Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Melengkung atau Lurus, Ini Ragam Bentuk Penis yang Perlu Anda Tahu

Melengkung atau Lurus, Ini Ragam Bentuk Penis yang Perlu Anda Tahu

Setiap pria memiliki bentuk penis yang berbeda-beda. Kenali macam bentuk penis, agar Anda bisa lebih mudah mendeteksi jika terdapat masalah pada organ intim ini.

Setiap pria memiliki karakteristik fisik yang bervariasi satu sama lainnya. Bukan hanya dari tinggi dan berat badan atau kadar maskulinitas, melainkan dari bentuk penis masing-masing pria.

Jika Anda adalah seorang pria, mengenali bentuk penis sendiri dapat menjadi langkah untuk mencegah terjadinya penyakit. 

Tidak hanya itu, mengetahui bentuk penis juga dapat dijadikan sebagai patokan untuk menentukan posisi berhubungan intim yang paling tepat bagi pasangan suami istri.

1 dari 3 halaman

Mengenal Ragam Bentuk Penis Pria

Menurut dr. Devia Irine Putri, perbedaan bentuk penis pada pria bisa terjadi akibat pengaruh tumbuh kembang saat masih di dalam kandungan.

“Bentuk penis dan ukurannya juga dipengaruhi oleh kadar hormon testosteron yang dimiliki pria,” kata dr. Devia.

Nah, agar Anda tidak salah kaprah, berikut ini adalah ragam bentuk penis yang wajib diketahui:

  1. Melengkung

Terdapat beberapa pria yang memiliki penis dengan bentuk melengkung seperti buah pisang saat sedang terangsang. 

Bentuk penis yang seperti ini biasanya terjadi saat masa pubertas, dan akan membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

  1. Kurus dan Lurus

Bentuk penis yang kurus dan lurus tergolong normal, bahkan sering ditemukan. Tidak ada yang salah dengan bentuk penis ini. 

Hanya saja, Anda perlu menyiasati posisi saat berhubungan seks agar bisa tetap memberikan sensasi yang lebih nyaman bagi kedua belah pihak.

Artikel Lainnya: Ini 5 Kelainan yang Dapat Terjadi pada Penis

  1. Panjang dan Besar 

Bentuk penis yang panjang dan besar mungkin sangat diidamkan wanita. Sayangnya, bentuk penis yang seperti ini tidak menjadi jaminan hubungan seksual akan selalu berujung memuaskan. 

Bahkan, tidak sedikit pasangan dengan penis panjang dan besar yang justru mengeluh kesulitan saat melakukan hubungan seksual.

  1. Mengerucut 

Terdapat sebagian pria dengan bentuk penis mengerucut alias lebar di bagian pangkal dan semakin mengecil di ujungnya. 

Bentuk penis yang seperti ini masih dikategorikan normal. Asalkan tidak menyebabkan gangguan dan bentuk pangkal maupun ujungnya tidak berbeda terlalu signifikan.

  1. Berlekuk

Tahukah Anda bahwa penis juga bisa memiliki bentuk yang berlekuk-lekuk? Berdasarkan dr. Devia, penis berlekuk yang sudut lengkungannya hanya 5-10 derajat masih tergolong normal. 

“Bentuk melengkung ini terjadi karena ada otot ligamen yang menyokong penis ke pelvis,” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Wahai Pria, Kenali Ciri-ciri Penis yang Sehat Berikut Ini

  1. Kepala Besar

Penis dengan kepala besar biasanya memiliki batang yang cenderung kecil. Bentuk penis seperti ini sering disebut sebagai “the hammer”, karena bentuknya hampir mirip seperti palu.

  1. Batang yang Tebal

Ada pula sebagian pria yang memiliki bentuk penis dengan batang yang tebal. Penis ini biasanya tumbuh ke samping (melebar) daripada ke depan (memanjang). 

Bentuk penis yang tebal mungkin memerlukan pelumas ekstra saat berhubungan seksual, untuk mencegah terjadinya nyeri dan rasa tidak nyaman.

  1. Berotot

Layaknya lengan atlet angkat beban, penis juga ada yang memiliki batang dengan otot yang terlihat lebih jelas saat ereksi. 

Bagi beberapa orang, penis ini terlihat lebih seksi dan dapat memberikan imajinasi yang lebih liar saat “bertempur” di atas ranjang.

  1. Bengkok

Terdapat beberapa pria dengan bentuk penis yang sangat bengkok dan memiliki lengkungan yang lebih dari 30 atau bahkan 60 derajat.

“Penis dengan lengkungan yang berkisar antara 30 hingga 60 biasanya disebabkan oleh penyakit peyronie. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan ereksi, penis terasa nyeri, dan penis tampak lebih pendek karena berbentuk sangat bengkok,” ujar dr. Devia.

  1. Mikropenis

Mikropenis atau penis dengan ukuran yang tidak lebih dari 7-8 centimeter ketika ereksi. Kondisi ini dihubungkan dengan rendahnya kadar hormon testosteron saat seorang pria masih berada di dalam kandungan.

Jangan berkecil hati, karena mikropenis tetap dapat memberikan kepuasan saat bercinta.

Artikel Lainnya: Benarkah Ukuran Penis Berpengaruh pada Kesuburan Pria?

2 dari 3 halaman

Tanda Bentuk Penis Tidak Normal yang Mesti Diwaspadai

Terdapat beberapa bentuk penis yang ternyata dikategorikan tidak normal sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Berdasarkan penuturan dr. Devia, bentuk penis yang melengkung akibat penyakit peyronie adalah kondisi yang dikategorikan sebagai tidak normal. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan keluhan nyeri khususnya saat ereksi.

“Ada juga bentuk penis lain yang tidak normal, yaitu ketika lubang uretra terletak lebih ke atas atau ke bawah. Kondisi ini dikenal dengan istilah hipospadia, dan biasanya perlu dioperasi untuk mengatasinya,” jelas dr. Devia.

Lebih lanjut, dr. Devia juga mengingatkan agar Anda tidak hanya memerhatikan bentuk penis, tapi juga kesehatannya. Jika mendapati adanya bengkak, nyeri, dan kemerahan pada kepala penis, sebaiknya segera berobat ke dokter.

“Gejala-gejala tersebut dapat menjadi tanda dari adanya kondisi balanitis akibat infeksi bakteri, jamur, atau akibat alergi,” pungkas dr. Devia.

Itu dia macam bentuk penis yang perlu Anda ketahui. Sekarang coba periksa, yang mana bentuk penis Anda? 

Apakah “barang” Anda tergolong sebagai bentuk penis yang normal? Jika tidak yakin, tanyakan saja pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

1 Komentar