Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Teh Earl Grey Jadi Favorit, Kenali Manfaatnya Buat Tubuh!

Teh Earl Grey Jadi Favorit, Kenali Manfaatnya Buat Tubuh!

Harganya yang agak mahal serta memberikan cita rasa berbeda pada minuman milk tea, ternyata, ini manfaat teh earl grey untuk kesehatan Anda!

Teh hitam dan teh hijau mungkin sudah tak asing lagi buat Anda. Lalu, bagaimana dengan teh earl grey? Meski namanya agak asing, tapi kini sudah banyak, lho, minuman milk tea yang memakai teh earl grey sebagai bahan dasarnya.

Selain membuat rasa milk tea yang lebih pekat dan enak, manfaat teh earl grey buat kesehatan ternyata juga oke! Tak percaya? Simak penjelasannya berikut ini.

Khasiat Earl Grey Tea

Earl grey tea telah ada sejak awal tahun 1800-an. Sebenarnya, teh earl grey ini basic-nya adalah teh hitam yang diberi minyak bergamot (minyak dari buah jeruk bergamot atau jeruk yang mirip jeruk nipis), sehingga ada rasa unik pada teh tersebut.

Beberapa variasi teh dibuat menggunakan ramuan bee balm (baunya tetap seperti jeruk bergamot). Teh ini telah digunakan secara medis oleh penduduk asli Amerika selama berabad-abad.

Selain punya cita rasa yang unik, teh earl grey juga berkhasiat untuk tubuh. Adapun manfaat minum teh earl grey, yaitu:

  • Mengandung Banyak Antioksidan

Amy Gorin, MS, RDN, seorang pemilik klinik nutrisi Amy Gorin di New York, Amerika Serikat, mengatakan teh earl grey mengandung banyak antioksidan.

Kandungan tersebut membantu meningkatkan kualitas kesehatan Anda, terutama dalam hal mencegah peradangan dan melawan radikal bebas.

  • Mencegah Penyakit Kronis

Minum teh earl grey secara rutin mampu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Amy Gorin mengatakan, "Mengonsumsi teh ini secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, diabetes, dan penyakit Parkinson."

  • Mencegah Jenis Kanker Tertentu

Hampir semua teh memiliki khasiat untuk mencegah kanker, tak terkecuali earl grey.

Selain menjaga kesehatan jantung dan kadar gula darah, manfaat minum teh ini secara rutin juga terbukti melawan dan mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker mulut, ovarium, dan kandung kemih.

  • Meredakan Perasaan Stres

Jika kopi adalah stimulan yang cenderung memicu tubuh untuk aktif bergerak dan merasa cemas, teh earl grey justru sebaliknya.

Teh earl grey mengandung L-theanine, yaitu asam amino yang membantu Anda lebih relaks dan tenang, itu berarti teh earl grey bermanfaat untuk meredakan stres yang tengah dialami.

  • Meredakan Masalah Pencernaan

Untuk khasiatnya yang satu ini, masih terbatas pada penelitian ke hewan tikus. Flavonoid dalam teh earl grey dianggap mampu melawan peradangan di pencernaan.

Senyawa yang disebut theaflavin membantu mengobati dan mencegah sakit maag serta masalah pencernaan lainnya.

Artikel Lainnya: Ini, Lo, 10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari

1 dari 3 halaman

Teh Earl Grey Dicampur Susu, Manfaatnya Masih Ada atau Tidak?

Sementara itu, manfaat-manfaat di atas merupakan kondisi yang dapat dirasakan ketika Anda minum teh earl grey murni tanpa campuran apa pun.

Nah, apabila sudah dijadikan sebagai milk tea (campuran susu dan gula), apakah manfaat tersebut tetap dapat kita rasakan?

Menanggapi pertanyaan tersebut, begini penjelasan dr. Arina Heidyana. “Ketika teh earl grey diberikan campuran susu, kita masih bisa, kok, mendapatkan manfaatnya. Hal yang terpenting perhatikan pengolahannya saja,” kata dr. Arina.

Dia menambahkan, “Misalnya, susu yang dipakai jangan susu yang tinggi lemak jenuhnya. Jadi, diganti saja dengan susu lain, seperti almond milk atau oat milk. Dari tehnya sendiri kan dapat menurunkan kolesterol, jadi hindari pakai susu full cream yang tinggi lemak jenuhnya lagi.”

Artikel Lainnya: Minum Teh Susu, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan?

2 dari 3 halaman

Adakah Efek Samping dari Minum Teh Earl Grey?

Meskipun penjelasan manfaat minum teh earl grey di atas membuat Anda ingin mengonsumsinya setiap hari, tapi bukan berarti Anda bisa meminumnya terlalu banyak dan terlalu sering, ya.

Tanin, senyawa dalam teh ini, terbukti menurunkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Jika Anda penderita anemia, sebaiknya hindari mengonsumsi segala sesuatu yang mengandung kafein terlalu banyak, termasuk teh earl grey ini.

Minum teh earl grey saat menyantap steak misalnya, juga dapat mengganggu fungsi tubuh dalam menyerap zat besi yang diberikan oleh daging tersebut.

Maka itu, hindari minum teh ini saat menyantap makan yang mengandung protein dan zat besi. 

Itu dia manfaat teh earl grey buat kesehatan beserta efek sampingnya. Apabila masih ada pertanyaan seputar minuman sehat dan topik kesehatan lain, langsung saja konsultasikan hal tersebut kepada dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar