Sukses

Kenali, Ini Berbagai Herbal untuk Atasi Sakit Lambung

Saat lambung terasa tidak nyaman, ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu pilihan untuk mengatasi gangguan lambung adalah konsumsi herbal.

Gangguan pencernaan pada lambung merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Gangguan lambung bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, terutama ketika Anda sibuk beraktivitas sampai melewatkan waktu makan.

Untuk itu, Anda harus tahu penyebab gangguan lambung dan apa saja obat alami yang bisa meredakan kondisi tersebut. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

Penyebab Gangguan Lambung

Penyebab gangguan lambung dapat terjadi karena berbagai hal. Umumnya, masalah ini disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat mengiritasi lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, serta adanya luka pada lapisan dalam lambung.

Selain itu, kondisi stres dan mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan iritasi atau gangguan di lambung.

Saat sakit lambung terjadi, berbagai keluhan akan muncul, seperti:

  • Perut kembung.
  • Perut begah.
  • Mual
  • Muntah.
  • Sendawa.
  • Kram perut.

Apabila mengalami kondisi di atas, segera perbaiki gaya hidup yang memicu terjadinya gangguan lambung tersebut. Lalu, untuk mengatasi gejala gangguan lambung, Anda dapat menggunakan berbagai bahan herbal yang tersedia di rumah.

Agar efektif, perhatikan cara membuat dan takaran obat herbalnya, ya. Jika herbal diolah dan dikonsumsi dengan benar, gejala gangguan lambung akan teratasi dengan baik.

Akan tetapi, bila gejala tidak membaik atau malah memburuk, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi gangguan yang terjadi.

Artikel Lainnya: Kenali Penyakit yang Sering Menyerang Lambung

2 dari 3 halaman

Herbal untuk Mengatasi Gangguan Lambung

Obat herbal dianggap aman dikonsumsi dalam jangka waktu lama jika digunakan sesuai dosis dan aturan pakai.  Berikut beberapa herbal di rumah yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung:

1. Kunyit

Curcuma domestica rhizoma merupakan nama Latin dari kunyit. Kunyit adalah tanaman herbal yang sering dijadikan obat alami untuk mengatasi gejala asam lambung.

Kunyit bekerja dengan melepaskan gas berlebih yang membuat perut dan lambung terasa tidak nyaman.

2. Ekstrak Jahe Merah (Red Ginger)

Jahe merah merupakan salah satu herbal alami yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan lambung seperti mual dan kembung.

Selain itu, di dalam ekstrak jahe merah terdapat zat antiperadangan yang secara alami berfungsi mengatasi nyeri ulu hati dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Madu dan Royal Jelly

Madu dan royal jelly pada dasarnya mengandung zat antioksidan (penangkal radikal bebas).

Kedua bahan alami dari lebah ini dapat mengurangi peradangan di kerongkongan dan mencegah risiko kerusakan sel-sel lapisan lambung.

Madu dan royal jelly juga membantu melapisi dinding esofagus serta memperbaiki fungsi cincin esophagus agar cairan asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Artikel Lainnya: Sakit Mag dan Tukak Lambung, Apa Bedanya?

4. Daun Mint  

Daun mint atau yang dikenal dengan nama latin Mentha piperita, punya manfaat kesehatan untuk mengatasi spasme pada otot saluran cerna (kram perut).

Daun mint juga dapat membantu mendorong gas yang menumpuk di dalam lambung keluar. Hal ini membuat keluhan perut kembung dan tidak nyaman dapat teratasi.

5. Ekstrak Ananas (Bromelain)

Bromelain adalah kandungan enzim pada ekstrak buah nanas yang dibutuhkan pencernaan untuk mengatasi kondisi peradangan.

Meski rasanya asam, namun zat bromelain terbukti dapat membantu menenangkan gangguan di saluran pencernaan.

6. Akar Manis (Licorice Root)

Licorice root atau akar manis adalah salah satu herbal yang sering digunakan saat gangguan lambung menyerang.

Tanaman ini bermanfaat sebagai obat alami yang membantu menyembuhkan tukak lambung, membantu melapisi dinding lambung, meredakan kondisi heartburn, serta mengurangi produksi asam lambung.

Artikel Lainnya: Mengapa Sakit Lambung Bisa Sebabkan Keringat Dingin?

7. Foeniculum vulgare seed

Foeniculum vulgare seed atau yang akrab dikenal dengan nama biji adas, dapat membantu memperbaiki motilitas dan meredakan spasme saluran cerna (antiflatulence).

Biji adas juga dipercaya mampu mengatasi perut terasa penuh atau begah (fullness). Tak hanya itu, biji adas secara alami memiliki kandungan antibakteri dan antiperadangan.

Nah, kini Anda sudah tahu, kan, apa saja obat herbal alami yang bisa mengatasi gangguan lambung?

Jika ingin menggunakan herbal di atas, pastikan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan, ya.

Selain itu pastikan waktu makan Anda tidak terlewati. Hindari juga jenis makanan yang memicu asam lambung seperti makanan pedas, asam, dan bersantan.

Pilih makanan yang kaya serat dan rendah lemak. Jangan lupa untuk tetap rutin olahraga, istirahat cukup, dan kelola stres agar kesehatan lambung dan seluruh tubuh terjaga.

Untuk tahu cara mengatasi gangguan lambung lebih lengkap dan obat herbal apa saja yang aman untuk tubuh, konsultasi ke dokter langsung lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar