Sukses

Menilik Manfaat Berendam Air Es Ala Lady Gaga

Lady Gaga punya ritual menarik untuk mengembalikan kondisi tubuh usai konser, yakni berendam air es. Menurut medis, apa saja sebenarnya manfaat aktivitas tersebut?

Bintang pop dunia, Lady Gaga, punya kebiasaan unik setelah melakukan konser. Pelantun lagu Poker Face ini mengaku hobi berendam dalam air es selama 5-10 menit guna mengembalikan kondisi tubuhnya seperti sedia kala.

Bagi beberapa orang, berendam air es terasa sangat menyakitkan. Akan tetapi, aktivitas tersebut rupanya sudah menjadi hal lumrah di dunia para atlet. 

Pasalnya, sebagian besar atlet melakukan pemulihan tubuh selepas bertanding atau latihan dengan berendam air es. Metode ini juga disebut dengan cryotherapy.

1 dari 4 halaman

Mengungkap Manfaat Berendam Air Es Bagi Kesehatan

Menurut dr. Devia Irine Putri, berendam air es sangat bagus untuk membantu mengembalikan fokus. Satu hal yang juga baik dari akitivitas ini adalah bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

"Sensasi dingin dari air atau es juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Karena itu, aktivitas ini juga bisa jadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan,” ujar dr. Devia. 

Lebih lanjut, dr. Devia mengatakan berendam air es juga baik untuk kesehatan kulit. Jika menggunakan air hangat, minyak alami di kulit akan lebih mudah terangkat sehingga rentan menyebabkan kekeringan.

Lantas, bagaimana dengan manfaat berendam air es yang katanya bisa bantu mengembalikan kondisi tubuh usai aktivitas berat? Hal ini ternyata benar adanya. 

Berendam air es terbukti dapat membantu mengembalikan kondisi otot seperti semula dalam waktu yang relatif singkat. 

"Mandi, berendam, atau kompres es juga bisa membantu mengatasi nyeri dan peradangan di otot, terutama jika baru saja mengalami cedera," jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Mengungkap Efek Negatif Minum Air Es

2 dari 4 halaman

Berendam Air Es Juga Punya Efek Samping

Berendam air es juga punya efek samping yang bisa merugikan kesehatan tubuh. Salah satu yang mesti diwaspadai adalah hipotermia atau kedinginan luar biasa yang pada kondisi tertentu bisa menyebabkan kematian mendadak.

"Berendam air es yang dilakukan terlalu lama dapat menyebabkan hipotermia. Kalau sudah terjadi, pembuluh darah akan menyempit sehingga aliran darah ke organ-organ penting menjadi kurang," kata dr. Devia.

"Hipotermia yang terjadi pada orang dengan masalah di jantung atau pembuluh darah bisa saja menyebabkan kematian mendadak," sambungnya.

Artikel Lainnya: Minum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?

3 dari 4 halaman

Tips Aman Berendam Air Es

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda yang ingin berendam air es sebaiknya tidak melakukannya lebih dari 5 atau 10 menit. 

“Pada dasarnya, 5 menit adalah waktu yang disarankan untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa dari berendam air dingin atau es,” tutur dr. Devia.

Selama terapi, bergeraklah jika memungkinkan untuk menjaga sirkulasi darah tetap optimal. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian kering dan longgar saat berendam, dan siapkan pakaian ganti yang dapat membantu mengembalikan suhu tubuh ke rentang optimal setelah berendam.

Jika memang Anda ragu, namun sangat ingin mendapatkan manfaat sehat dari berendam air es, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter. 

Hal ini dilakukan untuk mencari tahu apakah kondisi tubuh Anda benar-benar memungkinkan untuk berendam air es guna merasakan manfaat sehatnya.

Manfaat berendam air es bagi kesehatan ternyata benar-benar ada. Namun, aktivitas tersebut juga bisa mendatangkan efek samping yang sangat merugikan. apalagi jika dilakukan sembarangan.

Oleh karena itu, sebelum Anda mencoba berendam air es guna merasakan manfaat sehatnya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar