Sukses

Waspada, Garam Bisa Sebabkan Libido Menurun!

Garam memang bisa membuat cita rasa makanan jadi lebih menarik. Sayangnya, si asin ini juga bisa menjadi penyebab gairah seksual menurun, lho!

Garam seakan tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Memang, si asin ini dibutuhkan dalam kadar tertentu untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang malah mengonsumsi garam secara berlebihan. Apakah Anda salah satunya? 

Jika ya, Anda sebaiknya berhati-hati. Pasalnya, kebanyakan makan garam dapat menyebabkan penurunan gairah seksual, lho!

1 dari 3 halaman

Ini Cara Garam Menurunkan Gairah Seksual

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), batasan porsi garam untuk orang-orang yang  sehat adalah 1 sendok makan atau 6 gram dalam sehari. 

Jika Anda lalai alias mengonsumsi garam lebih dari batasan tersebut, salah satu risiko yang bisa dialami adalah penurunan gairah seksual. 

Menurut dr. Atika, garam memiliki hubungan yang erat dengan peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Kondisi ini adalah awal mula terjadinya gangguan aliran darah ke berbagai area di tubuh, tak terkecuali organ genital.

“Kondisi tekanan darah yang tinggi menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah ke berbagai area di tubuh, salah satunya panggul,” kata dr. Atika.

“Jika alirah darah ke panggul mengalami gangguan, maka penis dan organ genital lainnya juga berisiko tinggi kekurangan pasokan darah. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan penurunan gairah seksual,” sambungnya.

Berlandas pada alasan yang sama, dr. Atika juga mengungkapkan mengenai fakta mengapa pria dengan penyakit hipertensi lebih mungkin untuk mengalami disfungsi ereksi — tidak bisa melakukan atau mempertahankan ereksi.

Atas dasar itu, Anda disarankan untuk mulai memerhatikan asupan garam sehari-hari. Jangan sampai berlebih dan mengalami penurunan gairah seksual, yang pada gilirannya bisa menyebabkan gangguan dalam hubungan berumah tangga.

Artikel Lainnya: Pakai Aromaterapi Berikut Ini untuk Meningkatkan Gairah Seksual

Adapun beberapa tanda tubuh kelebihan garam yang mesti Anda ketahui, yaitu:

  • Merasa haus terus-menerus
  • Sering berkemih
  • Perut bermasalah
  • Terjadi pembengkakan di berbagai area tubuh

Tidak hanya itu, ada pula gejala-gejala lain yang bisa Anda alami akibat kelebihan garam. Baca selengkapnya di sini (Sederet Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam bagi Kesehatan).

2 dari 3 halaman

Tips Agar Gairah Seksual Tetap Optimal

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan agar bisa memiliki gairah seksual yang optimal adalah dengan membatasi asupan garam sehari-hari. Selain itu, Anda juga mesti membatasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh.

“Makanan dengan kolesterol tinggi dan lemak jenuh berkaitan dengan penurunan gairah seksual. Ini karena makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan pembentukan plak aterosklerosis yang dapat menyumbat aliran darah,” ujar dr. Atika.

“Tanpa alirah darah yang cukup ke area kelamin, gairah seksual tidak mampu terbangkitkan dengan sempurna,” lanjutnya.

Artikel Lainnya: Pengaruh Stres pada Libido Pria

Selain yang telah disebutkan, Anda juga mesti menghindari beberapa makanan lain yang terbukti dapat menurunkan gairah seksual. Baca selengkapnya di sini (6 Makanan Penyebab Gairah Seksual Menurun).

Apakah cukup hanya dengan itu? Tentu saja tidak. Ada pula hal-hal lain yang mesti Anda terapkan agar gairah seksual bisa tetap optimal. Menurut dr. Atika, berikut ini adalah hal-hal yang dimaksud:

  • Terapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang. Isi menu dengan sayur dan buah-buahan segar.
  • Menjaga kadar tekanan darah, kolesterol, dan gula darah tetap di rentang optimal dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.
  • Lakukan olahraga secara rutin dan teratur.
  • Hindari rokok, apapun alasannya.
  • Cukup istirahat, dengan tidur malam selama 8 jam dalam sehari.
  • Kelola stres dengan baik. Caranya, lakukan hobi positif yang disenangi, bercerita dengan rekan yang dipercaya, atau berkonsultasi pada psikolog.

Jika gairah seksual masih tetap rendah setelah melakukan berbagai upaya, ini tandanya  Anda mesti segera berobat ke dokter.

Tujuannya adalah untuk mencari tahu penyebab utama penurunan gairah seksual yang Anda alami dan cara terbaik untuk mengatasinya.

Sekarang Anda sudah tahu fakta mengenai garam yang benar-benar mampu menurunkan gairah seksual, bukan? Mulailah untuk membatasi asupan garam dan membenahi gaya hidup maupun pola makan, agar seksualitas dalam berumah tangga bisa tetap terjaga.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai dampak garam atau makanan penurun libido lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi secara langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar