Sukses

Teknik Slugging Bikin Wajah Glowing, Benar Tidak Ya?

Mengincar kulit lembut dan glowing dengan teknik slugging? Sebelum Anda benar-benar mencobanya, simak dulu penjelasan dari dokter di bawah ini!

Wajah bersinar tanpa highlighter dan filter ala Instagram memang sedang diminati sebagian besar wanita. Tak jarang, berbagai metode perawatan dilakukan demi mendapatkan hasil kulit yang demikian. Salah satunya dengan teknik slugging.

Tak perlu beli rangkaian skincare dengan harga selangit, konon katanya, teknik slugging bisa membuat kulit wajah Anda lebih menawan! Apa, iya begitu?

1 dari 3 halaman

Apa Itu Teknik Slugging?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana efektivitas dan keamanannya, tentu Anda mesti pahami dulu apa yang dimaksud dengan teknik slugging

Kata slug sendiri berarti hewan siput. Namun, teknik kecantikan yang satu ini bukan membiarkan siput berada di wajah Anda atau memakai lendirnya (snail mucin) untuk dioleskan ke wajah.

Meski slug berarti siput, bahan yang dipakai tidak ada hubungannya dengan siput. Teknik slugging ternyata menggunakan petroleum jelly. Selain mudah ditemukan, harga petroleum jelly juga tak bikin kantong bolong!

Dalam teknik slugging, seseorang akan mengoleskan petroleum jelly ke seluruh area wajah, bukan hanya area yang kering saja. 

Olesan atau lapisan yang dibuat tidak tipis-tipis seperti kita mengoleskan clay mask, tapi harus dibuat tebal sehingga wajah benar-benar terlihat seperti ditutupi lendir. Atas dasar itulah, teknik ini dinamakan slugging. 

Karena repot sekali jika Anda melakukan slugging di pagi, siang, atau sore hari ketika masih beraktivitas, teknik tersebut bisa diterapkan di malam hari sebelum tidur. 

Untuk yang punya kebiasaan mengaplikasikan rangkaian produk perawatan wajah, misalnya 10 step korean skincare routine, lapisan tebal petroleum jelly umumnya dioleskan di wajah sebagai step terakhir (untuk mengunci khasiat skincare sebelumnya). 

Artikel Lainnya: 10 Langkah Merawat Wajah agar Cantik seperti Wanita Korea

2 dari 3 halaman

Bagaimana Efektivitas dan Keamanan Teknik Slugging

Manfaat petroleum jelly untuk kulit tubuh yang kering memang tak perlu diragukan lagi. Perawatan kulit tersebut memang senjata ampuh buat orang-orang yang memiliki kulit sangat kering, terutama yang tinggal di wilayah dingin.

Sebagian review blogger dan vlogger kecantikan mengatakan, mereka puas dengan hasilnya. 

Mereka berpendapat kulit terasa jauh lebih lembut dan cerah daripada sebelumnya. Karena hasil yang positif tersebut, makin banyak orang yang ingin mencoba teknik slugging.

Sayangnya, beauty vlogger bernama Kimera Yvonne menjadi salah orang yang tidak cocok dengan metode tersebut. Bukannya mulus, super lembut, dan glowing, kulitnya justru bruntusan!

Artikel Lainnya: Ini Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!

Ternyata, pakar kulit dan cosmetic surgery expert dari Amerika Serikat, Anthony Youn, MD mengatakan petroleum jelly bukanlah sesuatu yang seharusnya diaplikasikan pada kulit wajah. 

Lewat channel YouTube pribadinya, ia mengatakan petroleum jelly dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat

Hal serupa juga dikatakan dr. Dyah Novita Anggraini. Menurutnya, banyak dermatologis yang tidak merekomendasikan teknik ini, khususnya buat orang-orang yang punya kulit berminyak dan mudah berjerawat. 

Treatment slugging dengan petroleum jelly bersifat komedogenik. Dia juga bisa menutup pori-pori. Jadi, Anda yang mudah berjerawat jika mengaplikasikan teknik ini bisa memperparah kondisinya,” kata dr. Dyah Novita.

Dia menambahkan kalau yang kulitnya sangat kering mungkin bisa digunakan meski belum ada penelitian yang mendukung efektivitasnya. 

Untuk keamanannya, petroleum jelly sebenarnya bahan yang aman buat kulit tubuh. Jika tipe kulit wajah Anda kombinasi, berminyak, dan mudah berjerawat, tidak perlu tergoda dengan informasi yang mengangkat soal manfaat petroleum jelly untuk wajah. 

Ini karena kemungkinan besar, teknik slugging kurang aman dan bisa memperparah komedo dan jerawat Anda!

Masih ada pertanyaan seputar perawat kulit? Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter, ya!

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar