Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makanan Serba Saus Mentai, Amankah untuk Kesehatan Pencernaan?

Makanan Serba Saus Mentai, Amankah untuk Kesehatan Pencernaan?

Saus mentai sedang booming belakangan ini. Tapi, apakah saus jenis ini aman untuk pencernaan? Simak apa penuturan dokter tentang makanan hits ini

Sepertinya tema makanan di tahun 2020 ini serba dioles saus mentai, ya! Dimsum mentai, sushi mentai, nasi ayam mentai, atau mi shirataki mentai, sedang banyak dijual di restoran dan media sosial.

Sudah begini, siapa yang tidak ngiler untuk mencicipinya? Ya, makanan fusion yang mengandung tobiko atau telur ikan kod ini punya campuran rasa gurih, asam, sedikit pedas, dan teksturnya creamy. 

Meski populer dan lezat, tak jarang beberapa orang khawatir dengan efek samping saus mentai bagi pencernaan. 

Ini karena beberapa orang mengaku mual setelah melahap makanan ala Jepang tersebut. Lantas, benarkah makan saus mentai bisa bikin sakit pencernaan? 

Artikel Lainnya: 5 Dampak Buruk Terlalu Sering Konsumsi Kecap Manis

1 dari 4 halaman

Menilik Kandungan Saus Mentai

Perlu diketahui, bahan dasar saus mentai adalah mayones. Saus mayones ini terbuat dari campuran cuka, telur, perasan lemon, dan MSG (monosodium glutamate). 

Untuk membuatnya menjadi agak pedas, biasanya saus mentai diberikan bubuk cabe atau bubuk paprika menurut penjelasan dr. Devia Irine Putri.

"Saus mentai dibuat dari campuran mayones, telur, cuka, sedikit perasan lemon, dan MSG. Mentai biasanya juga ditambah saus sambal atau bubuk cabai, lalu ditambah tobiko," jelasnya. 

Dari beberapa bahan yang disebutkan, sebenarnya kandungan saus mentai sendiri masih dalam batas wajar dan aman untuk dikonsumsi. 

Kalau dibuat dengan takaran bahan yang pas, saus mentai tidak perlu dihindari atau dicap sebagai makanan berbahaya.

"Untuk kandungannya sendiri, sebenarnya mayones sudah memiliki protein, lemak, vitamin baik untuk tubuh. Sedangkan tobiko (telur ikan) kaya akan protein dan omega 3," kata dr. Devia Irine. 

Sementara itu untuk penambahan MSG, menurut dr. Devia tidak akan ada efek samping yang muncul jika takarannya tak berlebihan.

"Kecuali kalau berlebihan dan memang sensitif terhadap MSG bisa menyebabkan keluhan sakit kepala, berdebar-debar, mual, dan keringat dingin," ungkapnya.

Artikel Lainnya: Catat, Ini 8 Superfood yang Bakal Booming di Tahun 2020

2 dari 4 halaman

Apakah Saus Mentai Berbahaya untuk Pencernaan?

Banyak orang menuduh rasa asam lemon dan mayones itu berbahaya, terutama bagi mereka yang punya masalah pencernaan. 

Menanggapi ini, dr. Devia menyangkal bahwa mayones dan lemon punya efek buruk bagi pencernaan. Hanya saja, jika dikonsumsi secara berlebihan, saus mentai yang kental memang akan menyebabkan perut terasa tidak nyaman. 

"Sebenarnya tidak bermasalah dengan bahan-bahan tersebut dan aman dikonsumsi dalam jumlah wajar. Kalau berlebihan mungkin lebih menyebabkan mual mengingat saus tersebut lebih kental jadi terasa 'eneg'," kata dr. Devia Irine.

Artikel Lainnya: Terlalu Banyak Makan Wasabi Picu Serangan Jantung?

3 dari 4 halaman

Buat Saus Mentai Sendiri di Rumah, Yuk!

Jika mau lebih aman lagi, Anda bisa membuat mayonesnya sendiri daripada harus membeli yang instan. Dengan membuat sendiri, takaran bahan, kebersihan, dan rasanya akan terjamin lezat karena sesuai selera Anda. Berikut resepnya:

Bahan-bahan:

  • 500 gr mayones.
  • 150 gr sambal pedas manis.
  • 2 sdm bubuk paprika/cabai bubuk/saus sambal. 
  • 150 gr tobiko.
  • 1 sdm madu.
  • 2 sdt air lemon.
  • 2 sdt kecap asin. 

Anda hanya perlu mencampur semua bahan di atas. Diaduk sampai rata dan cicip rasanya, apakah kurang asin atau pedas? Tinggal tambahkan lagi bahannya sesuai selera sampai pas di lidah.

Anda bisa mengoleskan saus mentai ini ke nasi, mi shirataki, dimsum, atau bahkan telur dadar!  Mudah, kan?

Untuk tahu informasi seberapa sehat makanan yang sedang hits seperti saus mentai satu ini, baca terus artikel yang tersedia di aplikasi Klikdokter, ya. Sedangkan untuk konsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur LiveChat 24 jam.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar