HomeInfo SehatKulitManfaat Masker Pisang untuk Rambut Sehat dan Kuat
Kulit

Manfaat Masker Pisang untuk Rambut Sehat dan Kuat

dr. Adeline Jaclyn, 04 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak hanya bikin tubuh berenergi, buah pisang juga bagus untuk kesehatan rambut. Yuk, cari tahu manfaat masker pisang untuk rambut di sini!

Manfaat Masker Pisang untuk Rambut Sehat dan Kuat

Punya rambut kuat, sehat, dan bebas ketombe pasti bikin percaya diri. Untuk mewujudkannya, banyak sekali cara yang dapat dilakukan, mulai dari pakai hair tonic hingga masker rambut yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Karena itu, tak ada salahnya membuat DIY hair mask dari buah pisang. Ada banyak sekali manfaat masker pisang untuk rambut. Simak selengkapnya di artikel berikut ini, ya. 

Manfaat Masker Pisang untuk Rambut

Pada dasarnya, buah pisang bagus untuk kesehatan rambut.  Pisang tinggi mineral yang penting untuk sintesis kolagen. Kolagen bisa membantu pertumbuhan rambut, membuatnya lebih tebal dan kuat. 

Selain itu, pisang punya kandungan antimikroba yang dapat memulihkan kulit kepala yang kering dan mengelupas, serta meringankan keluhan ketombe.

Apa saja manfaat masker pisang untuk rambut, ini beberapa yang perlu kamu tahu:

  1. Melembutkan Rambut yang Kusut dan Kasar

Apakah kamu termasuk pemilik rambut kasar, kusut, dan sulit diatur? Masker rambut dari pisang bisa membantu melembutkan berkat kandungan silikanya yang tinggi.

Bila rutin menggunakan masker pisang, helaian rambut akan jadi lebih halus, berkilau, dan bervolume. Kamu pun jadi lebih mudah untuk mengatur rambutmu. 

  1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Antioksidan dari buah pisang dapat memberi perlindungan pada kulit kepala dan rambut, serta mengurangi stres oksidatif. Kondisi akibat stres oksidatif inilah yang bisa membuat rambut jadi mudah rapuh.

Dengan menggunakan masker pisang, folikel rambutmu dapat lebih kuat. Bila folikelnya kuat, rambut bisa tumbuh lebih panjang dan sehat.

Artikel Lainnya: Pisang Kuning Vs Pisang Hijau, Mana yang Lebih Bermanfaat?

  1. Mengurangi Ketombe

Sejak lama, pisang sudah digunakan untuk perawatan tubuh dan rambut. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Europe PubMed Central, ekstrak pisang memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri.

Ketombe dapat disebabkan oleh bakteri, iritasi, dan kulit kepala kering. Nah, masker pisang bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembap serta mengatasi bakteri di kulit kepala.

  1. Memperkuat Rambut 

Folikel rambut mati yang menumpuk pada kulit kepala dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Hal ini kemudian bisa menyebabkan rambut rontok

Kandungan pisang pada masker yang dipijat pada kulit kepala dapat membantu memperkuat rambut. Hasilnya juga akan lebih maksimal bila dilakukan secara rutin. 

  1. Memperbaiki Rambut Akibat Sinar Matahari 

Sinar matahari memang baik untuk tubuh. Namun, paparan sinar matahari berlebih dapat merusak lapisan rambut sehingga membuatnya jadi kusam dan juga berubah warna. 

Masker pisang dapat membantu melindungi kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa memakai masker rambut ini tiap kali habis terpapar sinar matahari terlalu lama. 

  1. Meningkatkan Elastisitas Rambut 

Salah satu manfaat masker pisang untuk rambut adalah dapat meningkatkan elastisitas tiap helainya. Ini berkat kandungan vitamin B6 yang ada di dalam pisang.

Apalagi, vitamin B6 bisa membantu mempertahankan kelembapan pada rambut dan meningkatkan struktur rambut. Ini tentunya akan membuat rambutmu tampak lebih sehat. 

  1. Membuat Rambut Lebih Berkilau 

Panas, debu, polusi, dan kotoran lama-kelamaan bisa merusak rambut. Pasalnya, hal-hal tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan menghilangkan minyak alami rambut. 

Dengan menggunakan masker pisang, maka dapat membantu menjaga kemilau rambut. Rambut juga jadi lebih lembut dan mudah diatur. 

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Teh Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Masker Pisang

Sudah tahu, ‘kan, apa saja manfaat masker pisang untuk rambut? Karena menggunakan bahan alami, hasil yang didapat bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba.

Hair mask berfungsi untuk menjaga kelembutan rambut, terutama yang sering kena panas dari alat catok atau hair dryer. Lalu, bisa melembapkan rambut khususnya tipe kering, mencegah rambut dari kerontokan berlebih, serta menjaga kulit kepala tetap sehat. 

Untuk masker rambut, sebaiknya gunakan jenis pisang yang sudah matang. Nah, berikut adalah cara membuat masker rambut dari pisang.  

Masker Pisang dan Telur

  • Siapkan 1 atau 2 buah pisang, dan 1 telur.
  • Haluskan pisang, campur dengan telur di dalam blender atau mangkuk sampai rata.
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala, khususnya ujung rambut yang bercabang bila ada. Diamkan hingga 10-15 menit.
  • Bilas kulit kepala dan rambut sampai bersih. Sebaiknya gunakan air suam-suam kuku agar sisa telur bisa bersih total.

Masker Pisang dan Madu

  • Siapkan 1-2 pisang, dan ½-1 sdm madu (madu manuka lebih disarankan).
  • Haluskan pisang, campur dengan madu di dalam blender atau mangkok.
  • Oleskan pada rambut, khususnya kulit kepala dan akar rambut. Diamkan hingga 10-15 menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih. Lalu, bisa gunakan kondisioner agar rambut lebih halus.

Masker Pisang dan Alpukat

  • Siapkan 1-2 pisang, dan 1 buah alpukat.
  • Haluskan pisang, campur dengan alpukat di dalam blender atau mangkok.
  • Oleskan pada rambut, khususnya di ujung rambut dan bagian lain yang rusak. Diamkan hingga 10-15 menit.
  • Bilas sampai bersih.

Hair mask juga harus dikombinasikan dengan sampo dan kondisioner yang sesuai jenis rambut dan kulit kepala agar lebih maksimal.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pakai Masker Pisang

Ketika menyiapkan dan mengaplikasikan masker pisang, perhatikan kebersihan tangan dan alat serta bahan-bahannya agar tidak menyebarkan kotoran atau menimbulkan iritasi.

Jangan lupa bersihkan masker sampai benar-benar bersih. Pastikan tidak ada sisa masker yang tertinggal di rambut dan kulit kepala. Bila tidak bersih, risiko iritasi dan ketombe malah akan lebih parah.

Selain itu, pastikan kamu tidak memiliki alergi, khususnya pada pisang (latex-fruit allergy).

Biasanya jika seseorang alergi pisang, maka akan alergi terhadap latex juga. Dan apabila alergi terhadap latex, maka bisa jadi ada reaksi dengan pisang. 

Penasaran ingin coba manfaat masker pisang untuk kesehatan rambut? Bila ingin konsultasi dulu dengan dokter, pakai saja fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

pisangMaskerRambut

Konsultasi Dokter Terkait