Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ajak Bayi Baru Lahir Staycation di Hotel? Perhatikan Ini Dulu!

Ajak Bayi Baru Lahir Staycation di Hotel? Perhatikan Ini Dulu!

Punya rencana ajak bayi baru lahir menginap di hotel saat pandemi? Perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu agar tetap aman.

Punya newborn baby atau bayi baru lahir pasti jadi tantangan tersendiri bagi ibu baru. Pasalnya, ibu harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan bayi baru lahir karena sistem imunnya yang masih sangat rentan. 

Meski harus penuh perhatian, menghabiskan waktu bersama si kecil pasti sangat menyenangkan misalnya dengan liburan. Nah, untuk melepas kepenatan selama pandemi, bisa tidak, ya, mengajak bayi baru lahir untuk staycation atau menginap di hotel?

1 dari 3 halaman

Amankah Ajak Bayi Baru Lahir untuk Staycation?

Staycation di hotel memang sangat menyenangkan. Selain menikmati suasana baru, memori yang Anda buat bersama keluarga selama menginap semakin berharga karena kini ada si kecil yang ikut mendampingi. 

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa tidak aman bagi bayi baru lahir untuk menginap atau ikut staycation di tempat baru, terutama saat pandemi virus corona

Hal ini dikarenakan sistem imunitas tubuh bayi yang masih sangat rendah, sehingga memudahkan bayi terserang virus penyebab penyakit. 

“Virus bisa berasal dari mana saja. Meski Anda sudah mensterilkan terlebih dahulu kamar yang nantinya akan dijadikan tempat staycation, setiap kemungkinan terburuk masih bisa terjadi,” ungkap dr. Devia.

“Belum lagi ada pegawai/staf tempat Anda menginap yang keluar-masuk untuk membersihkan kamar. Ketika pergi ke luar kamar untuk sarapan, pasti dipenuhi oleh banyak pengunjung lainnya,” tambahnya. 

Selain rentan terserang virus penyebab penyakit, bayi baru lahir pun belum bisa ingat tentang pengalaman staycation yang Anda dan pasangan rencanakan. 

“Bayi belum mengenal makna staycation, jadi sangat disayangkan bila harus mengajaknya pergi ke sana-kemari tanpa ingat memorinya,” ujar dr. Devia.

“Namun, hal ini balik lagi pada keputusan masing-masing orang tua. Yang jelas, mengajak bayi untuk staycation selama masa pandemi virus corona memang tidak disarankan,” ucapnya. 

Artikel lainnya: Anak Main di Luar saat New Normal? Ini Tips Amannya!

2 dari 3 halaman

Adakah Manfaat Staycation Saat Pandemi?

Menghabiskan waktu untuk “mini holiday” saat pandemi memang berisiko. Hanya saja, staycation saat pandemi memang bisa memberikan dampak baik pada kesehatan orang dewasa, bukan bayi baru lahir. 

Misalnya, staycation dapat menambah keintiman pasangan. Hal ini dikarenakan Anda dan pasangan akan menghabiskan waktu bersama di tempat baru untuk beberapa waktu. 

Anda dan pasangan bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti bersantai di kamar hotel, berenang di kolam renang, atau sekadar makan malam di restoran tempat Anda menginap. 

Selain itu, staycation juga bermanfaat untuk merelakskan pikiran dari aura negatif selama masa pandemi virus corona. Anda tidak perlu mengurus atau mencari informasi terkait pandemi saat sedang staycation, fokuslah pada liburan singkat ini. 

Hanya saja, tetap ada risiko-risiko yang mungkin terjadi ketika staycation selama masa pandemi. Melansir laman Everyday Health, masuk-keluar hotel pasti akan meningkatkan peluang untuk terpapar virus corona. 

Artikel lainnya: Wajib Dipatuhi, Jangan Bawa Anak ke Mal saat New Normal!

Berdasarkan panduan dari CDC, tetap tinggal di rumah selama masa pandemi merupakan cara paling aman agar terhindar dari virus corona. 

Donald Schaffner, Ph.D, seorang pakar penilaian risiko mikroba dan profesor di Sekolah Ilmu Lingkungan dan Biologi Rutgers, mengatakan ada dua faktor yang mungkin bisa jadi sumber penularan virus corona selama staycation

“Ketika Anda masuk ke sebuah hotel, maka risiko bertemu banyak orang dari berbagai kota, negara, dan daerah sangat tinggi. Hal ini bisa jadi salah satu sumber penularan virus corona yang paling mungkin terjadi,” ujar Donald. 

Menanggapi masalah ini, dr. Devia pun setuju. Meski sebenarnya aman bila mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, tapi risiko-risiko tetap bisa muncul kapan saja dan di mana saja. 

Bila Anda baru saja memiliki bayi newborn, hindari pergi ke luar rumah sampai jangka waktu yang ditentukan. 

Dokter Devia menyarankan, bila tetap ingin mengajak bayi pergi ke luar rumah, pastikan Anda telah berkonsultasi kepada dokter anak dan penuhi dulu semua imunisasi wajib untuk bayi baru lahir. 

“Hingga saat ini, tidak ada anjuran untuk bayi baru lahir ikut pergi staycation. Bahkan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan anak untuk tidak ke luar rumah sampai pandemi bisa dikendalikan dengan baik. Jadi, hindari pergi staycation dan tetap berada di dalam rumah,” tutup dr. Devia. 

Pakai fitur Chat Premium dengan dokter spesialis anak di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi seputar kesehatan buah hati.

(FR)

0 Komentar

Belum ada komentar