Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perhatikan, Ini Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Gemuk!

Perhatikan, Ini Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Gemuk!

Menambah berat badan bayi dapat dilakukan melalui ASI dan asupan harian ibu. Apa saja makanan untuk ibu menyusui agar bayi gemuk? Intip di sini.

Stereotip bahwa bayi yang gemuk adalah bayi sehat masih sering didengar. Karena itulah, banyak ibu menyusui berlomba-lomba mencari cara agar berat badan bayinya bertambah.

Salah satunya mencari tahu apa saja makanan untuk ibu menyusui agar bayi gemuk. Sudah tepatkah ini?

1 dari 4 halaman

Apakah Bayi Sehat Selalu Gemuk?

Salah satu indikator bayi sehat adalah berat badannya punya tren yang terus naik. Akan tetapi, bayi gemuk tidak selalu menunjukkan mereka sehat.

"(Bayi gemuk) tidak selalu menandakan sehat. Bayi sehat harus sesuai dengan grafik pertumbuhannya dan tahapan perkembangannya. Gemuk tidak selalu sehat. Bisa saja malah menandakan obesitas atau gangguan kesehatan lainnya," ungkap dr. Devia Irine Putri.

Sejatinya, menurut Kemenkes, ada beberapa ciri bayi dan balita sehat, yaitu:

  • Tinggi dan berat bayi badan sesuai dengan umur.
  • Mempunyai tubuh yang kuat.
  • Punya postur tubuh yang tegap dan juga proposional.
  • Kulit bayi lembap, dan tidak mudah kering.
  • Rambut anak berkilau, serta tak mudah rontok.
  • Mata jernih serta berbinar.
  • Bayi cepat tanggap dan juga ceria.
  • Buang air besar lancar dan punya tidur yang nyenyak.

Itu artinya, ada banyak sekali indikator bayi sehat. Bayi hanya gemuk, tanpa memenuhi indikator lain di atas, bisa jadi pertanda memiliki gangguan kesehatan. 

Artikel Lainnya: Menu MPASI si Kecil, Cukupkah Hanya Sayuran dan Buah?

2 dari 4 halaman

Pilihan Makanan Busui Agar Bayi Sehat dan Berat Badan Optimal

Jadi, sudah jelas ya kalau bayi gemuk bukanlah satu-satunya tujuan Anda agar bayi sehat. 

Namun, agar grafik pertumbuhan berat badan bayi naik sesuai usia, ibu menyusui bisa mengonsumsi asupan tertentu untuk bantu mencapainya. Beberapa makanan untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah adalah makanan yang tidak boleh dilewatkan oleh ibu yang sedang menyusui. Asupan sayuran dan buah tidak boleh terlewatkan, menjadikan buah sebagai camilan adalah bagus.

Sayuran yang bagus untuk para busui adalah yang berwarna hijau, seperti bayam dan brokoli. Selain itu, alpukat dan tomat juga baik dikonsumsi.

  1. Sumber Lemak Baik 

Sumber lemak yang baik bagi ibu menyusui adalah daging, ikan, dan produk susu. Pastikan makanan sehat untuk ibu menyusui agar bayi gemuk ini ada dalam menu harian Anda.

  1. Sumber Protein

Ada beberapa sumber protein yang baik bagi ibu bayi. Beberapa sumber protein yang baik adalah ikan, telur, tahu, tempe. Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan, seperti kacang almon, sebagai camilan.

  1. Oatmeal dan Produk Gandum

Perlu busui ketahui, oatmeal dan produk gandum lainnya memiliki kandungan serat yang baik. Itu sebabnya ketika makan menu gandum, Anda bisa kenyang lebih lama. Lalu, sistem pencernaan juga jadi lancar.

Gandum ini mengandung antioksidan yang bisa melindungi busui dari radikal bebas. Tentunya, ini dapat memengaruhi kualitas ASI yang diproduksi tubuh.

  1. Nasi Merah

Sama seperti gandum, nasi merah juga baik karena seratnya yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Selain itu, kalori dalam nasi merah juga bagus untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, Bayi Gemuk Rentan Obesitas

3 dari 4 halaman

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi

Usai mengonsumsi makanan-makanan di atas, tapi berat badan bayi tak naik juga, jangan panik. Ada beberapa tips yang bisa menaikkan berat badan.

Menurut dr. Devia, salah satu cara yang bisa dilakukan pada bayi MPASI yang berat badannya susah naik, adalah dengan memperbanyak protein dan lemak di menu hariannya. 

"Untuk camilannya, berikan yang kalorinya tinggi. Misalnya, produk susu, seperti keju dan roti. Pastikan juga anak Anda makan sesuai jadwal, jangan bolong-bolong," kata dr. Devia Irine.

Selain makanan, menurut dr. Devia Irine, pastikan mereka punya waktu istirahat cukup. Selain penting untuk tumbuh kembang, waktu tidur memadai penting bagi pertambahan berat badan si kecil.

Masih ada pertanyaan seputar makanan untuk ibu menyusui agar bayinya cepat gemuk? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi KliKDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar