Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ternyata Kulit Mangga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

Ternyata Kulit Mangga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

Anda mungkin kerap membuang kulit mangga, dan mengonsumsi dagingnya saja. Tapi, yang tak banyak diketahui, ada manfaat kulit mangga untuk tubuh, lho!

Rasa manis-asam ditambah tekstur yang lembut membuat mangga jadi pilihan buah sehari-hari. Belum lagi kalau bicara soal kandungan nutrisinya yang segudang, dijamin Anda tak bakalan ragu lagi mengonsumsinya.

Tapi rupanya kulit mangga juga punya manfaat untuk kesehatan, lho. Jadi jangan keburu underestimate dulu. Yuk, simak kandungan dan manfaat kulit mangga yang tidak terduga ini.

1 dari 3 halaman

Kandungan dan Manfaat Kulit Mangga

Apa saja nutrisi di dalam buah mangga mungkin sudah banyak diketahui. Antara lain sumber serat, mineral (seperti tembaga dan potasium); sekaligus juga vitamin (antara lain A, C, E, dan B6) yang tinggi.

Namun, rahasia yang sesungguhnya ternyata ada di kulitnya. Meskipun sering dibuang, kulit mangga sebenarnya dapat dimakan karena sangat bergizi.

Penelitian menunjukkan, kulit mangga antara lain mengandung serat, senyawa polifenol dan karotenoid, vitamin C dan E.

Studi membuktikan, rutin mengonsumsi antioksidan dan nutrisi tersebut berisiko lebih rendah kena kanker jenis tertentu, gangguan jantung, serta penurunan kognitif.

Penelitian juga menemukan, ekstrak kulit mangga punya sifat penangkal radikal bebas dan juga antikanker yang lebih kuat dibandingkan dagingnya.

Selanjutnya, kulit buah mangga juga merupakan sumber triterpenoid dan triterpen. Kedua senyawa ini menunjukkan kemampuan sebagai senyawa antidiabetes dan juga antikanker.

Kulit mangga juga diketahui kaya akan serat, yang penting untuk sistem pencernaan Anda. Kandungan serat tersebut bahkan mencapai 45–78% dari total berat kulit mangga.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 3 halaman

Bermanfaat, tapi Waspadai Risikonya!

Beberapa manfaat kulit mangga untuk tubuh di atas turut diamini dr. Devia Irine Putri. Akan tetapi, dia menegaskan Anda juga tetap harus waspada pada risiko setelah mengonsumsi kulit mangga.

Beberapa risiko tersebut antara lain:

  • Teksturnya Keras dan Rasanya yang Pahit

Meskipun buah mangga manis, lembut dan enak dimakan, tekstur dan rasa kulit mangga mungkin tampak tidak menggugah selera.

"Sebenarnya bisa saja makan kulit mangga, tapi ada banyak kerugiannya. Pertama, rasa pahit atau tidak enak dan teksturnya yang lebih keras,” ujar dr. Devia Irine.

  • Bisa Jadi Ada Sisa Residu Peptisida

Ada banyak buah dan sayuran yang memanfaatkan pestisida untuk mengusir serangga perusak tanaman.

Mengupas dan membuang kulitnya bermanfaat untuk mencegah bahan kimia yang berpotensi berbahaya ini masuk ke dalam tubuh.

Nah, di kulit mangga bisa jadi ada juga pestisida yang menempel," ujar dr. Devia Irine.

Padahal, paparan pestisida dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Antara lain, peningkatan risiko kanker tertentu dan gangguan reproduksi.

Meskipun demikian, efek ini utamanya terkait dengan pajanan pestisida dalam intensitas tinggi dan rutin, bukan jumlah kecil dari konsumsi kulit buah.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

  • Picu Timbulnya Reaksi Alergi

Dokter Devia juga mengingatkan kalau sisa getah yang ada di kulit mangga bisa menyebabkan reaksi alergi.

Kulit mangga mengandung urushiol, yakni sejenis campuran bahan kimia organik. Bahan ini  bisa meningkatkan respons alergi pada beberapa orang, terutama mereka yang sensitif.

Selain itu, makan kulit mangga juga dapat membuat ruam-ruam merah yang gatal dan pembengkakan pada kulit. 

Untuk menghindari risiko di atas, Anda bisa memastikan telah mencuci bersih buah mangga sebelum dikonsumsi agar peptisida hilang. Sementara, kalau Anda memang punya riwayat alergi, sebaiknya hindari mengonsumsi kulit buah mangga.

Masih ada pertanyaan seputar buah mangga, nutrisi dan efek buruknya? Tanyakan saja pada dokter melalui fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar