Sukses

Bunda, Ini Jenis Ikan yang Baik untuk Kecerdasan Anak

Bukan hanya salmon, masih ada banyak jenis ikan yang baik untuk kecerdasan anak. Anda tertarik memberikannya pada si kecil? Simak di sini.

Ikan sering disebut sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Tak heran, selain rasanya yang enak, nilai gizinya juga tinggi. Namun, ikan jenis apa saja yang bagus untuk kecerdasan anak?

Makanan yang mengandung gizi tepat untuk anak berperan besar dalam membangun koneksi saraf otak, menjaga hubungan antara sinyal otak, dan meningkatkan kembali struktur sel pada otak.

Nah, semua manfaat ini bisa si Kecil dapatkan jika mereka rajin mengonsumsi ikan.

1 dari 3 halaman

Pilihan Ikan yang Baik untuk Kecerdasan Anak

Apa saja sih jenis ikan yang mencerdaskan otak anak? Menurut dr. Arina Heidyana, berikut lima jenis ikan terbaik untuk kecerdasan otak anak.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon memang jadi ikan yang paling banyak direkomendasikan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Dijelaskan oleh dr. Arina, selain mengandung kalori dan lemak sehat, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan besar untuk meningkatkan kepintaran otak anak. 

Selain itu, ikan salmon juga kaya akan zat besi, vitamin B12, dan B6 yang berperan untuk memberi nutrisi pada otak.

  • Ikan Tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna juga baik untuk tumbuh kembang otak anak. 

Ikan tuna kaya kandungan omega-3, vitamin B6, fosfor, kalium, dan magnesium yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak. 

“Agar baunya tidak terlalu amis, orang tua bisa mencampurkan ikan tuna dalam satu tangkup roti sandwich di pagi hari, atau dicampurkan dalam menu siang anak seperti spageti tuna,” ujar dr. Arina. 

Artikel Lainnya: Rutin Mengonsumsi Minyak Ikan, Bikin Anak Lebih Cerdas?

  • Ikan Kembung 

“Ikan Kembung juga masuk dalam daftar ikan yang paling baik untuk otak anak. Bahkan, beberapa ahli menyebutkan bahwa kandungan nutrisi ikan kembung bahkan lebih baik ketimbang ikan salmon,” ujar dr. Arina.

Selain harganya yang murah, ikan kembung juga punya kandungan omega-3 dan DHA tinggi yang efektif dalam mencerdaskan anak.

  • Ikan Bandeng 

Meski banyak duri, ikan bandeng memiliki rasa yang gurih dan lembut saat dimakan. 

Selain itu, ikan bandeng juga punya kandungan fosfor, kalsium, kalium, dan protein tinggi untuk kesehatan otak anak. 

Agar memudahkan untuk mengonsumsi jenis ikan yang baik untuk kecerdasan anak ini, Anda bisa beli ikan bandeng yang sudah dipresto. Duri ikan jadi lunak dan tidak tertelan saat makan.

  • Ikan Cakalang 

Tak ketinggalan, dr. Arina juga merekomendasikan ikan cakalang untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Ikan cakalang mengandung protein dan asam omega-3 tinggi yang bisa berdampak positif bagi kecerdasan otak anak. 

Artikel Lainnya: Asupan Sehat Untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

2 dari 3 halaman

Panduan Makan Ikan agar Manfaatnya Optimal

Tidak sedikit anak yang menolak untuk makan ikan karena baunya yang amis. Nah, agar manfaatnya optimal dan anak senang hati saat memakannya, orang tua harus memberi contoh terlebih dulu.

“Makan ikan harus dimulai dari diri sendiri dulu. Artinya, orang tua harus mencontohkan hal yang baik. Jika orang tuanya sudah rajin makan ikan, maka kebiasaan baik ini akan menurun pada anaknya,” kata dr. Arina.

Selain itu, dia menambahkan agar lebih mudah untuk dimakan, orang tua bisa suir-suir ikan sebelum memberikannya pada anak.

Dia juga mengingatkan anak boleh makan ikan setiap hari, asalkan jenis ikan yang dipilih tergolong aman. Misalnya, pilih ikan yang tidak bernatrium tinggi, seperti salmon dan kembung.

Orang tua juga disarankan untuk mempertimbangkan kelengkapan variasi nutrisi anak dengan makanan lainnya. 

“Jadikan ikan sebagai sumber protein, lalu penuhi nutrisi lainnya dengan mengonsumsi sayur dan buah. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka memori dan kecerdasan otak anak akan terus meningkat,” ujar dr. Arina.

Jenis ikan untuk kecerdasan anak di atas memang bisa berdampak baik untuk perkembangan otak. Tapi ingat, makanan saja tidak cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil. 

Imbangi juga dengan latihan dan pembelajaran yang rutin. Cari tahu informasi kesehatan terbaru lainnya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar