Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

Bawang putih kerap diklaim ampuh meredakan sakit gigi. Sebelum buru-buru mencoba, cek dulu efektivitas bawang putih untuk sakit gigi.

Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Mungkin penggalan lagu tersebut ada benarnya. Namun nyatanya terkadang sakit gigi itu lebih menyakitkan. Kendati demikian tak semua orang berani untuk langsung periksa ke dokter gigi.

Sebagian memilih pengobatan alami terlebih dahulu. Salah satunya adalah bawang putih. Anda tertarik juga menggunakan bawang putih? Kalau iya, coba cek dulu efektivitas bawang putih untuk sakit gigi berikut.

1 dari 3 halaman

Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi?

Anda mungkin lebih mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur atau bahan pewangi masakan. Namun, lebih dari itu, Allium sativum ternyata sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan selama berabad-abad.

Salah satu alasannya karena kandungan allicin di dalam bawang putih. Allicin adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Beberapa penelitian pun mengamini manfaat dan kemampuan bawang putih untuk menghambat bakteri tersebut. Dalam sebuah pengujian, ekstrak bawang putih terbukti memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Salmonella typhimurium.

Menurut peneliti, sebagai antibakteri, allicin di dalam bawang putih bekerja dengan mengubah fitur protein, polysakarida, dan juga lipid pada selaput sel bakteri. Selanjutnya, senyawa-senyawa ini bisa mereduksi sistein yang ada di tubuh mikroba.

Karena senyawa Allicin dalam bawang putih itulah, beberapa orang mengunyah satu siung bawang putih dan membiarkannya selama beberapa saat di gigi. Mereka percaya, dengan melakukan ini nyeri di gigi dapat reda. Namun, apakah menggunakan bahan alami ini efektif?

Artikel lainnya: Efek Menempelkan Bawang Putih di Bagian Tubuh yang Sakit

Menurut drg. Wiena Manggala Putri, bawang putih memang bisa membantu meredakan sakit gigi.

“Alasannya, di dalam bawang putih itu ada kandungan namanya allicin yang bersifat antibakteri dan antimikroba,” tutur drg. Wiena.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ujar drg. Callista Argentina, Anda bisa menumbuk beberapa siung bawang putih bersama garam. Letakkan di area gigi yang sakit.

“Tumbukan bawang putih dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang dengan tiga kali oles setiap hari dalam waktu sekitar 30 menit. Lakukan selama sekitar tujuh hari,” kata drg. Callista.

Menurutnya, tumbukan bawang putih dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang. Di lain sisi, garam dapur juga berfungsi sebagai disinfektan alami karena memiliki kandungan anti-bakteri dan antiinflamasi.

Dia menambahkan, pastikan sudah mencuci bersih bawang putih sebelum ditumbuk dan diletakkan di area gigi yang sakit.

Artikel lainnya: 5 Cara Mudah Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang

2 dari 3 halaman

Waspadai Efek Samping Bawang Putih untuk Sakit Gigi

Sebagai bahan alami, efek samping bawang putih sebagai obat sakit gigi mungkin tidak terlalu banyak. Namun, menurut drg. Wiena, tetap saja ada risiko yang harus diwaspadai.

“Misalnya, beberapa orang bisa mengalami alergi yang mengunyah bawang putih. Selanjutnya, bisa saja Anda merasakan sensasi mulut seperti terbakar gitu. Bagi beberapa orang, hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan,” kata drg. Wiena lagi.

Selain itu, beberapa efek samping lain yang harus Anda waspadai, antara lain:

Akan tetapi, seperti disarankan drg. Wiena Manggala Putri, cara terbaik dan paling dianjurkan untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi.

Penanganan sakit gigi dengan bawang putih bersifat sementara. Hanya menggunakan bawang putih tidak mengatasi akar masalah pada gigi Anda.

“Meski bisa meredakan nyeri, yang perlu diingat, bawang putih enggak bisa dijadikan pengobatan akhir sakit gigi. Anda tetap harus ke dokter gigi supaya sakit gigi benar-benar teratasi,” drg. Wiena menjelaskan.

Oleh dokter gigi, akan dicari tahu apa penyebab yang mendasari keluhan sakit gigi Anda, apakah gigi berlubang, gigi sensitif, atau ada peradangan lain di rongga mulut.

Penanganan medis selanjutnya akan ditentukan sesuai dengan penyebab keluhan tersebut.

Anda masih butuh konsultasi dengan dokter gigi terkait keluhan gigi dan mulut? Jangan ragu untuk chat dokter gigi kami melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[ARM]

0 Komentar

Belum ada komentar