Sukses

Benarkah Nonton Bioskop Bikin Imun Bertambah?

Dengan alasan bisa meningkatkan imun tubuh, bioskop akan kembali dibuka. Namun, benarkah kegiatan ini bisa naikkan daya tahan tubuh secara signifikan?

Tarik ulur pembukaan bioskop mulai ada titik cerah. Belum lama ini, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menyatakan bioskop bisa dibuka karena meningkatkan imun tubuh.

Sempat mau dibuka pada Mei lalu, bioskop sampai sekarang belum juga beroperasi. Tercatat ratusan film tertahan penayangannya karena bioskop ditutup sejak awal pandemi virus corona.

Salah satu alasan mengapa bioskop masih menjadi tempat yang ditutup adalah karena berisiko menularkan COVID-19. Ruangan tertutup dengan jarak antar orang yang rapat menjadi alasannya.

Namun, pemerintah kini punya pandangan lain soal bioskop. Wiku mengaku pemerintah akan segera membuka bioskop karena dianggap cukup berkontribusi pada kesehatan manusia.

Artikel Lainnya: Ini Cara Daya Tahan Tubuh Bereaksi saat Kena Virus Corona! 

1 dari 4 halaman

Pembukaan Bioskop Dianggap Bikin Imun Bertambah

Wiku menjelaskan, orang yang datang nonton film di bioskop akan mendapatkan perasaan senang. Akhirnya, akan memengaruhi imunitas tubuh. Sederhananya, daya tahan tubuh akan naik ketika nonton bioskop.

"Bioskop memang memiliki karakteristik dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat. Karena, imunitas masyarakat bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental fisik masyarakat juga ditingkatkan," ujar Wiku dalam konferensi pers melalui channel YouTube BNPB, Rabu (26/8).

Satgas penanganan COVID-19 langsung gerak cepat untuk mempersiapkan pembukaan bioskop, termasuk menyusun protokol kesehatan yang sangat ketat.

Namun, Wiku menegaskan rencana ini bukan tanpa evaluasi dan monitoring yang ketat dari Satgas Penanganan COVID-19. Nantinya, semua akan dipantau supaya benar-benar aman dan berjalan lancar.

Artikel Lainnya: Bentengi Diri dari Corona, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Polinacea 

2 dari 4 halaman

Nonton Film Memang Bisa Bikin Imun Bertambah, Tapi…

Keputusan pemerintah dan Satgas Penanganan COVID-19 yang akan mengizinkan bioskop kembali beroperasi sebenarnya cukup mengejutkan banyak pihak.

Banyak yang menilai, pembukaan bioskop tidak ada urgensinya sama sekali. Di samping itu, bioskop yang merupakan tempat indoor juga sangat berisiko terhadap penyebaran COVID-19.

Soal ini, diakui oleh dr. Devia Irine Putri kalau menonton bioskop memang menimbulkan perasaan senang, yang pada akhirnya bisa meningkatkan imun tubuh. Tapi, pembukaan bioskop saat ini baginya bukan waktu yang tepat.

"Lebih banyak risikonya. Memang perasaan senang, tidak stres, dan pikiran positif bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, kalau pembukaan bioskop di saat-saat sekarang sepertinya tidak tepat, mengingat kasus COVID-19 banyak juga yang tanpa gejala. Apalagi ruangan tertutup juga berpotensi menyebarkan virus," tegas dr. Devia.

Dokter Devia mencontohkan, tempat tertutup sangat berisiko menyebarkan virus corona. Menurutnya, kita harus berkaca pada kasus di Korea Selatan. Saat itu ada super spreader, yakni satu pengunjung yang menginfeksi 56 orang, tepatnya di kedai kopi.

Kalau ada satu super spreader di satu tempat, sangat berbahaya. Coba bayangkan bila ada satu super spreader di bioskop, bukankah itu berbahaya?

Tidak sedikit yang sepakat bahwa rencana pembukaan bioskop lebih banyak mudaratnya dibanding manfaatnya. Kalau sudah begini, sebaiknya ide ini dikaji ulang secara serius.

Artikel Lainnya: The New Normal: Daya Tahan Tubuh Menjadi Prioritas

3 dari 4 halaman

Tak Cuma Nonton Bioskop, Cara Ini Juga Bisa Bikin Imun Bertambah!

 

Untuk bisa bikin imun bertambah, sebenarnya tidak cuma dengan nonton bioskop. Dibanding cari yang berisiko, cobalah untuk melakukan hal-hal yang lebih aman.

Sebagai gantinya, cobalah untuk tetap di rumah dengan menyaksikan film dari aplikasi penyedia streaming. Tentu lebih aman dibanding pergi ke bioskop. Waktu dan tenaga juga tidak terbuang banyak bila nonton filmnya di rumah dibanding pergi ke bioskop.

Satu hal lagi, Anda juga bisa meningkatkan imun tubuh dengan karaoke di rumah, lho. Tidak usah repot menyiapkan mic dan sound system yang lengkap, cukup bernyanyi saja dan lepaskan suara Anda!

Menurut penelitian para ilmuwan di Universitas Frankfurt, Jerman, yang diterbitkan dalam US Journal of Behavioral Medicine, bernyanyi dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Para ilmuwan menguji darah orang-orang yang bernyanyi dalam paduan suara profesional sebelum dan setelah latihan enam puluh menit.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa konsentrasi imunoglobin A (protein dalam sistem kekebalan yang berfungsi sebagai antibodi) dan hidrokortison (hormon antistres) meningkat secara signifikan selama latihan.

Sementara, seminggu kemudian, ketika mereka meminta anggota paduan suara untuk mendengarkan sebuah rekaman tanpa bernyanyi, mereka menemukan komposisi darah mereka tidak berubah secara signifikan.

Para peneliti kemudian menyimpulkan, bernyanyi tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tetapi juga meningkatkan suasana hati seseorang.

Tidak perlu suara bagus, yang penting bernyanyilah sesuai keinginan. Kegiatan ini sudah lebih dari cukup untuk memperkuat sistem imun tubuh Anda.

Lebih baik #DiRumahAja, ya! Konsultasi ke dokter juga tidak perlu ke luar rumah dengan fitur Chat Reguler (24 Jam) dan Chat Premium bersama dokter spesialis di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar