Sukses

Manfaat Masker Pisang untuk Rambut Sehat dan Kuat

Tak hanya bikin tubuh berenergi, buah pisang juga bagus untuk kesehatan rambut. Yuk, cari tahu manfaat masker pisang untuk rambut di sini!

Punya rambut kuat, sehat, dan bebas ketombe pasti bikin percaya diri. Untuk mewujudkannya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan, mulai dari pakai hair tonic hingga masker rambut yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Agar tidak bosan di rumah selama pandemi, tak ada salahnya membuat DIY hair mask dari buah pisang. Ternyata sangat bermanfaat dan mudah, lho. Rambut sehat, mood pun jadi lebih baik!

Manfaat Masker Pisang untuk Rambut

Pada dasarnya, buah pisang bagus untuk kesehatan rambut. Dokter Sepriani Timurtini Limbong mengatakan secara umum pisang tinggi mineral yang penting untuk sintesis kolagen.

“Kolagen bisa bantu pertumbuhan rambut, membuatnya lebih tebal dan kuat,” ujarnya.

Selain itu, pisang juga punya kandungan antimicrobial yang dapat memulihkan kulit kepala kering dan mengelupas, serta meringankan keluhan ketombe.

Nah, apa saja manfaat masker pisang untuk rambut, ini beberapa yang perlu Anda tahu:

1. Melembutkan Rambut yang Kusut dan Kasar

Apa Anda termasuk pemilik rambut kasar, kusut, dan sulit diatur (frizzy)? Masker pisang bisa membantu melembutkan berkat kandungan silica yang tinggi.

Bila rutin menggunakan masker pisang, helaian rambut akan jadi lebih halus, berkilau, dan bervolume.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Antioksidan dari buah pisang dapat memberi perlindungan pada kulit kepala dan rambut, serta mengurangi stres oksidatif. Kondisi akibat stres oksidatif inilah yang bisa membuat rambut jadi mudah rapuh.

Nah, dengan masker pisang folikel rambut Anda dapat lebih kuat. Bila folikelnya kuat, rambut bisa tumbuh lebih panjang, kuat, dan sehat.

3. Mengurangi Ketombe

Sejak lama, pisang sudah digunakan untuk beberapa perawatan tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Europe PubMed Central, ekstrak pisang memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri.

Ketombe dapat disebabkan oleh bakteri, iritasi, dan kulit kepala kering. Jadi, masker pisang dapat membantu memberi kelembapan dan mengatasi bakteri di kulit kepala.

Artikel Lainnya: 7 Manfaat Pisang yang Mungkin Anda Belum Tahu

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Masker Pisang

Sudah tahu, kan, apa saja manfaat masker pisang untuk rambut? Karena menggunakan bahan alami, hasil yang didapat bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba!

Hair mask berfungsi untuk menjaga kelembutan rambut, terutama yang sering kena panas dari alat catok atau hair dryer. Lalu, bisa melembapkan rambut khususnya tipe kering, mencegah rambut dari kerontokan berlebih, dan menjaga kulit kepala tetap sehat,” jelas dr. Sepriani.

Menurut info dari Healthline, berikut beberapa pilihan campuran masker pisang yang bisa dicoba:

1. Masker Pisang dan Telur

  • Siapkan 1 atau 2 buah pisang, dan 1 telur.
  • Haluskan pisang, campur dengan telur di dalam blender atau mangkuk sampai rata.
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala, khususnya ujung rambut yang bercabang bila ada. Diamkan hingga 10-15 menit.
  • Bilas kulit kepala dan rambut sampai bersih. Sebaiknya gunakan air suam-suam kuku agar sisa telur bisa bersih total.

2. Masker Pisang dan Madu

  • Siapkan 1-2 pisang, dan ½-1 sdm madu (madu manuka lebih disarankan).
  • Haluskan pisang, campur dengan madu di dalam blender atau mangkuk.
  • Oleskan pada rambut, khususnya kulit kepala dan akar rambut. Diamkan hingga 10-15 menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih. Lalu, bisa gunakan kondisioner agar rambut lebih halus.

3. Masker Pisang dan Alpukat

  • Siapkan 1-2 pisang, dan 1 buah alpukat.
  • Haluskan pisang, campur dengan alpukat di dalam blender atau mangkuk.
  • Oleskan pada rambut, khususnya di ujung rambut dan bagian lain yang rusak. Diamkan hingga 10-15 menit.
  • Bilas sampai bersih.

Dokter Sepriani berpesan, “Hair mask juga harus dikombinasikan dengan sampo dan kondisioner yang sesuai jenis rambut dan kulit kepala agar lebih maksimal.”

Artikel Lainnya: Apakah Pisang Kerok Aman untuk si Kecil?

2 dari 3 halaman

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pakai Masker Pisang

Ketika menyiapkan dan mengaplikasikan masker pisang, perhatikan kebersihan tangan dan alat serta bahan-bahannya agar tidak menyebarkan kotoran atau menimbulkan iritasi.

“Jangan lupa bersihkan masker sampai benar-benar bersih. Pastikan tidak ada sisa masker yang tertinggal di rambut dan kulit kepala,” pesan dr. Sepriani. Bila tidak bersih, risiko iritasi dan ketombe malah akan lebih parah.

Selain itu, pastikan Anda tidak memiliki alergi, khususnya pada pisang (latex-fruit allergy).

“Biasanya kalau alergi pisang, akan alergi terhadap latex juga. Mungkin, kalau biasanya alergi terhadap latex, maka bisa jadi ada reaksi sama pisang,” tuturnya.

Penasaran ingin coba masker pisang untuk kesehatan rambut? Bila ingin konsultasi dulu dengan dokter, pakai saja fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter!

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar