Sukses

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Kulit

Tak seperti garam dapur biasa, garam himalaya punya banyak manfaat kesehatan termasuk untuk kulit. Apa saja manfaat garam Himalaya untuk kulit?

Tak sedikit orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kulit sehat dan bersih yang diimpikan. Selain dengan metode kecantikan canggih, bahan alami juga tak ketinggalan jadi incaran. Salah satunya adalah garam himalaya.

Anda heran bagaimana bisa garam himalaya bermanfaat untuk kulit? Coba simak dulu ulasannya berikut.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Garam Himalaya?

Sama-sama memiliki kegunaan untuk penyedap rasa, garam himalaya memiliki tekstur yang lebih unik ketimbang garam pada umumnya.

Garam jenis ini memiliki warna pink dengan tekstur yang lebih kasar dan besar, berbeda dengan garam dapur yang berwarna putih dengan tekstur halus.

Uniknya, tidak sembarang orang bisa mendapatkan garam himalaya. Garam ini hanya berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang ada di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan.

Garam himalaya juga disebut sebagai garam paling murni karena sudah ribuan tahun terkubur di bawah lapisan lava, salju, dan juga bebatuan es. 

“Garam himalaya tidak melalui pemrosesan, sehingga kemurniannya masih sangat asli dan tidak ada zat kimia apa pun yang ditambahkan di dalamnya,” ujar dr. Devia Irine Putri.

“Hal inilah yang membuat garam himalaya memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, alami, dan sangat sehat jika dikonsumsi, maupun dipakai untuk alternatif kesehatan lainnya,” dia menambahkan.

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Baik, Scrub Gula atau Scrub Garam?

2 dari 4 halaman

Manfaat Garam Himalaya untuk Kulit Anda

Karena garam himalaya mengandung kemurnian yang sangat tinggi, kandungan serta zat yang terkandung pun masih sangat murni dan sehat.

Apa saja manfaat garam himalaya untuk kulit? Seperti dipaparkan oleh dr. Devia, berikut penjelasannya: 

  1. Menyeimbangkan pH Kulit 

Ada banyak produk pembersih wajah yang punya asam tinggi sehingga tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit. 

Ketika pH kulit jadi tidak seimbang, kulit jadi lebih sensitif terhadap berbagai macam masalah kesehatan, seperti jerawat, ruam, komedo, dsb. 

Mengaplikasikan garam himalaya pada kulit, dipercaya bisa menyeimbangkan kembali pH kulit. Anda bisa menggunakan garam himalaya sebagai campuran produk pembersih wajah, lalu oleskan secara perlahan pada wajah. 

  1. Sebagai Eksfoliator Alami 

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit dengan teknik pengelupasan secara halus.

Dokter Devia menyarankan agar Anda rajin melakukan eksfoliasi wajah karena dianggap ampuh membersihkan komedo yang tersumbat. 

Anda bisa menjadikan garam himalaya sebagai scrub wajah atau tubuh yang sudah dicampurkan dengan produk kecantikan lainnya supaya manfaatnya maksimal.

Artikel Lainnya: Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

  1. Melembapkan Kulit 

Garam Himalaya mengandung elektrolit yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Ketika dikonsumsi atau dipakai sebagai produk kecantikan, garam himalaya bisa menghidrasi tubuh, mengisi cairan dalam tubuh, dan pada akhirnya membuat kulit lebih lembap dan kenyal. 

  1. Mengatasi Jerawat

Selain melembapkan kulit, garam himalaya juga bisa mengatasi permasalahan kulit jerawat karena kandungan zinc dan antibakteri.

“Memakai garam himalaya sebagai produk kecantikan secara rutin, terbukti bisa meredakan jerawat yang memerah dan menghilangkan bekas jerawat,” ujar dr. Devia. 

  1. Meredakan Kulit Kemerahan

Garam Himalaya juga mengandung anti-inflamasi yang bisa meredakan kulit kemerahan akibat iritasi dan jerawat. Kandungan anti-inflamasinya juga mampu mengatasi masalah psoriasis atau eksim. 

Artikel Lainnya: Hilangkan Ketombe dengan Garam, Mitos atau Fakta?

3 dari 4 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Gunakan Garam Himalaya pada Kulit

Jika Anda berniat untuk menggunakan garam himalaya untuk kulit, pastikan Anda telah mencampurkannya dengan produk kecantikan lainnya.

Agar lebih aman, Anda bisa membeli produk kecantikan yang memang sudah mengandung garam himalaya agar komposisinya bisa tepat dan aman. 

Selain itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter kulit mengenai takaran, dosis, dan cara pemakaian garam himalaya.

Misalnya, jika kulit Anda sedang meradang akibat jerawat, penggunaan scrub garam himalaya tidak terlalu dianjurkan karena tekstur scrub yang kasar bisa buat jerawat jadi semakin meradang. 

Baca dulu aturan pakai produk-produk kecantikan yang hendak Anda gunakan. Jika ada permasalahan kulit yang tak kunjung sembuh, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Unduh aplikasi Klikdokter untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan kulit dan tips kecantikan lainnya.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar