Sukses

Tips Mudah Bergaul bagi si Introver yang Pemalu

Orang yang introver sebenarnya ingin bergaul, namun kadang terasa sulit dan tidak nyaman. Yuk, simak cara bergaul yang mudah untuk orang introver!

Banyak orang menganggap introver dan ekstrover adalah dua kepribadian yang bertolak belakang. Ya, ekstrover memang terkenal lebih mudah bergaul dan senang keramaian. Namun, bukan berarti introver selalu tertutup dan tidak suka bergaul.

Ada juga orang introver yang terasa mudah saja bergaul. Bagi si introver yang memang kesulitan bersosialisasi khususnya terhadap orang baru, hal ini dapat mengganggu dan menghambat kehidupan sosialnya.

Jangan khawatir, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan bila ingin lebih mudah berteman dan lancar bersosialisasi!

1 dari 3 halaman

Cara Bergaul untuk Orang Introvert

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengatakan “Penting bagi introver untuk tahu, yang dilakukan bukanlah bertindak seperti ekstrover. Tapi, memanfaatkan kualitas introver itu sendiri dengan memberdayakan keterampilan komunikasi.”

Jadi, hal ini bisa memberikan dampak terbaik dengan stres yang minimum bagi si introver.

Ini dia beberapa cara bergaul yang simple bagi Anda yang introver dan merasa sulit bersosialisasi. 

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Saat Berkomunikasi

Bila Anda merasa kurang nyaman ketika ingin memulai komunikasi di keramaian, coba lakukan dulu di tempat yang cukup sepi sebagai langkah awal.

“Coba ketika berkomunikasi dengan orang lain, perhatikan lingkungannya. Cari yang relatif sepi. Karena, kalau lingkungannya masih ramai banget, bisa bikin orang introver keserap energinya dan mudah stres,” ujar Ikhsan.

  1. Tunjukkan Minat

Agar dapat memulai dan tergabung dalam sebuah obrolan, Ikhsan menyarankan untuk menunjukkan minat kepada orang lain. Hal ini bisa mengarah pada obrolan dan cerita yang lebih mengalir.

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang lawan bicara minati, supaya komunikasi yang terjalin terasa lebih nyaman.

Artikel Lainnya: Introver Bukan Berarti Antisosial, Ini Bedanya

  1. Tersenyum dan Menyapa

Jangan malu untuk tersenyum atau menyapa orang lain duluan. Dengan memberikan first impression yang ramah, akan memudahkan kita untuk masuk ke topik-topik yang akan dibahas,” tutur Ikhsan.

Dengan kesan yang ramah, orang lain juga cenderung merasa lebih nyaman untuk mengenal, ngobrol, dan berteman dengan Anda. 

Hal ini bisa diterapkan misalnya di kantor, acara keluarga, atau acara kumpul bareng teman-teman.

  1. Bersikap Apa Adanya

Inilah salah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Jadilah diri sendiri dan tidak perlu memaksakan kepribadian seperti orang lain. Bila tidak nyaman dan dipaksakan, bergaul justru malah membuat manfaatnya tidak terasa.

“Terkadang, introver butuh jeda saat menyampaikan sesuatu atau berkomunikasi dengan orang lain, sulit untuk terus-menerus. Jadi, sampaikan saja kalau Anda lagi butuh waktu untuk berpikir sejenak,” saran Ikhsan.

  1. Bersosialisasi dengan Alasan yang Tepat

Bila Anda merasa tidak nyaman datang ke sebuah acara, jangan dipaksakan. Namun, sebelumnya jangan lupa pertimbangkan lagi, apakah acara tersebut benar-benar penting? Apakah akan merasa bersalah bila tidak datang?

Tenang, mengambil keputusan seperti itu akan pelan-pelan membuat Anda terbiasa. Hal yang penting, ikuti kata hati dan selalu coba jalin komunikasi yang baik. 

Usahakan untuk membangun kehidupan sosial yang positif dan membawa rasa bahagia.

Artikel Lainnya: Orang Introvert Rentan Terkena Depresi, Bagaimana Faktanya?

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika sedang mengobrol, jangan lupa juga untuk mendengarkan orang lain dengan baik. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan memotong pembicaraan karena akan membuat percakapan menjadi tidak nyaman.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah saling menghargai pendapat satu sama lain, ya. 

  1. Beri Pujian

Pujian diberikan dalam porsi yang wajar, jangan berlebihan dan terkesan palsu. Suatu hal baik yang diucapkan kepada orang lain biasanya akan membuat suasana lebih menyenangkan. 

Tak masalah bila Anda merasa canggung atau merasa gagal di awal bersosialisasi. Hal ini memang membutuhkan waktu dan latihan agar cepat terbiasa.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Tetap Bergaul meski Introver

Menurut Ikhsan, berinteraksi sosial tetap penting bagi orang introver. Ini karena kita sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri. 

“Dengan berinteraksi sosial, bisa membantu orang introvert dalam memecahkan permasalahan yang dialami,” ucapnya.

“Selain itu, interaksi sosial penting karena dengan adanya interaksi, akan ada proses penyaluran emosi antara satu individu ke individu lain. Nah, ini bisa bantu meningkatkan kualitas hidup atau kesehatan psikologis bagi si individu introvert,” tambahnya.

Jadi, jangan ragu untuk bersosialisasi, ya. Hal yang penting tetaplah jadi diri sendiri. Bila butuh bantuan psikolog, pakai fitur Chat Premium di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar