Sukses

Mau Tingkatkan Kesuburan, Cobalah Makan Ikan

Bukan cuma rutin berhubungan seks, makan ikan juga bermanfaat untuk kesuburan, lho! Kok bisa, ya? Mari kita simak penjelasannya di sini.

Rutin berhubungan seksual memang penting untuk meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan. Akan tetapi, asupan makanan nggak kalah penting untuk diperhatikan!

Makanan sehat dan padat gizi diketahui dapat pula meningkatkan kesuburan. Salah satunya adalah ikan. Bagaimana makan ikan bermanfaat untuk kesuburan?

Hubungan Makan Ikan dan Kesuburan

Berdasarkan sebuah studi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat, Rutin memasukan ikan laut ke dalam menu harian dapat membantu kesuburan pasutri.

Temuan lainnya, makan ikan ternyata juga dapat meningkatkan kehidupan seksual. Selama setahun, para peneliti melacak 501 pasangan di Michigan dan Texas, AS, yang sedang mencoba hamil.

Hasilnya, pasangan yang makan 4 ons ikan dua kali seminggu atau lebih, 22 persen lebih sering melakukan hubungan seksual.

Selanjutnya, 92 persen pasangan yang makan ikan lebih banyak, hamil setelah setahun, dibandingkan dengan 79 persen pasangan yang makan ikan lebih sedikit.

"Studi kami menunjukkan bahwa ikan laut dapat memiliki banyak manfaat reproduksi, termasuk peluang mendapatkan kehamilan dan aktivitas seksual yang lebih sering," kata penulis studi, Audrey Gaskins, dari Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston, AS

Hubungan makan ikan dan peluang kehamilan tidak dapat dijelaskan hanya dengan lebih seringnya melakukan hubungan seks.

Namun, peneliti berpendapat, konsumsi ikan laut kemungkinan dapat mempengaruhi kualitas semen, ovulasi, atau embrio.

Terkait temuan makan ikan untuk kesuburan tersebut, dr. Arina Heidyana juga berpendapat serupa.

“Betul, ikan bermanfaat untuk kesuburan karena kandungan omega-3-nya yang tinggi. Selain itu ikan juga mengandung banyak protein, vitamin D, vitamin B12, zinc, dan selenium,” tutur dr. Arina.

“Kandungan vitamin dan mineral tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, menyeimbangkan hormon seks, meningkatkan gairah seks, dan juga meningkatkan kualitas sperma,” dia menambahkan.

Artikel Lainnya: Jenis Ikan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

1 dari 3 halaman

Jenis Ikan untuk Tingkatkan Peluang Hamil

Nah, sekarang Anda tertarik makan ikan untuk meningkatkan kesuburan atau memperbaiki kehidupan seksual Anda? Menurut dr. Arina beberapa jenis ikan agar cepat hamil adalah berikut ini.

1. Salmon

Jenis ikan untuk kesuburan yang pertama adalah salmon. Yup, ikan salmon mengandung banyak sekali omega 3 dan Essential fatty acid.

Kedua kandungan ini memang bermanfaat terhadap fertilitas. Ikan berlemak ini juga merupakan sumber selenium dan vitamin D.

Selenium adalah vitamin penting untuk sperma yang sehat. Sementara, kadar vitamin D yang rendah kerap dikaitkan dengan kesuburan yang buruk pada pria dan wanita.

2. Sarden

Mirip seperti salmon, ikan sarden juga kaya akan asam lemak omega-3. Ikan berlemak ini juga diperlengkapi dengan 14,8 gram protein, serta sejumlah vitamin dan mineral.

Misalnya, zat besi, kalsium, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, magnesium, seng. Tentunya, ini baik untuk tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Panduan Makan Seafood untuk Ibu Hamil

3. Mackerel

Tergolong ikan berlemak, mackerel tak pernah ketinggalan di-mention sebagai asupan yang baik untuk kesuburan pria dan wanita. Ikan ini kaya omega-3, asam lemak esensial (EFA), yang penting untuk kesuburan pria dan wanita.

Selain omega-3, mackerel antara lain juga mengandung vitamin B6, B12, selenium, seng, dan kalium.

4. Lele

Tak perlu ikan mewah dengan harga selangit untuk mendongkrak kesuburan. Ikan lele rupanya bisa membantu Anda!

Ya, ikan lele adalah asupan rendah kalori dan sodium. Ikan ini juga kaya asam lemak omega-3 237 mg dan omega-6 337 mg.

Selain itu, lele juga mengandung protein tinggi, serta sejumlah vitamin dan mineral. Misalnya, Vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium.

Artikel Lainnya: Makanan yang Harus Dijauhi Ibu Hamil untuk Hindari Risiko Keguguran

2 dari 3 halaman

Cara Maksimalkan Manfaat Ikan untuk Kesuburan

Selain jenisnya, jumlah konsumsi ikan juga sebaiknya diperhatikan supaya manfaat ikan untuk kesuburan Anda dan pasangan semakin optimal.

Dokter Arina menyarankan, “Jumlah yang disarankan itu 2-3 ons per minggu. Hal ini juga untuk meminimalkan efek kandungan merkuri yang bisa jadi ada di dalam ikan laut.”

Untuk cara memasaknya, mengolah ikan dengan cara mengukus dianggap sebagai salah satu cara yang baik karena nutrisi tidak banyak terbuang.

Dengan teknik ini, nutrisi yang ada di dalam ikan tidak banyak hilang atau terbuang selama proses memasak.

Selain dikukus, Anda juga dapat menumis, memanggang, dan poaching (memasak dalam air kaldu ikan dicampur bumbu dasar).

Meski demikian, ini bukan berarti Anda merasa konsumsi ikan sudah cukup untuk mendapatkan kehamilan.

Anda tentu perlu mengombinasikannya dengan berhubungan intim secara teratur (terutama di masa subur), tidak stres, gaya hidup aktif, serta menjauhi rokok dan alkohol.

Mau berkonsultasi seputar kesuburan dan tips meningkatkan kehidupan seksual Anda? Unduh aplikasi Klikdokter untuk bertanya langsung pada dokter di fitur LiveChat 24 Jam.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar