HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi8 Manfaat Teh Earl Grey untuk Kesehatan Tubuhmu
Diet dan Nutrisi

8 Manfaat Teh Earl Grey untuk Kesehatan Tubuhmu

dr. Nabila Viera Yovita, 09 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Harganya yang agak mahal serta memberikan cita rasa berbeda pada minuman milk tea, ternyata, ini manfaat teh earl grey untuk kesehatan Anda!

8 Manfaat Teh Earl Grey untuk Kesehatan Tubuhmu

Teh earl grey atau juga disebut teh bergamot terbuat dari kombinasi black tea dan ekstrak orange bergamot

Karena nama “earl grey” diambil dari nama perdana menteri Inggris terdahulu yaitu Earl Grey, sering kali teh ini dianggap berasal dari Inggris. Padahal, earl grey tumbuh di Asia Tenggara dan banyak dibudidayakan di Italia Selatan.

Kamu dapat menemukan teh earl grey di supermarket dengan varian-varian tertentu. Selain punya cita rasa unik, teh earl grey juga berkhasiat untuk tubuh. 

Adapun beberapa manfaat teh earl grey, yaitu:

1. Menyehatkan Jantung

Black tea dan teh lain yang berasal dari Camellia sinensis telah terbukti memiliki efek menurunkan tekanan darah. 

Pada populasi yang mengalami tekanan darah tinggi, kebaikan earl grey tea menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung

2. Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi Kolesterol Tinggi

Berbagai studi telah menunjukkan, ekstrak bergamot dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, serta kolesterol total. Meski demikian, mekanismenya berbeda dengan cara kerja obat penurun kolesterol.

Artikel lainnya: Minum Teh Sebelum Tidur Bisa Atasi Insomnia?

3. Mengurangi Berat Badan

Polifenol, sebutan untuk berbagai antioksidan yang terkandung di dalam black tea, ditinjau baik untuk menurunkan berat badan. 

Caranya adalah mencegah pencernaan lemak, mempercepat metabolisme lemak di dalam tubuh, dan mampu mencegah obesitas melalui penurunan stres oksidatif atau kerusakan terhadap sel tubuh.

4. Kaya Antioksidan

Bergamot kaya akan kandungan tumbuhan yang meliputi polifenol, seperti flavonoid, neoeriositrin, neohesperidin, dan naringin. Kandungan ini dapat memerangi radikal bebas yang mampu merusak sel tubuh dan menimbulkan penyakit. 

Konsentrasi antioksidan tinggi di dalam bergamot, sehingga membuatnya begitu berkhasiat untuk kesehatan.

Artikel lainnya: Mana yang Lebih Efektif untuk Diet, Teh Hijau atau Teh Putih?

5. Membantu Pencernaan

Pencernaan Sehat Daya Tahan Tubuh Meningkat? Kok Bisa?

Untuk manfaat teh earl grey yang satu ini, masih terbatas dalam penelitian pada tikus. Flavonoid di dalam teh earl grey dianggap mampu melawan peradangan di pencernaan.

Senyawa yang disebut theaflavin membantu mengobati dan mencegah sakit mag serta masalah pencernaan lainnya.

6. Mencegah Penyakit Kronis

Minum teh earl grey rutin mampu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, diabetes, dan penyakit Parkinson.

Kebaikan teh earl grey tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsinya teratur. 

Artikel lainnya: Teh Herbal untuk Kesehatan yang Harus Anda Coba

7. Meredakan Stres

Jika kopi adalah stimulan yang cenderung memicu tubuh untuk aktif bergerak dan merasa cemas, teh earl grey justru sebaliknya.

Teh earl grey mengandung L-theanine, yaitu asam amino yang membantu kamu lebih relaks dan tenang. Itu berarti teh earl grey bermanfaat untuk meredakan stres yang tengah dialami.

8. Mencegah Kanker Tertentu

Hampir semua teh memiliki khasiat untuk mencegah kanker, tak terkecuali earl grey.

Selain menjaga kesehatan jantung dan kadar gula darah, khasiat teh earl grey yang diminum rutin juga terbukti melawan dan mengurangi risiko kanker tertentu, seperti kanker mulut, kanker ovarium, dan kanker kandung kemih.

Meskipun bermanfaat, bukan berarti kamu bisa minum earl grey tea terlalu banyak dan terlalu sering, ya. Tanin, yaitu senyawa di dalam teh earl grey, terbukti menurunkan penyerapan zat besi oleh tubuh. 

Artikel lainnya: Kenali, Ini Jenis Teh dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Jika kamu penderita anemia, sebaiknya hindari mengonsumsi segala sesuatu yang mengandung kafein terlalu banyak, termasuk teh earl grey.

Minum teh earl grey saat menyantap steak misalnya, juga dapat mengganggu fungsi tubuh dalam menyerap zat besi yang diberikan oleh daging tersebut. Maka itu, hindari minum teh ini saat menyantap makanan yang mengandung protein dan zat besi. 

Download aplikasi KlikDokter untuk tahu info makanan dan minuman sehat yang baik untuk #JagaSehatmu. Butuh saran dokter? Pakai layanan Tanya Dokter!

(FR/JKT)

Teh

Konsultasi Dokter Terkait