Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mata Silinder Tapi Ogah Pakai Kacamata? Hati-hati Bisa Komplikasi!

Mata Silinder Tapi Ogah Pakai Kacamata? Hati-hati Bisa Komplikasi!

Buat yang merasa silindernya belum parah banget dan menolak pakai kacamata, sebaiknya pikir ulang. Sebab, komplikasi mata silinder ini mengintai Anda!

Berbeda dengan mata minus atau mata plus, gejala dari mata silinder memang awalnya tidak begitu terasa. Itulah yang kadang bikin penderita mata silinder malas pakai bantuan kacamata untuk melihat lebih jelas.

Padahal, lama-kelamaan, gejalanya bisa muncul makin parah, lho! Dimulai dari pandangan kian kabur, sering sakit kepala, hingga komplikasi lainnya!

1 dari 3 halaman

Komplikasi Mata Silinder akibat Tak Pakai Kacamata

Masalah mata silinder atau astigmatisme merupakan salah satu jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan penglihatan jarak jauh dan jarak dekat yang kabur, bahkan sensitif terhadap cahaya, khususnya di malam hari.

Semua keluhan yang dirasakan ini disebabkan oleh kelengkungan kornea mata yang tidak merata. 

Kacamata sendiri pada dasarnya tidak dapat menyembuhkan gangguan penglihatan apa pun, termasuk mata silinder. 

Hanya saja, penggunaan kacamata lensa silindris dapat membantu penderitanya beraktivitas dengan lebih baik.

Selain itu, ukuran silinder pun tidak bertambah tinggi terlalu cepat karena mata tidak dipaksa bekerja keras tanpa bantuan. 

Di sisi lain, kalau Anda mengabaikan penggunaan kacamata, dr. Arina Heidyana membenarkan adanya komplikasi mata silinder. Adapun komplikasi astigmatisme yang dapat dirasakan, antara lain:

  1. Makin Sulit Melihat dan Sering Sakit Kepala 

Menyipitkan mata, sering sakit kepala, mengucek mata, dan kelelahan adalah ciri-ciri yang menandakan bahwa Anda sebenarnya sangat membutuhkan kacamata. 

Tidak memakai kacamata akan mengganggu kehidupan sehari-hari karena Anda mungkin menabrak atau tersandung sesuatu, tidak mampu mengidentifikasi, hingga kesulitan membaca atau melihat di malam hari. 

  1. Berisiko Tinggi Alami Kecelakaan

Hampir 90 persen kemampuan reaksi seseorang saat mengemudi bergantung pada penglihatan.

Ketika seseorang yang punya masalah mata silinder berkendara tanpa mengenakan kacamata, mereka menempatkan diri sendiri dan orang lain pada risiko kecelakaan yang jauh lebih besar! 

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Mata Merah yang Paling Sering

  1. Mata Malas

Masalah mata silinder hanya dimiliki salah satu mata? Hati-hati, kondisi tersebut berpotensi menimbulkan mata malas!

Bukan mengantuk, mata malas adalah penurunan kemampuan melihat pada salah satu mata yang disebabkan oleh perkembangan daya lihat yang tidak normal ketika bayi atau anak-anak.

Mata malas bisa disebabkan oleh adanya masalah daya lihat yang mengganti jalur saraf di antara retina, yakni yang ada di belakang mata, dan juga otak. Dalam dunia medis, ini disebut amblyopia.

Adapun gejala dari mata malas antara lain:

  • Mata jadi juling dan sering menutup. 
  • Memiringkan posisi kepala saat melihat sesuatu.
  • Mata yang mengarah ke luar ataupun dalam.
  • Kedua mata terlihat tidak dapat koordinasi dengan baik.
  • Persepsi kedalaman yang buruk.

Komplikasi mata silinder di atas tidak akan terjadi jika sumber masalahnya dibantu oleh penggunaan kacamata ataupun lensa kontak korektif.

Apabila kondisinya sudah parah (sudah juling), mungkin dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani prosedur pembedahan untuk memperbaiki otot mata. 

Artikel Lainnya: Adakah Batasan Mata Minus untuk Melakukan Lasik?

2 dari 3 halaman

Daripada Membiarkan Tak Pakai Kacamata, Lebih Baik Lakukan Ini!

Ada alasan tertentu mengapa seseorang enggan pakai kacamata meski dirinya memiliki masalah kesehatan. 

Bukan sengaja membiarkan diri untuk merasakan komplikasi mata silinder. Namun, rasa tidak nyaman (nyeri dan pegal di batang hidup atau di belakang telinga) hingga tidak percaya diri memang bisa membuat orang pakai kacamata. 

Jika memang begitu, lebih baik lakukan dua tindakan ini supaya komplikasi astigmatisme tidak terjadi dan penglihatan bisa meningkat:

  • Operasi

Tindakan operasi, seperti LASIK atau PRK mampu memodifikasi bentuk kornea sehingga penglihatan jelas secara permanen bisa Anda dapatkan.

  • Ortokeratologi

Ini merupakan metode penggunaan lensa kontak kaku (ada durasinya) untuk memperbaiki lengkungan kornea mata Anda. Sama seperti operasi, penglihatan yang lebih baik bisa Anda dapatkan tanpa harus pakai kacamata. 

Itu dia penjelasan tentang komplikasi mata silinder. Bila Anda masih ada pertanyaan tentang akibat mata silinder tidak memakai kacamata atau gangguan penglihatan lainnya, tanyakan langsung pada dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar