Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sudah Menikah, Mengapa Pasutri Baru Takut Berhubungan Intim?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Sudah Menikah, Mengapa Pasutri Baru Takut Berhubungan Intim?

Kok, bisa sudah menikah tapi takut berhubungan intim? Kata psikolog, bisa saja terjadi dan ada beberapa faktor penyebabnya. Apa sajakah?

Ketika ada pasangan yang baru menikah, pasti candaan seputar hubungan seksual kerap dilontarkan teman-temannya. Sayangnya, ada yang tak bisa tertawa lepas atau tak bisa menjawab sambil tersipu malu karena memang belum merasakannya. 

Lantas, kenapa ada pasangan yang justru takut berhubungan intim pasca menikah?

1 dari 3 halaman

Alasan Pasutri Baru Takut Berhubungan Intim

Menikah tapi takut berhubungan badan bisa saja dialami pasangan yang baru menikah. Biasanya, yang takut berhubungan seks setelah menikah adalah kaum hawa. 

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, rasa takut tersebut tentu bukan tanpa alasan. Beberapa penyebab takut berhubungan intim meski sudah menikah, antara lain seperti berikut ini.

  1. Rasa Trauma yang Belum Hilang 

Penyebab utama takut berhubungan setelah menikah adalah pernah menjadi korban pemerkosaan atau kekerasan seksual. 

Meski dengan ajakan yang lembut, akan sulit untuk mengajak korban pemerkosaan atau kekerasan seksual untuk bercinta. 

  1. Penganut Ajaran Budaya dan Agama yang Kuat 

“Bisa juga karena sejak dulu faktor budaya dan agama yang dianut terlampau kuat. Hal ini membuatnya takut dan tidak nyaman untuk melakukan hubungan seksual,” tuturnya. 

Tak bisa dimungkiri, hubungan seks sering dianggap sebagai sesuatu yang menjijikkan dan erat kaitannya dengan dosa. 

Artikel Lainnya: Manfaat Luar Biasa dari Bercinta di Pagi Hari

  1. Takut Sakit 

Tidak punya pengalaman traumatis tentang hubungan seks, tetapi tetap takut berhubungan intim? 

Bisa jadi ini disebabkan oleh pengaruh omongan-omongan yang mengatakan hubungan seks untuk pertama kalinya sangat menyakitkan. 

Selain terpengaruh oleh omongan, kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh percobaan pertama yang menyakitkan dan pasangannya tak bisa memberikan rasa nyaman. 

Perpaduan keduanya bisa bikin wanita jadi kurang tertarik dengan sesuatu yang berhubungan dengan seks.

  1. Tidak Percaya Diri dengan Tubuh 

Ketika menjadikan film romantis atau film dewasa sebagai patokan atau acuan bercinta, seseorang mungkin bisa langsung minder sama bentuk tubuh para pemainnya, lho

Alhasil, ia menjadi malu untuk menunjukkan kondisi tubuh yang apa adanya kepada pasangan dan selalu menghindar ketika diajak berhubungan intim. 

  1. Takut Tidak Bisa Memuaskan Pasangan 

Bicara soal seks, tak jauh-jauh dari masalah kepuasan. Karena merasa tidak punya banyak pengalaman dan pengetahuan soal seks, wanita mungkin jadi minder dan takut tidak bisa memuaskan pasangannya. 

Hal ini juga bisa berlaku pada pria. Biasanya, bukan karena kurang pengetahuan soal seks, melainkan dipicu oleh kondisi fungsi organ seksual yang bermasalah. Misalnya ejakulasi dini atau disfungsi ereksi

Artikel Lainnya: Dalam Seminggu, Berapa Kali Sebaiknya Berhubungan Seks?

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut Berhubungan Intim?

Kondisi takut berhubungan setelah menikah tentunya harus diatasi, apalagi bila mendambakan kehadiran buah hati di dalam keluarga. Cara mengatasinya pun harus sesuai dengan penyebabnya. 

“Jika penyebabnya adalah pengalaman traumatis karena pernah menjadi korban pemerkosaan atau kekerasan seksual, orang tersebut perlu mendapatkan terapi dari psikolog,” ujar Ikhsan.

“Diutamakan, bangun kepercayaan dulu dengan pasangan dan tidak perlu terburu-buru dalam melakukannya. Lalu, komunikasikan rasa khawatir itu ke pasangan,” sarannya. 

Memang, hubungan seks untuk pertama kali bisa menyakitkan untuk wanita. Namun, hal itu bukannya tak bisa diatasi sama sekali, lho

Rasa tegang dan cemas akan menyebabkan vaginismus, yaitu kontraksi otot pada vagina yang terjadi dengan sendirinya sehingga menyempit dan penis sulit untuk penetrasi. 

Solusinya, Anda harus sangat relaks dan nyaman dengan tubuh sendiri serta pasangan. Percayalah, orang yang Anda nikahi mau menerima diri apa adanya. 

Berbeda dengan hubungan seks sebelum menikah, hubungan intim yang dilakukan oleh pasutri ini sifatnya ibadah. 

Selain itu, kondisi vagina kering atau kurang lubrikasi juga bisa menyebabkan sakit saat penetrasi. Coba sediakan pelumas dan lakukan foreplay lebih lama agar vagina bisa mengeluarkan cairan lubrikan lebih banyak. 

Ketika cairan lubrikan sudah banyak, penetrasi akan lebih mudah dilakukan dan rasa sakit juga berkurang. Bila sebelumnya sudah ada lecet, lebih baik tunda dulu hubungan seks hingga luka mengering dan sembuh supaya tidak semakin sakit. 

Kini, Anda sudah mengetahui apa saja yang dapat membuat pasutri baru takut berhubungan intim. Bila ingin tanya seputar seks dan kesehatan organ intim, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU) 

0 Komentar

Belum ada komentar