Sukses

Kabar Baik, Buah Pisang Bisa Bantu Cegah Hipertensi!

Selain bernutrisi tinggi, pisang juga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Bahkan, pisang dapat bermanfaat untuk mencegah hipertensi!

Anda adalah salah satu pecinta buah pisang? Bersyukurlah! Selain padat gizi dan enak rasanya, buah berwarna kuning ini juga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Bahkan, pisang dapat bermanfaat untuk mencegah hipertensi! Tidak percaya? Coba cek penjelasannya di sini.

Bagaimana Pisang Bisa Cegah Hipertensi?

Sebutan buah padat gizi tak salah disematkan pada pisang. Menurut Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, satu pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) antara lain mengandung karbohidrat, potasium, gula, protein, vitamin A, vitamin C, dan zat besi.

Namun, dari sederet nutrisi tersebut, buah melengkung ini sangat menonjol di kandungan potasium atau kalium yang mencapai 450 mg. Itulah alasannya dikatakan ada manfaat pisang untuk hipertensi.

“Kandungan potasium dapat membantu penderita tekanan darah tinggi. ini karena membantu pengeluaran natrium (NaCl) atau garam. Seperti Anda tahu, kandungan ini salah satu yang harus dikurangi ketika tekanan darah tinggi,” tutur dr. Sara Elise Wijono, M.Res.

Semakin banyak kalium yang dikonsumsi, semakin banyak pula natrium yang nantinya terbuang melalui urine.

“Selain itu, kandungan potasium juga dapat membantu relaksasi pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan. Nah, pisang adalah salah satu jenis buah dengan kandungan potasium yang baik,” dia menambahkan lagi.

Bukan hanya mencegah hipertensi sebenarnya, ada banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan secara umum.

"Pisang dikenal dapat mengurangi pembengkakan, melindungi Anda dari diabetes tipe 2, membantu penurunan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu produksi sel darah putih," kata Laura Flores, seorang ahli gizi yang berbasis di San Diego, AS.

Dia menambahkan, buah ini juga tinggi antioksidan, yang dapat memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Artikel Lainnya: Buah-buahan Ini Baik untuk Cegah Hipertensi

1 dari 3 halaman

Jumlah Buah Pisang yang Dianjurkan

Anda tertarik mengonsumsi dan memasukkan buah pisang dalam diet harian Anda? Perhatikan dulu jumlah yang disarankan berikut.

“Kebutuhan potasium orang dewasa sehat 4700mg/hari. Jadi, sebenarnya, satu atau dua buah pisang setiap hari sudah cukup. Jangan semuanya dipenuhi dari pisang saja. Kombinasikan dengan buah atau sayur lain agar nutrisi yang diterima lebih lengkap,” ujar dr. Sara Elise.

Pada umumnya, dia menjelaskan lagi, pola makan sehat yang disarankan adalah lima porsi buah dan sayur per hari. Anda pun tidak boleh semata hanya mengandalkan pisang untuk memenuhi kebutuhan kalium.

Beberapa makanan dan minuman lain yang juga kaya kalium antara lain ubi jalar, yoghurt bebas lemak, alpukat, sayur bayam, dan juga tomat.

Di lain sisi, penderita gangguan ginjal yang ingin meningkatkan asupan kalium melalui makanan harus lebih berhati-hati.

“Orang dengan gangguan ginjal bisa lebih sulit untuk mengeluarkan potasium berlebih. Itu sebabnya, kelompok ini harus lebih waspada kalau mau menaikkan konsumsi potasium. Lebih baik bicarakan dulu dengan dokter Anda,” saran dr. Sara Elise.

Artikel Lainnya: Tanda Anda Punya Bakat Hipertensi

2 dari 3 halaman

Diet untuk Penderita Hipertensi

Salah satu langkah yang mungkin disarankan dokter untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah menerapkan diet DASH, yaitu Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Prinsip diet ini sederhana, yakni:

  • Makan lebih banyak buah, sayuran, dan olahan susu rendah lemak.
  • Kurangi asupan tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans.
  • Makan lebih banyak makanan biji-bijian, ikan, unggas, dan kacang-kacangan.
  • Batasi natrium, permen, minuman manis, dan daging merah.

Menurut penelitian, orang yang menjalani diet DASH berhasil menurunkan tekanan darah mereka dalam waktu 2 minggu.

Saat menjalani diet DASH, Anda memulainya secara  bertahap. Misalnya, mulailah dengan membatasi diri Anda pada 2.400 miligram natrium per hari (sekitar 1 sendok teh).

Setelah tubuh beradaptasi dengan diet, kurangi menjadi 1.500 miligram natrium per hari (sekitar 2/3 sendok teh).

Jumlah ini adalah semua natrium yang dimakan, termasuk garam yang ada di produk makanan atau yang Anda tambahkan di dalam masakan.

Anda ingin terhindar dari hipertensi atau saat ini sedang mengelola tekanan darah tinggi? Mengonsumsi pisang bisa jadi solusinya! Namun, kombinasikan buah untuk mencegah hipertensi ini dengan pola makan sehat lain dan gaya hidup aktif.

Anda masih punya pertanyaan seputar pencegahan dan pengobatan hipertensi? Tanyakan langsung pada dokter melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar