Sukses

ASI Bisa untuk Air Mandi Bayi, Ini Manfaatnya!

Selain jadi makanan bayi, ASI juga bisa digunakan sebagai campuran untuk air mandi si kecil. Apa saja manfaatnya?

Punya produksi ASI berlebih memang jadi kebahagiaan tersendiri bagi para busui. Selain tidak perlu cemas anak akan kekurangan nutrisi, rupanya ASI berlebih juga bisa dipakai untuk memandikan bayi, lho!

Memang terdengar asing, tapi memandikan bayi dengan ASI memang ada manfaatnya bagi kulit si kecil.

Bila Anda memiliki persediaan ASIP (ASI perah) yang melimpah atau bingung ketika ASI cair karena kulkas mati, jangan dibuang dan jadikan sebagai campuran untuk memandikan bayi.

Kapan Waktu yang Tepat Gunakan ASI untuk Mandi Bayi?

Dokter Arina Heidyana mengatakan, ibu tidak perlu memaksakan bayinya mandi dengan ASI. Hanya saja, jika busui memiliki persediaan ASI melimpah, sesekali boleh memandikan bayi dengan ASI.

“Hanya waktu-waktu tertentu saja. Misalnya ASIP tiba-tiba mencair karena kulkas mati atau ASIP sudah mau kedaluwarsa, bisa dijadikan sebagai cairan untuk mandi bayi. Tidak perlu setiap hari, karena ibu juga harus ingat bahwa ASI adalah makanan untuk nutrisi bayi setiap harinya,” ujar dr. Arina.

Artikel Lainnya: Awas, Gangguan Hormon Sebabkan ASI Tidak Lancar!

1 dari 3 halaman

Manfaat Memandikan Bayi dengan ASI

Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan bayi ketika mandi dengan ASI? Berikut penjelasan dr. Arina:

  • Melembabkan Kulit

ASI mengandung asam oleat, asam linolenat, dan asam palmitat yang berfungsi untuk melembapkan kulit bayi. Dengan ini, kulit bayi akan lebih terhidrasi dan kenyal sehingga ibu tidak perlu khawatir bayinya punya kulit kering.

  • Memperbaiki Kerusakan Kulit

“Kandungan asam linolenat pada ASI mengandung asam omega-3 dan omega-6 yang bisa mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Kedua kandungan ini juga bisa menurunkan inflamasi pada kulit yang rusak karena paparan sinar matahari,” kata dr. Arina.

Agar kulit bayi lebih terjaga dengan sempurna, ibu bisa mengoleskan body lotion khusus bayi setelah mandi.

Artikel Lainnya: Bolehkah Mengombinasikan ASI dengan Susu Formula?

  • Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok adalah luka yang muncul akibat penggunaan popok yang salah, kotor, dan berbahan kasar. Selain menggunakan obat salep, ruam popok juga bisa disembuhkan dengan menggunakan ASI.

Pasalnya, ASI bersifat mendinginkan, sehingga radang yang timbul akibat ruam popok bisa mereda.

  • Menyembuhkan Luka

“ASI mengandung antibodi imunoglobulin A yang dipercaya ampuh membasmi bakteri dan menyembuhkan infeksi. Jadi, menggunakan ASI untuk mandi anak juga bisa menyembuhkan luka gigitan serangga atau luka lainnya,” ujar dr. Arina.

2 dari 3 halaman

Cara Mencampur ASI untuk Mandi Bayi

Bukan dengan cara mengolesi ASI atau memandikan bayi dengan ASI secara langsung, tapi ada beberapa proses persiapannya, seperti:

  • Siapkan bak berisi air suam-suam kuku.
  • Tuangkan 2-3 plastik ASIP ke dalam bak, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Rendam badan bayi dengan air tersebut selama 10-15 menit.
  • Gosok badan anak dengan lembut, lalu usapkan juga ke kulit yang memiliki luka.
  • Bilas dengan air bersih (suam-suam kuku).
  • Keringkan bayi dengan handuk.
  • Oleskan losion bayi untuk memaksimalkan perlindungan kulit.

“Anda cukup memandikan bayi dengan ASI sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Sebelum berniat memandikan bayi dengan ASI, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter anak,” tutup dr. Arina.

Jadi, jangan langsung buang kelebihan ASI yang Anda punya, ya. Lakukan konsultasi dengan dokter anak lewat fitur Chat Premium di aplikasi Klikdokter, lebih praktis!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar