Sukses

Bumil, Ini Manfaat Makan Mangga dan Efek Sampingnya

Tak sekadar obat ngidam, makan mangga untuk ibu hamil ada manfaatnya. Mau tahu apa saja manfaat yang dimaksud beserta efek sampingnya? Cek di sini, ya.

Salah satu buah yang kerap digemari semasa hamil adalah mangga. Selain lezat, aromanya yang khas bikin makin berselera untuk menyantapnya.

Terlepas dari rasa dan aroma, tahukah Anda bahwa makan mangga untuk ibu hamil bisa bermanfaat? Tak cuma satu, manfaatnya cukup banyak. Berikut di bawah ini penjelasannya.

 

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah saat hamil memang dianjurkan agar bumil mendapatkan asupan serat. Nah, makan mangga juga bisa memberikan serat dan kandungan penting lain. Misalnya, kalium, asam folat, zat besi, serta vitamin C, A, dan B6.

Menurut dr. Arina Heidyana, beberapa khasiat yang dirasakan bumil ketika mengonsumsi buah yang punya nama ilmiah Mangifera indica tersebut, antara lain:

1. Mencegah Anemia

Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi. Dengan demikian, salah satu manfaat buah mangga untuk ibu hamil adalah mencegah anemia.

Jika Anda habis makan daging, lebih baik konsumsi jus mangga ketimbang teh atau kopi. Ini karena kafein dalam minuman tersebut justru mengikat zat besi.

2. Kaya akan Asam Folat

Kandungan asam folat dalam mangga sangat penting untuk perkembangan janin. Asam folat dari mangga mampu mengembangkan otak bayi dan sumsum tulang belakangnya.

Bahkan, zat tersebut juga melindungi bayi dari cacat tabung saraf. Selain mangga, buah lain yang kaya akan asam folat yakni alpukat, pepaya, dan jeruk.

3. Mencegah Sembelit

Hormon progesteron yang meningkat saat hamil bisa memicu timbulnya sembelit. Karena itulah, ibu hamil memerlukan asupan serat yang lebih banyak ketimbang orang biasa, salah satunya dari mangga.

Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi mangga dengan cara dipotong-potong saja, bukan dibuat jus agar seratnya tak keburu hancur.

4. Mengandung Antioksidan

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Vitamin yang satu ini mampu mengurangi risiko penyakit dan bermanfaat bagi kulit ibu hamil. Vitamin C bahkan bisa mengurangi risiko kelahiran prematur.

5. Mengandung Banyak Vitamin A

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah tinggi vitamin A. Vitamin tersebut membantu perkembangan gigi dan tulang bayi.

Bahkan, vitamin A dari mangga bisa memperkuat mata dan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi jantung, paru-paru, dan ginjal bayi.

6. Menjaga Keseimbangan Cairan pada Tubuh Bumil

Elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium di dalam mangga bisa membantu menyeimbangkan cairan tubuh ibu hamil. Tak hanya itu, elektrolit dari mangga membantu meningkatkan fungsi saraf, jantung, otak, dan otot.

7. Mengatasi Morning Sickness

Vitamin B6 dari mangga berfungsi untuk menjaga perkembangan fungsi otak dan saraf janin. Vitamin tersebut juga mampu mengatasi mual atau morning sickness pada bumil.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

2 dari 4 halaman

Asupan Mangga yang Salah Berbahaya untuk Ibu Hamil

Meski buah mangga kaya manfaat untuk ibu hamil, dr. Arina mengingatkan tetap ada risiko yang mengintai bila Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Ia mengatakan, “Mangga termasuk buah yang tinggi kalori dan gula. Jadi, wanita hamil yang mengidap diabetes tetap tidak boleh berlebihan mengonsumsi mangga.”

“Buat yang tidak mengidap kencing manis tetapi memang hobi makan banyak mangga saat hamil sehingga kadar gula darahnya tinggi, ia juga berisiko mengalami diabetes gestasional,” tambah dr. Arina.

Kalau sudah terlanjur mengalami diabetes gestasional, berat bayi yang dilahirkan bisa sampai 4 kilogram, kondisi pernapasan bayi terhambat, hingga risiko kematian bayi saat dilahirkan. Karena saat dilahirkan, bahunya dapat tersangkut.

Artikel Lainnya: Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

3 dari 4 halaman

Tips Makan Mangga untuk Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang bisa bumil perhatikan sebelum mengonsumsi mangga, misalnya:

  • Saat hendak membeli mangga, coba cium aromanya. Mangga yang baik akan mengeluarkan aroma manis.
  • Selalu cuci bersih dulu meski Anda akan mengupas kulitnya. Hal ini bertujuan menjauhkan bumil dari infeksi bakteri dan bahan kimia yang bisa saja ada pada lapisan luar mangga.
  • Kupas dan potong buah dengan pisau yang bersih.
  • Jika tujuannya untuk melancarkan pencernaan, maka lebih baik makan mangga utuh (dipotong-potong), tidak dibuat sebagai jus.
  • Apabila Anda ingin membuatnya jadi jus, hindari menambahkan gula, apalagi susu kental manis. Karena, dua campuran tersebut bisa membuat gula darah makin melonjak.

  • Meski rasanya lezat dan manis, jangan andalkan kecukupan vitamin hanya dari mangga. Konsumsi juga sayur dan buah yang lain. Makan mangga secukupnya saja agar gula darah tidak terlalu tinggi.

Itu dia manfaat makan mangga untuk ibu hamil beserta bahayanya bila dikonsumsi berlebihan. Bila Anda ingin tanya seputar kehamilan dan asupan buah, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

    0 Komentar

    Belum ada komentar