Sukses

Teknik Slugging Bikin Wajah Glowing, Benar Tidak Ya?

Ingin punya kulit lembut dan glowing dengan teknik slugging? Sebelum kamu mencobanya, simak dulu penjelasan dari dokter berikut ini!

Wajah bersinar tanpa highlighter dan filter ala Instagram memang sedang diminati. Tak jarang, berbagai metode perawatan dilakukan demi mendapatkan hasil kulit yang demikian. Salah satunya yang sedang naik daun adalah teknik slugging.

Tak perlu beli rangkaian skincare dengan harga selangit. Katanya, manfaat slugging bisa membuat kulit wajah kamu lebih menawan! Apa iya begitu? Adakah efek samping slugging bagi kulit wajah? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Slugging?

Slugging adalah perawatan kulit dengan cara mengoleskan petroleum jelly ke seluruh area wajah, bukan hanya area yang kering. 

Kata “slug” sendiri berarti hewan siput. Namun, cara slugging muka bukan membiarkan siput berada di wajah atau memakai lendirnya (snail mucin) untuk dioleskan ke wajah. Petroleum jelly-lah yang seolah-olah menjadi lendir siput.

Manfaat petroleum jelly diyakini dapat mencegah kulit kehilangan air, yang berujung menyebabkan dehidrasi. Jika kamu rutin melakukan perawatan wajah setiap harinya, teknik slugging bisa diselipkan di akhir tahap perawatan. 

Artikel lainnya: Perawatan Wajah pada Wanita Aktif 

Benarkah Slugging Bermanfaat bagi Wajah?

Manfaat slugging muka adalah membantu meningkatkan kelembapan kulit, mencegah hilangnya air di transepidermal, dan memperbaiki lapisan kulit yang rusak. 

Tak hanya itu, teknik slugging juga dimanfaatkan untuk mengunci produk perawatan wajah yang sebelumnya digunakan, sehingga manfaatnya pun lebih terasa. Itu sebabnya, slugging dianggap membantu kulit tampak kenyal dan sehat.

Penggunaan petroleum jelly sedari lama, terutama untuk kulit tubuh yang kering, memang tak perlu diragukan lagi. Skincare ini umumnya menjadi “senjata ampuh” buat orang-orang yang memiliki kulit sangat kering, terutama yang tinggal di wilayah dingin maupun pemilik kulit eksim yang pecah-pecah.

Kondisi Kulit yang Sebaiknya Menghindari Slugging

Meski memberikan dampak positif pada kulit, tidak semua orang dapat cocok melakukan cara slugging muka. Pasalnya, penggunaan petroleum jelly dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, mudah berjerawat, berkomedo, dan banyak milia, slugging dapat memperburuk kondisi kulit. Karena itu, teknik slugging tidak disarankan.

Artikel lainnya: Jangan Salah, Ini Perawatan Wajah yang Tepat untuk Pria

Perhatikan Ini Sebelum Lakukan Teknik Slugging

Sebelum melakukan slugging, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar manfaatnya dapat terasa:

  • Ketahui Jenis Kulit Kamu

Teknik slugging dianjurkan untuk kulit sangat kering. Jadi, jangan paksakan diri untuk melakukan slugging apabila kamu memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Karena, mungkin saja petroleum jelly akan memperparah kondisi kulit.

  • Lakukan Slugging Saat Malam Hari

Agar tak membuat gerah dan mengganggu penampilan, kamu bisa melakukan cara slugging muka di malam hari. Langkah ini sekaligus membantu mengunci pelembap maupun produk perawatan wajah yang digunakan. 

Keesokannya, bilas wajah dengan bersih. Kamu pun mendapatkan kulit wajah yang lebih lembap dan halus.

  • Lakukan Secara Konsisten

Sebenarnya tidak ada anjuran pasti berapa kali sehari untuk melakukan slugging pada wajah. Hal yang terpenting adalah melakukannya dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang baik, misalnya setiap malam hari. 

Kalau kamu ingin mencoba slugging namun masih ragu-ragu, tidak ada salahnya untuk konsultasi dokter kulit online. Download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan tips skincare lengkap dan aman!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar