Kesehatan Mental

13 Cara Mudah Bergaul bagi Orang Pendiam dan Introvert

Siti Putri Nurmayani, 08 Mei 2023

Ditinjau Oleh Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog

Orang yang introvert sebenarnya ingin bergaul, namun kadang terasa sulit dan tidak nyaman. Yuk, simak cara bergaul yang mudah untuk orang introvert!

13 Cara Mudah Bergaul bagi Orang Pendiam dan Introvert

Introvert sering dianggap sebagai orang yang sulit untuk bergaul, terutama terhadap orang baru. Hal ini tentunya bisa mengganggu dan menghambat kehidupan sosialnya. 

Ada banyak alasan kenapa introvert sulit untuk berkomunikasi, salah satunya mereka cenderung hati-hati dalam merespon atau menyikapi sesuatu, sehingga membutuhkan waktu untuk terlibat dalam percakapan. 

Jika kamu termasuk golongan introvert dan ingin lebih mudah bersosialisasi, jangan khawatir, berikut beberapa cara mengatasi introvert yang bisa diterapkan:

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Cara mengatasi sulit bersosialisasi pada introvert adalah dengan memerhatikan lingkungan sekitar. Dikutip dari Psychology Today, kamu bisa coba memulai komunikasi di tempat yang relatif sepi, sehingga komunikasi pun menjadi lebih nyaman. 

Ketika berkomunikasi di tempat yang cenderung bising, ini mungkin membuatmu merasa tidak nyaman.

2. Mulai dari Kelompok Kecil

Tak perlu terburu-buru untuk berkomunikasi, kamu bisa mulai bersosialisasi dalam kelompok yang kecil. Hal ini tentunya akan membuatmu lebih merasa nyaman saat berkomunikasi. 

Jangan khawatir, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan keramaian dan terlatih untuk berbicara dengan banyak orang. 

3. Utamakan Kualitas Daripada Kuantitas

Disampaikan Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog, tips bersosialisasi bagi introvert adalah mengutamakan kualitas dibanding kuantitas pergaulan. 

Kualitas pergaulan yang dimaksud adalah intensitas pertemuan atau komunikasi yang tidak harus dilakukan setiap hari atau sangat intens. Akan tetapi, obrolan yang dibahas berkualitas, berbobot, dan bermanfaat. 

4. Tersenyum dan Menyapa

Cara orang introvert bersosialisasi bisa dimulai dengan tersenyum atau menyapa orang lain terlebih dahulu. Untuk itu, jangan pernah ragu melakukannya jika kamu ingin terlatih berkomunikasi dengan orang lain. 

Dengan memberikan kesan pertama yang ramah, tentunya kamu bisa berkomunikasi dengan lancar. Orang lain juga akan merasa nyaman untuk berbicara dan berteman denganmu. 

Hal ini bisa kamu terapkan ketika berada di kantor, acara keluarga, atau berkumpul dengan teman. 

5. Ajukan Pertanyaan

Cara mudah bergaul bagi orang pendiam di awal percakapan adalah dengan mengajukan pertanyaan. Coba ajukan pertanyaan umum terlebih dahulu. 

Jika ingin melanjutkan percakapan, kamu bisa mengajukan pertanyaan lain dan meminta penjelasan lebih lanjut. Dengan mengajukan pertanyaan, ini merupakan cara paling mudah untuk berkomunikasi tanpa harus terlalu banyak bicara. 

Cara introvert bersosialisasi ini bisa lebih menghemat energimu untuk berbicara.

6. Bersikap Apa Adanya

Salah satu cara bersosialisasi untuk introvert yang mudah adalah dengan bersikap apa adanya. Disarankan untuk menjadi diri sendiri agar kamu merasa lebih nyaman. 

Kamu tidak perlu memaksakan diri. Jika memang butuh jeda untuk berkomunikasi atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain, coba informasikan saja bahwa kamu membutuhkan waktu untuk berpikir. 

7. Bersosialisasi dengan Alasan yang Tepat

bersosialisasi

Bila kamu merasa tidak nyaman untuk datang ke sebuah acara, maka sebaiknya jangan dipaksakan. Akan tetapi, coba untuk pertimbangkan kembali, apakah acara tersebut penting untuk dihadiri atau tidak. 

“Ketahui kebutuhan dalam bersosialisasi atau berteman. Sadari bahwa energi dalam bersosialisasi tidak terlalu banyak, agar nantinya tahu kapan, siapa, dan di mana kita dapat membagikan cerita,” tutur Psikolog Iswan. 

8. Jadi Pendengar yang Baik

Tips bergaul bagi introvert adalah jangan lupa untuk mendengarkan orang lain dengan baik ketika sedang mengobrol. 

Sebisa mungkin, hindari kebiasaan memotong pembicaraan. Ini bisa membuat percakapan menjadi tidak nyaman. Jangan lupa, coba untuk saling menghargai pendapat satu sama lain, ya!

Artikel Lainnya: Tak Diduga, Ini Manfaat Sehat Menjadi Seorang Introvert

9. Temukan Kesamaan dari Orang-orang Terdekat. 

Menurut Psikolog Iswan, cara mudah bersosialisasi bagi introvert adalah dengan menemukan kesamaan dari orang-orang terdekat. 

Orang introvert akan lebih cepat bergaul, nyambung, dan nyaman dengan orang baru ketika menemukan banyak kesamaan dari lawan bicara. 

10. Beri Pujian

Mendapatkan pujian dari orang lain tentunya akan membuatmu merasa senang. Namun, coba untuk berikan pujian dalam porsi yang wajar. Hindari memberikan pujian secara berlebihan dan terkesan palsu. 

Meski awalnya kamu merasa canggung, namun jangan khawatir karena memberikan pujian kepada orang lain bagi introvert membutuhkan waktu dan latihan agar cepat terbiasa. 

11. Lakukan Komunikasi Dua Arah

Tips bersosialisasi bagi introvert adalah usahakan untuk melakukan komunikasi dua arah setiap berbicara dengan orang lain. 

Artinya, saat lawan bicara terus bertanya, kamu jangan hanya menjawab. Coba untuk bertanya balik atau mencari ide topik pembicaraan tambahan.

12. Ekspresikan Emosi dan Pikiran

Meski orang introvert cenderung memendam masalah dan menanggungnya sendiri, namun bukan berarti kamu tidak boleh mengekspresikan emosi atau pikiran di depan orang lain. 

Kamu bisa mengekspresikan emosi dan pikiran dengan tujuan agar orang terdekat memahami kondisimu seperti apa.  

13. Berlatih di Depan Cermin

Jika introvert sulit untuk percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain, kamu bisa berlatih berbicara di depan cermin. 

Dengan berlatih bicara sambil melihat ekspresi wajah, ini bisa membantumu agar lebih percaya diri. 

Bagi seorang introvert, interaksi sosial terkadang sulit untuk dilakukan. Namun, hal ini penting untuk dilakukan karena sejatinya, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. 

Bila sulit untuk menerapkan tips bergaul di atas, #JagaSehatmu dengan meminta bantuan psikolog untuk mengatasinya. Unduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi dengan psikolog secara online

(NM)

psikologi.Introvert

Konsultasi Dokter Terkait