Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Makan Singkong Bisa Tingkatkan Peluang Hamil Kembar?

Benarkah Makan Singkong Bisa Tingkatkan Peluang Hamil Kembar?

Selain bermanfaat sebagai sumber karbohidrat alternatif, singkong katanya juga bisa meningkatkan peluang hamil anak kembar. Apa kata medis?

Singkong dikenal sebagai makanan yang identik untuk menemani waktu senja hari. Apalagi kalau didampingi kopi atau teh manis hangat, rasanya singkong menjadi kudapan paling pas untuk mengakhiri hari!

Selain menjadi camilan favorit, katanya singkong juga dapat  memengaruhi kesuburan agar bisa hamil kembar.

Benarkah makan singkong bisa bikin ibu hamil anak kembar? Simak penjelasan dokter berikut ini.

1 dari 3 halaman

Makan Singkong Tingkatkan Peluang Hamil Anak Kembar?

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri menjelaskan bahwa kehamilan kembar hanya bisa terjadi akibat adanya hyperovulation. Hyperovulation adalah pelepasan sel telur matang lebih dari satu. 

Nah, di dalam singkong atau jenis umbi-umbian lainnya (misalnya, bengkuang) terdapat zat diosgenin yang diyakini dapat membantu pelepasan sel telur lebih dari satu. 

Jika ada dua sel telur atau lebih dilepaskan oleh ovarium, kemungkinan kehamilan fraternal (hamil kembar tidak identik) dapat terjadi.

"Di dalam singkong mengandung zat diosgenin yang bisa diubah jadi progesteron atau estrogen. Kehamilan kembar bisa terjadi jika ada yang namanya hyperovulation, yang artinya terjadi pelepasan sel telur matang lebih dari satu," ujar dr. Devia.

"Tapi, hyperovulation seringkali disebabkan adanya faktor genetik atau penggunaan obat hormonal yang diresepkan dokter kandungan," sambungnya.

Artikel Lainnya: Kiat agar Sukses Hamil Kembar

Menurut dr. Devia makan singkong belum tentu atau pasti dapat membuat ibu hamil kembar. Selain karena penelitian medisnya belum jelas, hamil kembar sejatinya dipengaruhi besar oleh faktor genetik atau keturunan.

"Bukti bahwa singkong bisa meningkatkan peluang hamil anak kembar sebenarnya belum pasti, karena belum ada penelitian medis lebih lanjut.  Namun, secara umum bisa saja terjadi, meski tidak diketahui seberapa banyak dosis makan singkong yang dibutuhkan. Karena kalau mau hamil kembar harus dipengaruhi genetik juga," tegas dr. Devia Irine.

Artikel Lainnya: Risiko yang Mungkin Dialami Ibu Hamil Kembar

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Peluang Hamil Anak Kembar dengan Cara Ini

Apabila masih ingin mendapatkan kehamilan kembar, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara lain yang bisa dicoba agar bisa hamil anak kembar. Berikut di antaranya:

1. Hamil Bayi Tabung atau IVF

Metode IVF (in vitro fertilization) atau bayi tabung, seringkali ditempuh pasutri yang ingin memiliki buah hati lebih dari satu. "Selain karena faktor genetik, kalau ingin anak kembar bisa pakai metode IVF atau hamil bayi tabung," jelas dr. Devia Irine.

Proses ini dilakukan dengan memilih beberapa sel telur dan sperma dengan kualitas baik. Setelah itu, dokter akan meletakan beberapa embrio (hasil bersatunya sperma dan sel telur) di dalam rahim ibu. 

Nah, jika ada lebih dari satu atau dua embrio yang berhasil berkembang di dalam perut, ada kemungkinan ibu bisa hamil anak kembar.

2. Minum Obat

Mekanismenya masih sama seperti yang dijelaskan di atas, jika ada lebih dari satu sel telur yang diproduksi, ibu bisa hamil anak kembar. 

Untuk itu, Anda bisa meminta dokter meresepkan obat agar sel telur bisa dilepaskan lebih dari satu. Umumnya dokter akan meresepkan obat suntik clomiphene dan gonadotropin yang bekerja merangsang hormon tubuh agar berovulasi (pelepasan sel telur) lebih banyak. 

Dengan begini, akan ada kemungkinan lebih dari satu sel telur yang dibuahi sperma. Ingat, obat kesuburan ini hanya bisa digunakan di bawah pengawasan dokter kandungan, ya!

Selain cara di atas, memenuhi kebutuhan dengan makan makanan bergizi mengandung asam folat, karbohidrat kompleks, kalsium, dan zat besi juga bisa mendukung agar ibu hamil kembar. 

Selalu konsultasikan kepada dokter kandungan tentang rencana kehamilan Anda. nantinya, dokter dapat memberikan saran atau metode terbaik agar keinginan hamil kembar Anda tercapai. 

Apabila masih ada pertanyaan tentang mitos makan singkong dan upaya hamil kembar, jangan ragu ajukan pertanyaan ke dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar