Gigi Mulut

Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

drg. Callista Argentina, 24 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bawang putih kerap diklaim ampuh meredakan sakit gigi. Sebelum buru-buru mencoba, cek dulu efektivitas bawang putih untuk sakit gigi berikut ini.

Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Mungkin penggalan lagu tersebut ada benarnya. Terkadang, sakit gigi itu lebih menyakitkan apalagi jika mengalami sakit “cekot-cekot”. 

Kendati demikian, tak semua orang berani untuk langsung periksa ke dokter gigi. Sebagian memilih pengobatan alami maupun pengobatan alternatif terlebih dahulu. 

Dari berbagai alternatif cara untuk mengobati sakit gigi, salah satunya yang cukup umum adalah dengan menggunakan bawang putih.

Jika Anda tertarik, coba cek dulu informasi tentang manfaat, cara penggunaan, dan efek samping bawang putih untuk sakit gigi berikut ini.

Manfaat Bawang Putih untuk Sakit Gigi

Anda mungkin lebih mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur atau bahan pewangi masakan. Namun lebih dari itu, Allium sativum – nama Latin dari bawang putih -- ternyata sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan selama berabad-abad.

Salah satu alasannya karena kandungan allicin di dalam bawang putih. Allicin adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Beberapa penelitian pun telah menyatakan kemampuan bawang putih untuk menghambat bakteri tersebut. Dalam sebuah pengujian, ekstrak bawang putih terbukti memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Salmonella typhimurium.

Artikel Lainnya: Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

Menurut peneliti, sebagai antibakteri, allicin di dalam bawang putih bekerja dengan mengubah fitur protein, polisakarida, serta lipid pada selaput sel bakteri. Selanjutnya, senyawa-senyawa ini bisa mereduksi sistein yang ada di tubuh mikroba.

Karena senyawa allicin dalam bawang putih itulah, beberapa orang mengunyah satu siung bawang putih dan membiarkannya selama beberapa saat di gigi. Mereka percaya, dengan melakukan ini, nyeri di gigi dapat reda.

Jadi, manfaat bawang putih untuk mengatasi sakit gigi diperoleh berkat kandungan allicin. Kandungan ini bersifat antibakteri dan antimikroba.

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Anda tertarik mencoba? Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Beberapa siung bawang putih yang telah dikupas bersih.
  • Garam secukupnya.
  • Sedikit minyak zaitun.

Setelah semua bahan siap, berikut cara untuk mengobati sakit gigi dengan bawang putih: 

  • Tumbuk bawang putih, garam, dan minyak zaitun.
  • Letakkan di dalam lubang gigi yang sakit.
  • Pasta bawang putih dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang dengan tiga kali oles setiap hari dalam waktu sekitar 30 menit.
  • Lakukan selama sekitar tujuh hari.

Artikel Lainnya: Coba Cek, Ini Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Anak

Tumbukan bawang putih dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang. Di lain sisi, garam dapur juga berfungsi sebagai disinfektan alami karena memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi.

Namun, dalam menggunakan bawang putih untuk atasi sakit gigi, pastikan bawang tersebut sudah dicuci bersih sebelum ditumbuk.

Waspadai Efek Samping Bawang Putih untuk Sakit Gigi

Sebagai bahan alami, efek samping bawang putih mungkin tidak terlalu banyak. Namun tetap saja, ada risiko yang harus diwaspadai. Misalnya, beberapa orang bisa mengalami alergi dengan bawang putih.

Selanjutnya, bisa saja Anda merasakan sensasi seperti panas, terbakar, apalagi kalau terkena gusi. Bagi beberapa orang, hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Selain itu, beberapa efek samping lain yang harus Anda waspadai meliputi: 

Penggunaan bawang putih untuk sakit gigi hanya bersifat sementara, karena tidak mengatasi akar masalah pada gigi Anda. Jadi, meski bawang putih dapat menjadi alternatif, cara terbaik dan paling dianjurkan untuk mengobati sakit gigi adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi supaya memperoleh terapi yang tepat.

Dokter gigi akan mencari tahu apa penyebab keluhan sakit gigi Anda, misalnya apakah karena gigi berlubang, gigi sensitif, atau ada peradangan lain di rongga mulut. Penanganan medis selanjutnya akan ditentukan sesuai dengan penyebab keluhan tersebut.

Anda butuh konsultasi dengan dokter gigi terkait keluhan gigi dan mulut? Jangan ragu untuk chat dokter gigi kami melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

bawang putihSakit Gigi

Konsultasi Dokter Terkait