Sukses

Payudara Gatal Pertanda Kangen, Benarkah?

Pernahkah kamu dengar anggapan kalau payudara gatal itu artinya ada yang kangen? Nah, apakah anggapan tersebut fakta atau hanya mitos belaka?

Dirindukan oleh orang terkasih adalah sebuah sensasi bahagia yang dirasakan oleh mereka yang sedang jatuh cinta. Sayangnya, tidak setiap orang yang rindu atau kangen mampu mengungkapkan hal yang dirasakannya.

Beberapa orang percaya, rasa kangen yang tertahan mampu menimbulkan sebuah reaksi pada pasangan. 

Salah satu reaksi yang dimaksud di sini adalah payudara terasa gatal. Hal ini khususnya dirasakan oleh wanita yang katanya sedang dirindukan oleh pasangan prianya. 

Apa benar payudara gatal artinya ada yang kangen? Ini fakta atau hanya mitos belaka? Baca penjelasannya di bawah ini, ya.  

Artikel lainnya: Puting Payudara Sering Gatal, Ini Penyebabnya

Benarkah Payudara Gatal Tanda Ada yang Kangen?

Terdapat banyak fenomena di luar akal sehat yang sering dihubungkan dengan rasa kangen atau rindu. Beberapa di antaranya adalah bulu mata rontok dan kuping berdenging.

Namun, fenomena rasa kangen pada pasangan yang paling spektakuler adalah munculnya rasa gatal di payudara. 

Anggapan kalau payudara gatal artinya ada yang kangen hanyalah mitos belaka.  Jadi kamu tidak perlu percaya lagi dengan hal tersebut. 

Tidak ada hubungan antara payudara gatal dengan rasa kangen dari orang lain. Sama halnya dengan bulu mata rontok dan kuping berdenging, yang sama-sama tidak ada kaitannya dengan rasa kangen dari orang lain.

Sensasi gatal yang terjadi pada payudara diakibatkan oleh pelepasan senyawa kimia yang disebut histamin. 

Selain itu, rasa gatal bisa muncul akibat gesekan antara kulit dengan pakaian atau penggunaan bra yang tidak sesuai ukuran. 

Artikel lainnya: Ciri-ciri Kanker Payudara Sesuai Stadium

Penyebab Payudara Gatal yang Harus Diwaspadai

Sekarang kamu tahu, ‘kan, kalau payudara gatal artinya ada yang kangen itu cuma mitos belaka!

Bukannya rasa kangen, payudara gatal sebenarnya dapat menjadi tanda dari adanya masalah kesehatan tertentu. 

Berikut adalah beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab payudara gatal: 

  • Reaksi Alergi

Reaksi alergi bisa terjadi saat tubuh terpapar oleh alergen. Selain menyebabkan payudara gatal, reaksi alergi biasanya turut menimbulkan kulit kemerahan, kering, bersisik, dan mudah berdarah.

  • Kulit Kering 

Kulit di sekitar payudara yang kering dapat memicu terjadinya iritasi dan rasa gatal. Kondisi ini terlihat dari penampakan kulit yang berkerak atau pecah-pecah. 

  • Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada wanita menjelang menstruasi atau saat kehamilan, juga bisa menjadi penyebab puting gatal. Selama tidak menyebabkan gangguan yang terlalu signifikan, kondisi ini tergolong normal. 

Artikel lainnya: Kulit Payudara Kering dan Gatal, Waspada Penyakit Paget 

  • Gigitan Serangga

Tanpa disadari, serangga bisa saja menyusup ke dalam pakaian atau bra dan menggigit bagian tersebut. Salah satu gejala yang muncul akibat kondisi ini adalah kulit gatal, kemerahan, hingga bentol-bentol.

  • Kelembapan yang Buruk

Kelembapan bagian payudara yang tidak terjaga dapat memicu munculnya infeksi jamur.  Dalam kondisi ini, keluhan yang bisa muncul adalah sensasi gatal dan kemerahan yang umumnya terlihat melingkar.

  • Kanker

Payudara gatal juga bisa terjadi akibat adanya kanker. Secara umum, kanker payudara ditandai dengan munculnya keluhan penyerta. Misalnya, puting masuk ke dalam, adanya luka di puting, perubahan bentuk payudara, dll. 

Anggapan kalau payudara gatal artinya ada yang kangen hanyalah sebuah mitos yang tidak perlu kamu percaya. 

Namun, kamu harus waspada jika gatal tersebut diikuti oleh keluhan lain yang mengganggu. Misal, puting masuk ke dalam, keluar cairan abnormal dari puting, atau perubahan bentuk payudara. 

Apabila memiliki tanda dan gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh. 

Masih penasaran dengan topik ini atau kamu punya masalah kesehatan yang ingin ditanyakan? Jangan sungkan chat dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar