Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Puting Payudara Wanita Berubah Hitam, Apakah Tanda Penyakit?

Puting Payudara Wanita Berubah Hitam, Apakah Tanda Penyakit?

Benarkah puting hitam pada payudara wanita sudah pasti disebabkan oleh penyakit? Jangan salah kaprah, cari tahu infonya di sini terlebih dulu.

Seiring bertambah usia, ada saja perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh manusia. Mulai dari tekstur kulit yang mengerut, rambut yang beruban, sampai area puting payudara yang menghitam.

Di antara perubahan-perubahan tersebut, salah satu yang menarik untuk dicari tahu lebih lanjut adalah puting yang menghitam pada payudara wanita.

Ada yang bilang, kondisi ini terjadi secara normal. Namun, tak sedikit pula yang percaya bahwa penyebab area puting hitam disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu.

1 dari 3 halaman

Puting Payudara Menghitam, Berbahayakah?

Berdasarkan penjelasan dr. Devia Irine Putri, puting payudara wanita merupakan sebuah bagian kulit kecil tempat keluarnya ASI.

Ada sekitar 15 sampai 20 saluran kelenjar susu. Hal ini membuat bentuk dan warna puting payudara wanita bisa berbeda-beda. Puting hitam memang jadi salah satu hal yang sangat wajar terjadi pada wanita.

“Tidak ada yang salah dari perubahan warna pada puting payudara. Biasanya, perubahan hormonal jadi salah satu penyebab puting Anda menghitam. Misalnya, kehamilan, menstruasi, dan sebagainya,” ujar dr. Devia.

Selain itu, perubahan warna pada puting payudara juga bisa dipengaruhi oleh penumpukan pigmen.

Dalam hal ini, yang berperan adalah pigmen cokelat (eumelanin) dan pigmen merah (pheomelanin). Keduanya ditentukan berdasarkan kondisi genetik masing-masing individu.

Contoh, wanita dengan kulit putih cenderung memiliki puting berwarna pucat. Sementara itu, wanita dengan kulit lebih gelap cenderung memiliki puting berwarna hitam.

Namun, ini bukanlah aturan pasti, karena perubahan pada puting juga dapat dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Artikel Lainnya: Puting Berdarah, Ini yang Wajib Anda Tahu

2 dari 3 halaman

Apa Saja Penyebab Puting Hitam pada Payudara Wanita?

Meski normal dialami oleh banyak wanita, tapi ada beberapa kondisi yang cukup mengkhawatirkan jika puting payudara berubah jadi hitam. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Menstruasi dan Kehamilan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perubahan hormonal seperti menstruasi dan kehamilan memang bisa menyebabkan warna puting menjadi lebih gelap.

Perubahan hormonal ini bisa meningkatkan kadar estrogen dan progesteron yang membuat puting payudara jadi lebih sensitif dan mengalami perubahan warna menjadi kehitaman.

2. Menyusui

Perubahan hormon tidak hanya terjadi saat Anda sedang menstruasi atau hamil, tapi juga ketika menyusui. Perubahan warna puting payudara pada aksus ini biasanya didorong akibat produksi ASI yang meningkat.

Perubahan warna puting payudara pada ibu menyusui dipercaya dapat ‘menuntun’ bayi menemukan lokasi keluarnya ASI ketika hendak menyusui.

3. Konsumsi Pil KB

Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab area puting hitam adalah penggunaan pil KB. Faktanya, pil KB mengandung hormon progestin yang bisa menyebabkan perubahan warna pada area puting payudara.

4. Hiperpigmentasi

“Hiperpigmentasi atau perubahan warna puting lebih gelap bisa juga mengarah ke kondisi diabetes. Hal ini sering juga disebut acanthosis nigricans,” ungkap dr. Devia.

“Tapi tidak hanya di puting saja, biasanya ada perubahan warna lebih gelap juga terjadi di sekitar ketiak, leher, dan lipat paha. Jadi, jangan langsung asumsikan Anda menderita diabetes tanpa melihat gejala lainnya,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Waspada, 11 Gejala Awal Kanker Payudara Selain Benjolan

5. Kanker

Ketika seseorang mengalami kanker payudara, maka bagian payudara yang juga kena dampaknya adalah area puting. Biasanya puting akan berubah warna menjadi hitam, berkerak, terkelupas, nyeri, gatal, serta sering terasa kesemutan.

Anda patut curiga mengalami kanker payudara jika mengalami puting hitam yang juga disertai dengan gejala penurunan bobot tubuh tanpa sebab, badan mudah lemas, sulit makan, nyeri pada bagian payudara, muncul benjolan, dan sebagainya.

Memang, tidak semua penyebab puting hitam dikategorikan sebagai hal yang berbahaya.

Akan tetapi, Anda tetap perlu berobat ke dokter khususnya jika memiliki puting payudara hitam yang disertai dengan keluhan nyeri, keluar cairan dari puting, luka puting tidak kunjung sembuh, puting masuk ke dalam, dan muncul benjolan.

Adanya puting hitam yang disertai dengan gejala-gejala menganggu bisa menjadi tanda dari adanya masalah kesehatan tertentu.

Jangan tunda untuk segera berobat ke dokter karena deteksi dan penanganan sejak dini mampu meningkatkan peluang untuk sembuh.

Jangan terlalu khawatir dengan kondisi puting payudara hitam. Selama kondisi tersebut tidak disertai dengan keluhan yang menganggu, puting hitam masih tergolong sebagai kondisi normal.

Jika Anda ragu dan mencurigai adanya kondisi puting hitam yang berbahaya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar