Kehamilan

Bumil, Ini Manfaat Makan Mangga dan Efek Sampingnya

dr. Muhammad Isman S, 01 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sekadar obat ngidam, makan mangga untuk ibu hamil ada manfaatnya. Mau tahu apa saja manfaat yang dimaksud beserta efek sampingnya? Cek di sini, ya.

Bumil, Ini Manfaat Makan Mangga dan Efek Sampingnya

Salah satu buah yang kerap digemari semasa hamil adalah mangga. Selain lezat, aromanya yang khas bikin makin berselera untuk menyantapnya.

Terlepas dari rasa dan aroma, makan buah mangga mendatangkan banyak manfaat untuk ibu hamil. Apa saja manfaat makan mangga saat hamil? Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dianjurkan makan mangga agar asupan serat harian dapat terpenuhi. Nah, konsumsi buah mangga tak hanya bisa memberikan serat, tetapi juga kandungan penting lain seperti kalium, asam folat, zat besi, serta vitamin C, A, dan B6.

Berbagai manfaat buah mangga untuk ibu hamil, yaitu:

1. Menghindari Anemia

Vitamin C yang terkandung dalam mangga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi. Dengan demikian, konsumsi buah mangga bermanfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Jika Anda habis makan daging, lebih baik konsumsi jus mangga ketimbang teh atau kopi. Ini karena kafein dalam minuman tersebut justru mengikat zat besi.

2. Kaya akan Asam Folat

Makan mangga saat hamil bermanfaat tak hanya untuk ibu, tapi juga untuk janin. Kandungan asam folat dalam mangga sangat penting untuk perkembangan janin.

Asam folat dari mangga mampu mengembangkan otak bayi dan sumsum tulang belakangnya. Bahkan, zat tersebut juga melindungi bayi dari cacat tabung saraf.

Selain mangga, buah lain yang kaya akan asam folat, antara lain alpukat, pepaya, dan jeruk.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

3. Mencegah Sembelit

Hormon progesteron yang meningkat saat hamil bisa memicu timbulnya sembelit. Karena itulah, ibu hamil memerlukan asupan serat yang lebih banyak ketimbang orang biasa, salah satunya dari mangga.

Akan lebih baik bila ibu hamil makan mangga dengan cara dipotong-potong saja, bukan dibuat jus agar seratnya tak keburu hancur.

4. Mengandung Antioksidan

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Vitamin yang satu ini mampu mengurangi risiko penyakit dan bermanfaat bagi kulit ibu hamil. Vitamin C bahkan bisa mengurangi risiko kelahiran prematur.

5. Mengandung Banyak Vitamin A

Manfaat buah mangga yang beragam tak lepas dari kandungan vitamin A di dalamnya. Tak hanya baik untuk ibu hamil, vitamin tersebut juga membantu perkembangan gigi dan tulang bayi.

Bahkan, vitamin A dari mangga bisa memperkuat mata dan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi jantung, paru-paru, dan ginjal bayi.

6. Menjaga Keseimbangan Cairan pada Tubuh Bumil

Elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium di dalam mangga bisa membantu menyeimbangkan cairan tubuh ibu hamil.

Tak hanya itu, elektrolit dari mangga dapat meningkatkan fungsi saraf, jantung, otak, dan otot.

7. Mengatasi Morning Sickness

Salah satu manfaat buah mangga untuk ibu hamil adalah dapat membantu mengatasi morning sickness. Ini karena mangga mengandung vitamin B6.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengalami morning sickness memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam darah mereka. Karena itu, buah mangga dengan kandungan vitamin B6-nya dapat membantu meredakan morning sickness.

8. Mendukung Perkembangan Otak dan Sistem Saraf

Kandungan vitamin B6 pada mangga juga sangat penting untuk mendukung perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Artikel Lainnya: Catat, Pentingnya Konsumsi Asam Folat untuk Ibu Hamil

9. Mencegah Preeklampsia

Manfaat buah mangga atau jus mangga yang satu ini tidak boleh dilewatkan untuk ibu hamil. Siapa sangka kalau buah mangga dapat membantu menurunkan risiko preeklampsia?

Mangga kaya akan magnesium, salah satu mineral di dalam tubuh yang penting untuk mencegah kondisi tersebut.

Preeklampsia merupakan kondisi peningkatan tekanan darah ibu hamil yang dapat berujung pada kejang, bahkan kematian.

10. Melindungi Pertumbuhan Janin

Mangga merupakan buah yang sangat kaya akan antioksidan. Selain vitamin C, mangga juga mengandung beberapa antioksidan lain seperti mangiferin, catechins, quercetin, kaempferol, benzoic, dan masih banyak lagi.

Antioksidan tersebut diketahui memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan janin Anda.

11. Meningkatkan Sistem Imun Ibu

Untuk ibu hamil, makan buah mangga juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena mangga mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Komponen-komponen tersebut, di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin C, dan asam folat.

12. Mencegah Inflamasi

Inflamasi pada ibu hamil berkaitan erat dengan berbagai masalah kesehatan janin. Jika seorang ibu mengalami inflamasi, maka akan meningkatkan risiko janin mengalami gangguan perkembangan otak dan mengidap gangguan psikosis di usia dewasa.

Bahkan jika inflamasinya berlangsung parah, kemungkinan buruknya adalah menyebabkan komplikasi keguguran.

Konsumsi mangga selama hamil dapat mencegah terjadinya inflamasi berlebih di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Apa Saja Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil & Janin?

Kesalahan Konsumsi Buah Mangga yang Bisa Membahayakan

Meski buah mangga kaya manfaat untuk ibu hamil, tetap ada risiko yang mengintai bila Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Pasalnya, mangga termasuk buah yang tinggi kalori dan gula. Jadi, wanita hamil yang mengidap diabetes tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi mangga.

Bagi yang tidak mengidap diabetes tetapi makan mangga terlalu berlebih saat hamil sehingga kadar gula darah tinggi, juga berisiko mengalami diabetes gestasional.

Kalau sudah telanjur mengalami diabetes gestasional, berat bayi yang dilahirkan bisa sampai 4 kilogram, kondisi pernapasan bayi terhambat, hingga risiko kematian bayi saat dilahirkan. Karena saat dilahirkan, bahunya dapat tersangkut.

 

Tips Makan Mangga untuk Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang bisa ibu hamil perhatikan sebelum makan mangga, di antaranya:

  • Saat hendak membeli mangga, coba cium aromanya. Mangga yang baik akan mengeluarkan aroma manis.
  • Selalu cuci bersih dulu meski Anda akan mengupas kulitnya. Hal ini bertujuan menjauhkan bumil dari infeksi bakteri dan bahan kimia yang bisa saja ada pada lapisan luar mangga.
  • Kupas dan potong buah dengan pisau yang bersih.
  • Jika tujuannya untuk melancarkan pencernaan, maka lebih baik makan mangga utuh (dipotong-potong), tidak dibuat sebagai jus.
  • Apabila Anda ingin membuatnya jadi jus, hindari menambahkan gula, apalagi susu kental manis. Pasalnya, dua campuran tersebut bisa membuat gula darah makin melonjak.
  • Meski rasanya lezat dan manis, jangan andalkan kecukupan vitamin hanya dari mangga. Konsumsi juga sayur dan buah yang lain. Makan mangga secukupnya saja agar gula darah tidak terlalu tinggi.

Itu dia manfaat makan buah mangga untuk ibu hamil serta bahayanya bila dikonsumsi berlebihan.

Bila Anda ingin tanya seputar kehamilan dan asupan buah, konsultasikan kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

KehamilanMangga

Konsultasi Dokter Terkait