Kulit

8 Manfaat Garam Himalaya untuk Kecantikan Kulit

dr. Theresia Yunita, 13 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak seperti garam dapur biasa, garam himalaya punya banyak manfaat kesehatan termasuk untuk kulit. Apa saja manfaat garam Himalaya untuk kulit?

8 Manfaat Garam Himalaya untuk Kecantikan Kulit

Tak sedikit orang menggunakan bahan alami untuk mendapatkan kulit sehat, cantik, dan bersih. Salah satu bahan alami yang digunakan adalah garam himalaya.

Garam himalaya memiliki tekstur dan warna yang berbeda dengan garam umumnya. Garam berwarna pink ini memiliki ukuran yang lebih besar dan bertekstur lebih kasar. Hal ini berbeda dengan garam dapur yang berwarna putih, berukuran kecil, dan bertekstur halus.

Selain sebagai penyedap rasa, garam himalaya ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit. Di bawah ini sederet manfaat garam himalaya untuk kulit yang perlu kamu tahu.

1. Menyeimbangkan pH Kulit

11 Cara Merawat dan Menghilangkan Kulit Kering

Produk pembersih wajah dengan kandungan asam yang tinggi tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit. Asam yang terlalu tinggi bisa bikin pH kulit tidak seimbang. Akibatnya, kulit jadi lebih sensitif terhadap berbagai masalah kesehatan, seperti jerawat, ruamkomedo, dan lainnya.

Penggunaan garam himalaya dipercaya bisa menyeimbangkan kembali pH kulit. Kamu bisa menggunakan garam himalaya sebagai campuran produk pembersih wajah, lalu oleskan secara perlahan pada wajah kamu. 

Artikel lainnya: Garam Himalaya dan Garam Biasa, Mana yang Lebih Baik untuk MPASI?

2. Sebagai Eksfoliator Alami 

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit menggunakan teknik pengelupasan secara halus.

Rutin eksfoliasi wajah menggunakan garam himalaya bermanfaat mengangkat komedo yang tersumbat. Kamu bisa menjadikan garam himalaya sebagai scrub wajah ataupun tubuh. Campurkan garam himalaya dengan produk kecantikan lainnya supaya manfaatnya maksimal.

3. Melembapkan Kulit 

Garam himalaya mengandung elektrolit yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Manfaat garam himalaya untuk kecantikan kulit bisa menghidrasi dan mengisi cairan dalam tubuh sehingga membuat kulit lebih lembap dan kenyal. 

Manfaat tersebut bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi garam himalaya maupun mengaplikasikan garam ke kulit secara langsung.  

4. Mengatasi Jerawat

Serba-Serbi Acne Prone Skin, Kondisi Wajah Rentan Berjerawat

Garam himalaya bisa mengatasi jerawat, lho! Hal ini berkat kandungan zinc dan antibakteri di dalamnya. 

Rutin memakai garam himalaya sebagai produk kecantikan, terbukti bisa meredakan jerawat yang memerah dan menghilangkan bekas jerawat.

Meski begitu, kamu tidak disarankan menggunakan scrub garam himalaya ketika kulit sedang meradang akibat jerawat. Sebab tekstur scrub yang kasar bisa bikin jerawat jadi makin meradang. 

Artikel lainnya: Cuci Wajah Pakai Air Garam, Efektif Hilangkan Jerawat?

5. Meredakan Kulit Kemerahan

Garam himalaya memiliki sifat antiperadangan yang bisa meredakan kulit kemerahan akibat iritasi dan jerawat. Sifat antiradang garam himalaya juga mampu mengatasi masalah psoriasis atau eksim. 

6. Melancarkan Peredaran Darah di Kulit Wajah

Scrub garam himalaya bermanfaat mengelupaskan kulit wajah. Pengelupasan merangsang aliran darah dan secara instan membuat kulit kamu sehat merona. 

Peningkatan sirkulasi darah dalam jangka panjang diyakini bisa meningkatkan produksi kolagen. Alhasil, tingkat kolagen yang lebih tinggi di dalam tubuh bisa dipertahankan sehingga membantu menangkal tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kendur dan keriput.

7. Menutrisi Kulit Kepala

Karena berfungsi sebagai eksfoliator alami, garam himalaya yang digunakan pada kulit kepala dapat merangsang peredaran darah ke area tersebut. Dengan begitu, nutrisi penting yang merangsang pertumbuhan rambut dapat dengan mudah mencapai akar-akar rambut. 

Tidak hanya menumbuhkan, manfaat garam himalaya juga memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Setelah kamu menggunakan garam himalaya, jangan lupa bilas rambut hingga bersih, ya! 

8. Baik Untuk Kulit Sensitif

Keunggulan garam himalaya lainnya adalah tidak mudah mengiritasi kulit sehingga dapat digunakan untuk beragam jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. 

Meski begitu, apabila kulit kamu mengalami kemerahan dan reaksi lainnya akibat penggunaan bahan alami satu ini, hentikan penggunaan garam himalaya dan segera konsultasikan kepada dokter, ya! 

Artikel lainnya: 4 Manfaat Garam untuk Kecantikan Wajah

Setelah tahu manfaat garam himalaya untuk kulit, apakah kamu berniat menggunakan bahan alami satu ini? Jika ya, pastikan kamu mencampurkan garam himalaya dengan produk kecantikan lainnya.

Agar komposisinya tepat dan aman, beli produk kecantikan yang memang sudah mengandung garam himalaya. Tak lupa, baca terlebih dahulu aturan pakai produk yang hendak kamu gunakan, ya! 

Jika kamu mengalami permasalahan kulit yang tak kunjung sembuh, #JagaSehatmu dengan berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lebih mudah dan cepat, pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter aja!

(ADT/JKT)

kesehatan kulit

Konsultasi Dokter Terkait