Jantung

Kabar Baik, Buah Pisang Bisa Bantu Cegah Hipertensi!

HOTNIDA NOVITA SARY, 04 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain bernutrisi tinggi, pisang juga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Bahkan, pisang dapat bermanfaat untuk mencegah hipertensi!

Kabar Baik, Buah Pisang Bisa Bantu Cegah Hipertensi!

Apakah kamu adalah salah satu pencinta buah pisang? Bersyukurlah! Selain padat gizi dan enak rasanya, buah berwarna kuning ini juga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Bahkan, pisang dapat bermanfaat untuk mencegah hipertensi! Tidak percaya? Berikut ini penjelasan terkait pisang untuk tekanan darah tinggi.

Bagaimana Pisang Bisa Cegah Hipertensi?

6 Alasan Jangan Buang Kulit Pisang (Ahanov-Michael/Shutterstock)

Sebutan buah padat gizi tak salah disematkan pada pisang. Menurut U.S. Food and Drug Administration (FDA), satu pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) mengandung di antaranya karbohidrat, kalium, gula, protein, vitamin, dan zat besi.

Namun, dari sederet nutrisi tersebut, buah ini sangat menonjol di kandungan kaliumnya yang mencapai 450 mg. Inilah alasan mengapa pisang dikatakan bermanfaat untuk hipertensi.

Kandungan kalium sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, karena membantu pengeluaran natrium (NaCl) atau garam. Seperti yang kita tahu, kandungan garam harus dikurangi ketika seseorang memiliki tekanan darah tinggi. 

Artikel Lainnya: Penderita Hipertensi Perlu Lakukan 6 Cara Ini agar Tetap Sehat

Semakin banyak kalium yang dikonsumsi, semakin banyak pula natrium yang nantinya terbuang melalui urine. Selain itu, kandungan kalium pada pisang dapat membantu relaksasi pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan. 

Bukan hanya mencegah hipertensi atau darah tinggi, ada banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan secara umum. 

Mulai dari mengatasi peradangan, mencegah diabetes tipe 2, membantu penurunan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu produksi sel darah putih.

Pisang juga termasuk buah yang tinggi antioksidan, dan kandungan ini memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Jumlah dan Jenis Pisang untuk Darah Tinggi 

Pisang (Hanna_photo/Shutterstock)

Kamu tertarik mengonsumsi dan memasukkan buah pisang ke dalam pola makan harianmu? Perhatikan dulu jumlah yang disarankan. 

Kebutuhan kalium orang dewasa sehat 4.700 mg per hari. Jadi, sebenarnya, satu atau dua buah pisang setiap hari sudah cukup. 

Jangan semuanya dipenuhi dari pisang saja. Kombinasikan dengan buah atau sayur lain agar nutrisi yang diterima lebih lengkap.

Pada umumnya pola makan sehat yang disarankan adalah lima porsi buah dan sayur per hari. Kamu pun tidak boleh semata hanya mengandalkan pisang untuk memenuhi kebutuhan kalium.

Lalu, jenis pisang apa yang sudah terbukti baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi? Pada dasarnya, hampir semua pisang memiliki kemampuan itu, mengingat kandungan kalium semua jenis pisang hampir sama. 

Jadi, kamu bisa memilih pisang ambon, pisang raja, dan pisang susu sebagai pilihan untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Artikel Lainnya: Hipertensi Sebabkan Darah Kental, Benarkah?

Tentu saja, jika kamu sudah menderita tekanan darah tinggi, kamu harus tetap mengonsumsi obat yang sudah disarankan oleh doktermu (di samping rutin makani pisang).

Beberapa asupan lain yang juga kaya kalium adalah ubi jalar, yoghurt bebas lemak, alpukat, bayam, dan juga tomat.

Di lain sisi, penderita gangguan ginjal yang ingin meningkatkan asupan kalium melalui makanan harus lebih berhati-hati.

Orang dengan gangguan ginjal bisa lebih sulit untuk mengeluarkan kalium berlebih. Itu sebabnya, kelompok ini harus lebih waspada kalau mau menaikkan konsumsi kalium. Lebih baik bicarakan dulu dengan dokter.

Kamu ingin terhindar dari hipertensi atau saat ini sedang mengelola tekanan darah tinggi? Mengonsumsi pisang bisa jadi solusinya! Namun, kombinasikan buah ini dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif.

Masih punya pertanyaan seputar pencegahan dan pengobatan hipertensi? Tanyakan langsung kepada dokter secara online melalui fitur Tanya Dokter

Untuk #JagaSehatmu, baca juga artikel kesehatan terbaru dan tepercaya di aplikasi KlikDokter.

[RS]

buah

Konsultasi Dokter Terkait