebagai masker.

Berkat kandungan antiradang dan antioksidan yang ada di dalamnya, masker beras kencur dapat membuat jerawat lebih cepat mengering.

Selain itu, masker beras kencur yang digunakan secara rutin dan teratur juga bisa menjaga kesehatan wajah Anda sehingga jerawat tidak muncul terjadi di kemudian hari.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Sebagian besar orang ingin memiliki penampilan kulit wajah yang lebih cerah atau glowing. Anda juga begitu, bukan? Jika ya, salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya adalah dengan memanfaatkan masker beras kencur.

Tak hanya kaya akan zat antiradang dan antioksidan, beras kencur ternyata juga mengandung vitamin B1, C, dan E.

Adanya vitamin-vitamin tersebut membuat beras kencur yang digunakan sebagai masker dapat membantu mencerahkan warna kulit yang kusam.

Artikel Lainnya: 10 Langkah Merawat Wajah agar Cantik seperti Wanita Korea

3. Mengontrol Minyak di Wajah

Wajah berminyak bisa menyebabkan kekusaman dan meningkatkan risiko munculnya jerawat. Sebagai solusi dari wajah berminyak, Anda cobalah untuk mengaplikasikan masker beras kencur secara rutin dan teratur.

Beberapa kandungan yang ada di dalam masker beras kencur disinyalir mampu menyerap kelebihan minyak di wajah.

Selain itu, masker beras kencur juga dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit sehingga wajah Anda tidak akan tampak mengilat.

4. Menjaga Kekenyalan Kulit

Kulit yang kenyal dan tampak segar adalah dambaan setiap orang. Untuk membantu mewujudkan hal ini, salah satu terapi yang bisa Anda coba adalah menggunakan masker beras kencur secara rutin dan teratur.

Masker beras kencur dianggap memiliki kemampuan untuk mempertahankan kekenyalan kulit dan mencegah kekenduran. Dengan demikian, penampilan Anda pun akan terlihat lebih awet muda.

5. Mencegah Penuaan Dini

Beras kencur juga memiliki kandungan vitamin B1, C, E, asam ferulic dan alantonin. Berkat adanya senyawa tersebut, beras kencur dituding dapat digunakan sebagai perawatan untuk mencegah penuaan dini.

Artikel Lainnya: Jangan Salah, Ini Perawatan Wajah yang Tepat untuk Pria

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Gunakan Masker Beras Kencur

Meski menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan kulit, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menyarankan agar Anda tetap berhati-hati saat menggunakan masker beras kencur.

“Beras itu sendiri sudah diketahui banyak manfaatnya untuk kulit. Sedangkan kencur, herbal ini memang mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kulit maupun seluruh tubuh,” kata dr. Astrid.

“Tapi, tetap harus hati-hati jika ingin menggunakan masker beras kencur. Racikan masker beras kencur yang dibuat sendiri bisa menimbulkan efek samping merugikan, apalagi jika memiliki kondisi kulit yang sensitif  terhadap zat-zat tertentu,” sambungnya.

Lebih lanjut, dr. Astrid mengatakan, jika memang Anda ingin mendapatkan manfaat beras kencur untuk kulit, gunakanlah produk yang telah dikemas secara khusus dan memiliki nomor BPOM di kemasannya.

“Beberapa manfaat beras kencur untuk kulit wajah seperti yang telah disebutkan di atas memang benar adanya. Namun sebagian lainnya masih bersifat dugaan alias belum pasti,” ungkap dr. Astrid.

“Oleh karena itu, tetap harus berhati-hati saat menggunakan masker beras kencur, baik yang dibuat sendiri ataupun yang dibeli di pasaran,” pungkasnya.

Tertarik untuk membuktikan sendiri manfaat beras kencur untuk kulit wajah? Pastikan untuk memerhatikan hal-hal yang telah disampaikan, agar Anda bisa sepenuhnya merasakan manfaat dari bahan alami ini.

Jika Anda punya pertanyaan terkait beras kencur untuk kulit atau hal lainnya mengenai kondisi kesehatan, pastikan untuk mengonsultasikannya secara langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

1 Komentar

  • Itt******uhah

    Dok apakah masker beras kencur yang sudah jamuran berwarna hijau, garagara pas dijemur tidak terlalu keras. Bisa dipakai atau tidak dok ..