Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Puting Payudara Wanita Berubah Hitam, Apakah Tanda Penyakit?

Puting Payudara Wanita Berubah Hitam, Apakah Tanda Penyakit?

Puting hitam pada payudara wanita juga bisa terjadi akibat masalah kesehatan tertentu, Simak penyebab puting payudara menghitam berikut ini.

Beberapa bagian tubuh manusia bersifat dinamis atau dapat mengalami perubahan, salah satunya puting payudara. Organ yang satu ini dapat mengalami perubahan dari segi ukuran, tekstur permukaan, jumlah kelenjar, dan warnanya. 

Berbicara soal warna, apakah Anda pernah mengalami puting payudara yang berubah menjadi warna hitam? Puting payudara hitam dapat dijumpai pada beberapa kasus. 

Kabar baiknya, tidak semua kondisi yang mendasarinya dikategorikan masalah medis. Nah, agar Anda menjadi lebih waspada, ada baiknya untuk menyimak beberapa penyebab puting hitam berikut ini:

1. Pubertas

Ketika seorang perempuan mengalami pubertas, terjadi lonjakan hormon estrogen dan progesteron yang membawa banyak perubahan di tubuhnya. Salah satunya terkait dengan perubahan warna puting payudara. 

Bila warna kulit dasar Anda cenderung lebih gelap, maka pubertas bisa menyebabkan perubahan puting payudara menjadi sedikit lebih hitam atau gelap dibandingkan sebelumnya. 

Artikel Lainnya: Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Payudara

1 dari 4 halaman

2. Menstruasi

Perubahan hormonal seperti menstruasi bisa menyebabkan warna puting menjadi lebih gelap, namun hal ini hanya terjadi sementara.

Perubahan hormonal bisa meningkatkan kadar estrogen dan progesteron yang membuat puting payudara menjadi lebih sensitif dan mengalami perubahan warna menjadi kehitaman. 

Ketika hormon-hormon ini kembali stabil kadarnya maka perubahan warna puting juga akan kembali terjadi.

3. Kehamilan

Kehamilan merupakan kondisi yang ditandai dengan perombakan besar-besaran dalam kadar hormon wanita Anda. Salah satu yang tidak luput akibat perombakan tersebut adalah perubahan warna puting payudara. 

Kehamilan dapat menyebabkan puting payudara semakin menggelap (tergantung warna pigmen kulit). Mendekati momen persalinan, puting payudara umumnya akan bertambah gelap atau hitam. 

Artikel Lainnya: Hindari Pemeriksaan Payudara saat Haid, Ini Alasannya

2 dari 4 halaman

4. Menyusui

Perubahan hormon tidak hanya terjadi saat sedang menstruasi atau hamil, tapi juga ketika menyusui. Perubahan warna puting payudara pada kasus ini biasanya didorong oleh produksi air susu ibu (ASI) yang meningkat.

Perubahan warna puting payudara pada ibu menyusui dipercaya dapat ‘menuntun’ bayi menemukan lokasi keluarnya ASI ketika hendak menyusui.

5. Konsumsi Pil KB

Hal lain yang juga menjadi penyebab area puting hitam adalah penggunaan atau konsumsi pil KB. 

Faktanya, pil KB mengandung hormon progesteron yang menyebabkan perubahan warna di area puting payudara.

6. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah peningkatan kadar pigmen atau zat warna di puting payudara. Ada beberapa kondisi yang dapat mendasari hal ini, salah satunya mengidap penyakit diabetes. 

Kondisi hiperpigmentasi yang didasari diabetes sering disebut sebagai acanthosis nigricans

Namun, dalam kondisi ini, hiperpigmentasi atau penggelapan warna kulit akan terjadi di banyak bagian tubuh, di antaranya ketiak, leher, dan lipatan paha. 

Artikel Lainnya: Payudara Besar atau Kecil, Mana yang Lebih Ideal?

3 dari 4 halaman

7. Pertumbuhan Rambut

Ketika cukup banyak rambut hitam yang tumbuh di sekitar puting, ada kemungkinan warna puting payudara cenderung terlihat lebih gelap atau hitam. 

Oleh karena itu, lebatnya pertumbuhan rambut tubuh juga menjadi penyebab puting payudara menghitam.

8. Kanker

Ketika mengalami kanker payudara, maka bagian payudara yang juga terkena dampaknya adalah area puting.

Biasanya puting akan berubah warna menjadi hitam, berkerak, terkelupas, nyeri, gatal, serta sering terasa kesemutan. Dari puting payudara kemungkinan dapat keluar cairan.

Anda patut curiga mengalami kanker payudara jika mengalami puting hitam yang disertai gejala penurunan berat badan tanpa sebab, badan mudah lemas, sulit makan, nyeri payudara, muncul benjolan, dan sebagainya.

Bila disimpulkan, tidak semua penyebab puting hitam dikategorikan sebagai hal yang berbahaya. 

Akan tetapi, Anda perlu berobat ke dokter khususnya jika memiliki puting payudara hitam yang disertai dengan keluhan nyeri, keluar cairan dari puting, luka puting tidak kunjung sembuh, puting masuk ke dalam, dan muncul benjolan.

Puting yang berubah menjadi hitam dan disertai dengan gejala-gejala mengganggu bisa menjadi tanda dari adanya masalah kesehatan tertentu. 

Nah, bila mengalami perubahan puting payudara menjadi hitam ditambah keluhan penyerta lain, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter langsung melalui fitur Live Chat KlikDokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar