Sukses

Amankah Memberi Susu Kedelai untuk Anak?

Kondisi alergi terhadap susu sapi bisa saja terjadi pada Anak. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan asupan susu kedelai.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif pada bayi sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan pemberian MPASI. Apabila pemberian ASI sudah dihentikan dan anak cenderung mengalami alergi susu sapi, maka konsumsi susu formula kedelai dijadikan pilihan.

Susu formula kedelai adalah susu berbahan kedelai yang kemudian ditambahkan zat-zat khusus untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil. Umumnya susu formula kedelai difortifikasi dengan zat besi dan zink. AA dan DHA juga biasa ditambahkan ke dalamnya.

1 dari 3 halaman

Kandungan dan Manfaat Susu Formula Kedelai

Susu formula kedelai untuk anak mengandung banyak nutrisi penting, antara lain:

  • Protein

Susu formula kedelai mengandung protein nabati sehingga kadar kalorinya lebih rendah dibandingkan protein hewani.

  • Vitamin D

Vitamin D juga biasa ditambahkan dalam susu formula kedelai. Zat ini dibutuhkan untuk kesehatan tulang Si Kecil.

  • Zink

Susu formula kedelai memiliki kandungan zink yang diperlukan untuk mengoptimalisasikan pertumbuhan dan daya tahan tubuh.

  • Omega-3

Susu formula kedelai kaya akan kandungan omega-3, yaitu lemak baik yang membantu mencegah peningkatan kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Isoflavon

Isoflavon yang terkandung di dalam susu formula kedelai disebut juga sebagai fitoestrogen karena memiliki fungsi seperti hormon estrogen (tetapi dengan kadar yang lebih rendah).

Karena itu, konsumsi susu formula kedelai dapat membantu menurunkan risiko pengeroposan tulang, serta mencegah radikal bebas penyebab berbagai gangguan kesehatan.

Dari berbagai kandungan nutrisi tersebut, berikut beberapa manfaat yang tersimpan dalam susu formula kedelai:

  • Membantu penyerapan kalsium tulang
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengoptimalkan pertumbuhan anak
  • Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung anak
  • Mencegah peningkatan kolesterol jahat
  • Membantu metabolisme lemak anak
  • Mencegah gangguan pencernaan akibat alergi susu sapi atau intoleransi laktosa
2 dari 3 halaman

Bolehkah Anak Minum Susu Formula Kedelai?

Mengingat banyaknya kandungan nutrisi dalam susu formula kedelai, tentu saja susu ini aman dikonsumsi oleh beragam usia, termasuk anak.

Menurut pedoman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait alergi susu sapi, bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI dan memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu sapi, dapat diberikan susu formula kedelai sebagai pengganti susu formula sapi.

Salah satu susu formula kedelai yang bisa menjadi pilihan adalah susu Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Triple Bifidus untuk usia 1-3 tahun, dan Morinaga Chil School Soya MoriCare Triple Bifidus untuk usia 3-12 tahun.

Morinaga Soya merupakan satu-satunya formula pertumbuhan s di Indonesia yang mengandung nutrisi sinbiotik (probiotik dan prebiotik) dengan tiga strain Bifidobacteria, yaitu Bifidobacteria longum BB536, Bifidobacteria infantis M-63, dan Bifidobacteria breve M-16V yang dapat mengurangi gejala alergi Si Kecil.

Tak hanya itu, Morinaga Soya mengandung 100 persen isolat protein kedelai berkualitas tinggi bebas laktosa, mengandung DHA, AA, omega-3, omega-6, fosfolipid, kolin, dan zat besi yang diperlukan untuk optimalkan nutrisi pertumbuhan otak Si Kecil.

Difortifikasi juga dengan asam amino esensial, seperti metionin dan sistin, sehingga memiliki nutrisi protein yang setara dengan susu sapi .

Di samping itu, untuk pencegahan alergi dan atopik pada Si Kecil, Morinaga juga mempunyai susu parsial hidrolisat protein atau Morinaga PHP. Berikut ini manfaat dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam Morinaga P-HP:

  • Protein Whey dan Casein yang Terhidrolisis Parsial

Protein whey dan casein sangat bermanfaat untuk pertumbuhan Si Kecil sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.

  • Kolin

Kolin berperan untuk perkembangan otak sehingga dapat membantu anak dalam menyimpan daya ingat, berpikir dan berbicara.

  • Asam Linoleat dan Asam Alfa-Linoleat

Asam lemak esensial ini berfungsi untuk membantu meneruskan rangsangan antar sel saraf.

  • AHA dan DHA

Nutrisi AHA dan DHA mampu membantu perkembangan otak dan mata anak.

  • Zat Besi

Asupan zat besi dapat membantu mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.

  • Nutrisi Sinbiotik

Asupan sinbiotik membantu mendukung sistem pertahanan tubuh ganda.

Morinaga PHP adalah satu-satunya formula susu alergi di Indonesia yang mengandung nutrisi sinbiotik (probiotik dan prebiotik) dengan tiga strain Bifidobacteria, yaitu Bifidobacteria longum BB536, Bifidobacteria infantis M-63, dan Bifidobacteria breve M-16V yang dapat mengurangi gejala alergi Si Kecil.

Pilihlah susu yang sesuai untuk Si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Apabila anak mengalami gangguan alergi susu sapi dan intoleransi laktosa, susu formula kedelai dapat dijadikan pilihan karena tidak mengandung lemak jenuh dan rendah kolesterol. 

Sementara untuk mencegah alergi dan atopik pada Si Kecil, Bunda dapat memberikan susu protein terhidrolisis parsial. Semoga bermanfaat, ya!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar