Sukses

Coba Cium, Ini Cara Atasi Bau Mulut Saat Pakai Masker!

Selama COVID-19 belum teratasi, kita masih harus pakai masker. Sayangnya suka tercium bau mulut yang tidak sedap, mari ketahui cara mengatasinya.

Selama pandemi virus corona, kita diwajibkan pakai masker. Akan tetapi, pemakaian masker biasanya memunculkan masalah, seperti jerawat dan mudah berkeringat. Satu masalah lainnya ialah pemakaian masker membuat bau mulut makin tercium.

Pasti tidak enak mencium bau mulut sendiri karena memakai masker. Tandanya, ada masalah di rongga mulut. Sudah saatnya untuk merawat rongga mulut dengan baik!

1 dari 4 halaman

Benarkah Pakai Masker Terlalu Lama Sebabkan Bau Mulut?

"Untung pakai masker". Mungkin ini yang terlintas pertama kali saat Anda menyadari bau mulut tidak sedap. Bau mulut memang tidak tercium oleh orang lain, namun diri sendiri dapat merasakannya.

Hal ini dihubungkan oleh banyak orang yang beranggapan bahwa pemakaian masker bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. 

Mereka umumnya punya teori yaitu mulut yang tertutup akhirnya membuat sirkulasi udara di mulut menjadi tidak baik. Ternyata, teori itu tidak benar. Memakai masker tidak menyebabkan bau mulut.

Menurut dr. Devia Irine Putri, bau mulut akibat penggunaan masker biasanya karena kita jadi bisa mencium bau mulut sendiri. Sebenarnya, penyebabnya tetap karena masalah kebersihan mulut.

"Masker tidak membuat bau mulut. Biasanya bau mulut karena kebersihan di rongga mulut tidak terjaga dan ada infeksi gigi. Karena menggunakan masker, maka kita bisa mencium napas kita sendiri," ungkap dr. Devia.

Artikel Lainnya: Penyebab Bau Mulut yang Bukan Berasal dari Dalam Mulut

2 dari 4 halaman

Penyebab Lain Bau Mulut Saat Pakai Masker

Selain masalah-masalah di atas, penyebab bau mulut sangat beragam. Bisa juga karena gigi berlubang. Kalau sudah mendapati masalah ini, sebaiknya harus segera ke dokter gigi

"Kalau ada masalah di rongga mulut misalnya gigi berlubang, harus ditangani dokter gigi," jelas dr. Devia.

Kondisi lainnya yang berhubungan dengan bau mulut adalah kondisi sinusitis. Masalah ini bisa muncul kalau sinusnya sedang kambuh. Baunya lumayan menyengat dan orang lain yang menciumnya akan sangat terganggu.

Coba bayangkan kalau sampai mencium aroma napas sendiri saat memakai masker, tentu mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri.

"Kondisi seperti sinusitis juga sering membuat bau mulut. Jadi kalau sinusitis sedang kambuh, sebaiknya diobati dan dijaga kebersihan rongga mulut dan hidungnya," tegas dr. Devia. 

Saran dari dr. Devia, kalau sinusitis sedang kambuh, makanlah permen mint. Bisa juga menggunakan semprotan mulut untuk membantu mengurangi bau mulut.

Artikel Lainnya: Hilangkan Bau Mulut dengan 5 Cara Alami dan Efektif Ini

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bau Mulut

Kalau bau mulut sudah tidak karuan dan tercium saat memakai masker, sebaiknya Anda tahu cara mengatasinya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan menurut dr. Devia, antara lain:

  1. Rajin minum air putih.
  2. Rajin menjaga kebersihan mulut. Sikat gigi, jangan lupa bersihkan sela-sela gigi dengan floss, lalu bersihkan lidah juga.
  3. Kumur-kumur dengan mouthwash.
  4. Perhatikan pola makan. Makanan yang mengandung bawang, petai, jengkol, dan durian biasanya membuat bau mulut menjadi menyengat.
  5. Hindari merokok.

Dengan cara-cara di atas, bau mulut biasanya akan teratasi dengan baik. Jangan cuma lakukan sekali-kali, harus rutin. Kalau rutin, masalah bau mulut lebih cepat teratasi.

Rutin juga untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi. Enam bulan sekali harus ke dokter gigi supaya lebih cepat diobati bila ada masalah pada gigi. Pakai fitur Chat Premium dengan dokter gigi pilihan Anda di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi lebih praktis seputar gigi dan mulut.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar