Sukses

Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Baik?

Apel merah dan apel hijau sama-sama enak dan menyehatkan. Namun, mana yang lebih menyehatkan bagi tubuh dan bisa dikonsumsi setiap hari?

Buah apel adalah salah satu buah favorit yang biasa dikonsumsi. Tak hanya bisa langsung dimakan, apel juga bisa diolah jadi beragam makanan enak. Misalnya, salad buah dan kue pie.

Tentu yang biasa kita temukan di pasaran adalah apel merah dan apel hijau. Keduanya punya kandungan sehat dan rasa yang enak menyegarkan. Namun, sebenarnya mana yang lebih unggul bagi kesehatan tubuh?

1 dari 3 halaman

Manfaat Apel Merah dan Apel Hijau bagi Kesehatan

Buah apel memang sudah tidak diragukan lagi kandungan sehatnya bagi tubuh. Bila Anda gemar mengonsumsi apel merah, kesehatan jantung bisa terjaga berkat serat di dalamnya yang membantu menurunkan kolesterol buruk. 

Kemudian, serat apel merah (pektin) juga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Hal ini dipercaya berkaitan dengan perlindungan terhadap obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Menurut studi yang dipublikasikan National Library of Medicine, apel merah mengandung polifenol. Zat yang berperan sebagai antioksidan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.

Nah, selain mampu membantu tubuh agar terhindar dari beberapa penyakit kronis tadi, apel merah juga bagus untuk kesehatan tulang dan otak.

Kandungan antioksidan dan antiradang dalam apel merah bisa membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. 

Sementara, terdapat penelitian mengenai buah apel merah yang dapat membantu memperkuat memori. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Manfaat Konsumsi Apel, Bisa Usir Penyakit Ini

Bagaimana dengan apel hijau? Tak kalah dengan apel merah, apel yang juga dikenal dengan nama Granny Smith ini bagus untuk kesehatan kulit dan rambut, lho.

Sama seperti apel merah, apel hijau kaya akan serat yang menyehatkan metabolisme. Lalu, vitamin C-nya mampu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas, sehingga bisa terhindar dari kanker kulit.

Manfaat lain apel hijau bagi kulit di antaranya mencegah penuaan dini, memperbaiki tekstur kulit agar lebih lembap dan halus, dan membantu merawat jerawat.

Untuk rambut, apel hijau dapat bermanfaat untuk mengurangi ketombe bila dibuat jus lalu dipijatkan ke kulit kepala. Jus apel hijau pun dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Namun, pemakaiannya harus rutin dan hasil bergantung pada kondisi kulit kepala Anda.

Artikel Lainnya: Makan Apel, Lebih Baik dengan Kulitnya atau Dikupas?

2 dari 3 halaman

Mana yang Lebih Baik untuk Konsumsi Harian?

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, apel merah dan apel hijau sama-sama baik untuk konsumsi harian. 

“Secara umum, apel mengandung banyak serat, jadi bagus buat pencernaan, bikin tidak mudah lapar, dan sebagai sumber vitamin. Baik apel merah maupun hijau, manfaat kesehatannya tidak sampai berbeda jauh,” jelas dr. Sara.

Apel merah dikenal dengan rasa yang lebih manis ketimbang apel hijau. Lantas, amankah untuk penderita diabetes? 

“Penderita diabetes tetap disarankan rutin makan buah. Gula dalam buah (fruktosa) tetap aman dan tidak terlalu menyebabkan lonjakan gula darah. Namun, dengan catatan, tetap kontrol gula darah secara rutin, ya,” ujarnya.

Berbeda dengan apel hijau, rasanya terasa lebih asam, bukan? Bila ingin mengonsumsi apel hijau, dr. Sara menyarankan untuk kenali kondisi tubuh masing-masing. Jika makan apel hijau menyebabkan keluhan (misalnya mag), perlu dihindari.

Nah, dalam urusan menurunkan berat badan, jangan khawatir. Anda tetap bisa mengonsumsi keduanya. Manfaat apel merah dan apel hijau tetap bisa dirasakan.

Jadi, mana yang Anda pilih? Apel merah dan apel hijau sama baiknya, kok. Untuk lebih jelasnya mengenai konsumsi apel berdasarkan kondisi pribadi, konsultasi ke dokter pakai LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar