Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Orang yang Pakai Masker Terlihat Lebih Menarik, Ini Kata Psikolog!

Orang yang Pakai Masker Terlihat Lebih Menarik, Ini Kata Psikolog!

Meski yang terlihat hanya mata dan alis saat kita pakai masker, beberapa orang berpendapat, penampilan tersebut justru lebih menarik perhatian. Kok, bisa begitu, ya?

Pada masa pandemi seperti sekarang, pakai masker sudah menjadi sebuah keharusan agar terhindar dari infeksi COVID-19

Sayangnya, masih ada yang tak mau pakai masker. Ini karena selain panas, pakai masker dianggap bisa merusak penampilan mereka. 

Padahal, sebagian pihak merasa sebaliknya. Studi di Pennsylvania, Amerika Serikat, melaporkan orang yang pakai masker justru lebih menarik perhatian, lho! Bagaimana bisa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Studi Terbaru: Pakai Masker Justru Lebih Menarik

Penelitian yang membahas soal daya tarik orang yang pakai masker dilakukan oleh Temple University’s College of Public Health dan University of Pennsylvania, Amerika Serikat dengan judul Beauty and The Mask. 

Penelitian kecil yang dilakukan secara online ini membiarkan 60 wajah (pria dan wanita) dinilai dengan dan tanpa masker. 

Lewat studi tersebut, peneliti ingin menunjukkan pakai masker tak sekadar melindungi Anda dari penyakit menular, melainkan juga bisa untuk meningkatkan kualitas penampilan. 

David Sarwer, salah satu peneliti mengatakan, “Bagi orang-orang yang mungkin khawatir tentang penampilan mereka ketika pakai masker di depan umum, kami sekarang memiliki bukti lain. Pada kenyataannya, orang-orang justru melihat Anda sebagai sosok yang lebih menarik.”

“Ada ‘sinyal’ jelas bahwa kami menemukan wajah orang lain jauh lebih menarik ketika mereka pakai masker. Sebab, kita hanya dapat melihat mata mereka,” tambahnya.

Mereka tidak mencari tahu alasan spesifik kenapa orang-orang lebih memilih foto-foto orang yang pakai masker. 

Artikel Lainnya: Wajib Pakai, Ketahui Cara Mencuci Masker yang Benar

Namun, dari penelitian di atas, ada kecenderungan di mana bagian mata memang sesuatu yang sangat sering membuat kita sangat tertarik dengan orang lain. 

Mata dinilai sebagai salah satu aspek penting dari daya tarik. Dari mata juga, perasaan dan ekspresi seseorang yang paling jujur dapat terlihat atau dirasakan. 

Dalam penelitian tersebut, ditekankan juga fitur wajah yang bentuknya tidak simetris, seperti hidung, leher, bibir,  dan bibir, kurang memiliki daya tarik. 

Namun, ketika hidung, rahang, leher, dan bibir ditutupi masker, wajah seseorang bisa terlihat lebih menarik!

2 dari 4 halaman

Apa Kata Psikolog soal Pakai Masker Bisa Meningkatkan Penampilan?

Ikhsan Bella Persada, M. Psi., Psikolog juga setuju dengan penelitian tersebut, orang yang pakai masker dan hanya memperlihatkan kedua mata menimbulkan kesan misterius, sehingga orang lain bisa  tertarik. 

Psikolog Ikhsan menjelaskan, “Ketika kita pakai masker, hanya bagian mata yang terlihat. Selain bentuk mata seseorang memang indah, mata juga bisa menunjukkan komunikasi non-verbal. Hanya dari tatapan, kita pun sebenarnya bisa tahu apakah orang itu suka atau tidak dengan kita.”

“Saat kita pakai masker dan hanya terlihat matanya saja, kesempatan untuk saling kontak mata dengan orang lain menjadi lebih besar. Kontak mata itu sendiri bisa menimbulkan hasrat tertentu. Namun, kembali lagi bagaimana individu tersebut menginterpretasikannya, ya,” tambahnya melengkapi. 

Artikel Lainnya: Benarkah Mengenakan Masker di Dagu Bisa Membahayakan Kesehatan?

3 dari 4 halaman

Tips Pakai Masker Agar Terlihat Semakin Menarik!

Sebuah tips tambahan buat Anda yang patuh pakai masker di masa pandemi. Buat pria yang pakai masker, agar mata terlihat semakin menarik, pastikan tidak ada kotoran mata yang tertinggal. Hindari begadang yang tak perlu supaya mata tidak nampak merah. 

Sementara untuk wanita, selain memastikan bahwa tidak ada kotoran di ujung mata, riasan makeup juga bisa dipusatkan di area mata. 

Misalnya, yang tadinya tidak pernah pakai eyeshadow, cobalah untuk memulaskan eyeshadow berwarna natural, seperti cokelat, peach, atau rose gold, intinya yang senada dengan warna kelopak mata Anda. 

Jika ingin mempertegas garis mata, eyeliner juga bisa digunakan. Untuk Anda yang ingin mempertebal dan melentikkan bulu mata, jepit dulu bulu mata dengan penjepit khusus, lalu sapukan maskara pada bulu mata bagian atas. 

Bulu mata di bagian bawah juga bisa disapukan maskara, tetapi sedikit saja agar tidak luntur ke mana-mana. Rapikan alis dengan pensil alis atau brow mascara sesuai bentuk wajah dan jangan terlalu tebal pulasannya.

Jangan lupa untuk mengganti masker kain setiap 4 jam sekali, dan 8 jam sekali untuk masker bedah. 

Dengan adanya penelitian terbaru yang melaporkan bahwa orang yang pakai masker itu terlihat lebih menarik, maka tak ada alasan lagi, kan, bagi Anda untuk tak pakai masker di ruang publik? 

Apabila masih ada pertanyaan seputar masker. COVID-19, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar