Sukses

Tips Mudah Bergaul bagi si Introvert yang Pemalu

Orang yang introvert sebenarnya ingin bergaul, namun kadang terasa sulit dan tidak nyaman. Yuk, simak cara bergaul yang mudah untuk orang introvert!

Introvert dan ekstrovert dianggap sebagai dua kepribadian yang bertolak belakang. Ya, orang ekstrovert memang terkenal lebih mudah bergaul dan senang keramaian.

Namun, bukan berarti introvert selalu tertutup dan tidak suka bergaul. Ada juga orang introvert yang terasa mudah saja bergaul.

Bagi si introvert yang memang kesulitan bersosialisasi, khususnya terhadap orang baru, hal ini dapat mengganggu dan menghambat kehidupan sosialnya.

Jangan khawatir, berikut ini beberapa cara bergaul bagi introvert yang bisa diterapkan:

 

1 dari 5 halaman

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Saat Berkomunikasi

Jika merasa kurang nyaman ketika ingin memulai komunikasi di keramaian, Anda bisa coba lakukan dulu di tempat yang cukup sepi sebagai langkah awal.

Pasalnya, bila lingkungan masih terlalu ramai, bisa saja Anda malah merasa tidak nyaman.

2. Mulailah dari Kelompok Kecil

Seorang introvert tidak perlu terburu-buru untuk bersosialisasi. Anda bisa mulai dari kelompok atau circle yang kecil. Lama-kelamaan, Anda akan terbiasa dengan keramaian dan terlatih untuk berbicara.

Artikel Lainnya: Introver Bukan Berarti Antisosial, Ini Bedanya

3. Tunjukkan Minat

Cara ini juga dapat dilakukan introvert untuk bersosialisasi. Tunjukkanlah minat Anda kepada orang lain. Hal ini bisa mengarah pada obrolan dan cerita yang lebih mengalir.

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang lawan bicara minati, supaya komunikasi yang terjalin terasa lebih nyaman.

2 dari 5 halaman

4. Tersenyum dan Menyapa

Jangan malu untuk tersenyum atau menyapa orang lain duluan. Dengan memberikan first impression yang ramah, Anda akan mudah masuk ke topik-topik yang akan dibahas.

Dengan kesan yang ramah, orang lain juga cenderung merasa lebih nyaman untuk mengenal, ngobrol, dan berteman dengan Anda. Ini bisa diterapkan, misalnya di kantor, acara keluarga, atau acara kumpul bareng teman-teman.

5. Bersikap Apa Adanya

Salah satu cara mudah bergaul bagi orang pendiam adalah dengan bersikap apa adanya. Ya, saat bersosialisasi dengan orang lain, jadilah diri Anda sendiri.

Anda tidak perlu memaksakan kepribadian seperti orang lain. Bila tidak nyaman dan dipaksakan, bergaul justru malah membuat manfaatnya tidak terasa.

Terkadang, introvert butuh jeda saat menyampaikan sesuatu atau berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, sampaikan saja kalau Anda butuh waktu untuk berpikir sejenak.

Artikel Lainnya: Penyebab Anak Introvert, Benarkah Menurun dari Orangtua?

6. Bersosialisasi dengan Alasan yang Tepat

Bila Anda merasa tidak nyaman datang ke sebuah acara, jangan dipaksakan. Namun, sebelumnya jangan lupa pertimbangkan lagi, apakah acara tersebut benar-benar penting? Apakah akan merasa bersalah bila tidak datang?

Tenang, mengambil keputusan seperti itu akan pelan-pelan membuat Anda terbiasa. Hal yang penting, ikuti kata hati dan selalu coba jalin komunikasi yang baik. 

Usahakan untuk membangun kehidupan sosial yang positif dan membawa rasa bahagia.

3 dari 5 halaman

7. Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika sedang mengobrol, jangan lupa juga untuk mendengarkan orang lain dengan baik. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan memotong pembicaraan karena akan membuat percakapan menjadi tidak nyaman.

Selain itu, cara bergaul yang tak kalah penting adalah saling menghargai pendapat satu sama lain.

Artikel Lainnya: Dampak Buruk Belajar Online Bagi Anak Introvert

8. Beri Pujian

Pujian diberikan dalam porsi yang wajar, jangan berlebihan dan terkesan palsu. Suatu hal baik yang diucapkan kepada orang lain biasanya akan membuat suasana lebih menyenangkan. 

Tak masalah bila Anda merasa canggung atau merasa gagal di awal bersosialisasi. Hal ini memang membutuhkan waktu dan latihan agar cepat terbiasa.

9. Berusaha Komunikasi Dua Arah

Cara lain agar seorang introvert mudah bergaul, yaitu usahakan setiap kali berbicara dengan orang lain, bangun komunikasi dua arah.

Artinya, saat lawan aktif bertanya, Anda jangan hanya menjawab. Namun, coba untuk bertanya balik atau justru mencari ide tambahan.

4 dari 5 halaman

10. Berlatih di Depan Cermin

Latih kemampuan komunikasi Anda dengan menggunakan cermin. Berlatih bicara sambil melihat ekspresi wajah saat berbicara akan membantu Anda lebih percaya diri nantinya.

Bagi seorang introvert, interaksi sosial terkadang tidak mudah dilakukan. Namun, hal ini tetap penting dilakukan karena sejatinya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Bila Anda kesulitan untuk menerapkan cara-cara bergaul di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada psikolog.

Gunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk berdiskusi dengan dokter seputar cara bersosialisasi di masyarakat bagi introvert.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar