Kehamilan

Ibu Operasi Caesar, Siapkan Sejumlah Barang Ini Sebelum Persalinan

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 19 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sudah siap dengan koper persalinan di dalam mobil? Tunggu dulu, pastikan 16 barang ini sudah ada dalam koper bila Anda hendak jalani operasi caesar.

Ibu Operasi Caesar, Siapkan Sejumlah Barang Ini Sebelum Persalinan

Apakah waktu persalinan Anda sudah dekat? Bila iya, bukan hanya kesehatan fisik dan mental saja yang perlu disiapkan. Koper berisi perlengkapan bersalin pun harus sudah siap di kamar atau mobil. 

Dengan persiapan yang matang, Anda akan jadi lebih tenang ketika menghadapi persalinan nantinya.

Apalagi bagi ibu yang memutuskan untuk melahirkan dengan cara operasi caesar. Tas persalinan perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Pasalnya, barang-barang yang dibutuhkan ibu hamil yang operasi caesar akan lebih banyak ketimbang ibu hamil yang melakukan persalinan normal.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum operasi caesar? Berikut ini perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan caesar:

1. Dokumen Data Diri

Hal pertama yang perlu dibawa ke rumah sakit saat melahirkan caesar adalah dokumen data diri, yang terdiri atas KTP, kartu asuransi atau BPJS, dan buku kehamilan.

Ibu juga diminta membawa surat-surat penting lainnya terkait kesehatan bila memang punya riwayat penyakit.

Jangan lupa, pastikan dokumen tersebut berada pada posisi yang mudah dijangkau.

Artikel Lainnya: Persiapan Persalinan Prematur yang Mesti Diketahui Ibu Baru

2. Pakaian Longgar

Karena ibu akan menginap di rumah sakit untuk beberapa hari, pastikan membawa pakaian lebih untuk menginap.

Siapkan pakaian longgar dan memiliki kancing. Pasalnya, baju jenis ini memudahkan ibu saat menyusui dan beraktivitas selama di rumah sakit.

3. Bra dan Pakaian Dalam

Selain pakaian longgar, bra dan pakaian dalam juga jangan sampai ketinggalan untuk dibawa ke rumah sakit saat akan melahirkan caesar. Lebih baik pilihlah model khusus ibu menyusui. 

4. Perlengkapan Mandi

Rumah sakit biasanya sudah menyiapkan alat mandi untuk ibu pasca melahirkan. Namun, belum tentu nyaman dan cocok untuk ibu.

Karenanya, peralatan mandi sendiri menjadi perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan caesar.

5. Peralatan Menyusui

Ibu juga diminta membawa peralatan menyusui seperti breast pad, alat pumping, bantal menyusui, dan sebagainya. 

6. Korset

Korset menjadi salah satu perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan caesar. Karena setelah tindakan, ibu biasanya diminta untuk menggunakan korset.

Lamanya penggunaan korset bergantung pada seberapa cepat luka jahit kering dan keputusan dokter. Diskusikan dengan dokter untuk penggunaan korset tersebut.

Artikel Lainnya: Kenali 6 Cara Mengatasi Cemas Menjelang Persalinan

7. Perlengkapan Elektronik

Jangan lupa untuk membawa charger ponsel dan perlengkapan elektronik, seperti kabel ekstensi dan power bank.

8. Beberapa Kaus Kaki

Perlengkapan ibu yang melahirkan caesar berikutnya adalah kaus kaki. Ya, ibu juga perlu beberapa pasang kaus kaki untuk membuat lebih nyaman saat berada di rumah sakit.

9. Camilan Favorit Ibu

Tidak ada salahnya menyiapkan beberapa camilan favorit ibu untuk persediaan selama di rumah sakit. Hal ini bermanfaat, baik sebelum tindakan maupun setelah tindakan.

Ngemil dapat mengurangi ketegangan sebelum menjalani operasi caesar. Sementara setelah melahirkan, konsumsi camilan dapat menjadi sumber energi yang cepat setelah semalaman ibu menyusui.

10. Sepasang Sandal yang Nyaman

Rumah sakit biasanya akan menyediakan sandal untuk Anda. Akan tetapi, tak ada yang salah jika Anda mempersiapkannya sendiri agar lebih nyaman dan sesuai dengan preferensi Anda.

11. Baju Bayi

Perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan caesar mencakup baju bayi. Pastikan Anda membawa baju bayi yang nyaman untuk newborn.

Penting diingat, hindari baju yang sulit dikenakan agar bayi merasa lebih nyaman dan tidak rewel.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil, Ini Ciri-Ciri Kepala Bayi Sudah Masuk Panggul

12. Topi, Kaus Tangan, dan Kaus Kaki Bayi

Ketiga barang ini juga bisa dibawa dalam tas persalinan. Fungsinya adalah untuk menghangatkan tubuh bayi. 

13. Selimut Bayi

Selimut bayi menjadi salah satu perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan caesar. Rumah sakit biasanya sudah mempersiapkannya. Namun kalau Anda tidak nyaman dengan selimut dari rumah sakit, mungkin Anda perlu membawa selimut dari rumah.

14. Kain Lampin atau Bedong Bayi

Kain lampin atau bedong juga sebaiknya ada dalam tas persalinan. Ibu bisa bawa kain lampin dengan jumlah lebih banyak. 

15. Gendongan atau Carrier Bayi

Anda juga perlu menyiapkan gendongan atau carrier bayi untuk menggendongnya saat pulang dari rumah sakit. Mintalah perawat atau bidan di rumah sakit untuk mengajari Anda menggendong bayi dengan tepat.

16. Popok Bayi

Barang terakhir yang perlu dibawa ke rumah sakit saat melahirkan caesar adalah popok bayi. Jumlah yang disiapkan sebaiknya lebih banyak agar mengantisipasi kekurangan popok selama di rumah sakit. 

Itulah beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan caesar. Jangan lupa untuk selalu berdiskusi dengan dokter kandungan Anda sebelum persalinan dilaksanakan.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar persalinan dan kesehatan kehamilan? Anda dapat berkonsultasi kepada dokter melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[WA]

operasi caesarPersalinan

Konsultasi Dokter Terkait