Sukses

Alasan Anda Harus Kurangi Konsumsi Kopi saat Haid

Kaum hawa paham betul bagaimana kondisi tubuh saat datang bulan. Agar kondisi tak makin parah, katanya kita tak boleh kebanyakan minum kopi saat haid! Kenapa, ya?

Pernah dengar soal larangan minum kopi terlalu banyak saat haid? Anjuran tersebut ternyata bukannya tanpa alasan alias tidak mengada-ada, lho!

Kebanyakan minum kopi saat haid pada dasarnya tak baik buat kondisi tubuh wanita yang hendak atau sedang datang bulan. Ingin tahu lebih lengkap soal bahaya minum kopi saat haid? Ini dia penjelasannya dari dokter.

 

1 dari 4 halaman

Bahaya Minum Kopi saat Haid

Wanita pada dasarnya tidak dilarang untuk minum kopi. Hanya saja, waktu dan takaran kopi yang dikonsumsi sebaiknya dikurangi saat Anda datang bulan.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, ada beberapa alasan yang mendasari kenapa wanita sebaiknya mengurangi asupan kopi saat haid, yaitu berikut ini.

  • Membuat Nyeri Semakin Parah

Sepertinya sudah jadi rahasia umum, ya, bahwa nyeri perut bawah akan dirasakan oleh wanita yang sedang datang bulan. Ketika Anda minum kopi saat haid, ternyata itu justru membuat nyeri haid bertambah parah.

“Mengapa? Ini karena kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit. Akibatnya, aliran darah ke organ reproduksi, dalam hal ini rahim, semakin sedikit dan ujung-ujungnya membuat nyeri semakin parah,” jelasnya.

  • Membuat Asam Lambung Meningkat

Selain rasa nyeri di perut bawah, sebagian wanita juga mengalami kembung atau begah saat haid. Hal itu bukan disebabkan oleh kebanyakan makan, tetapi akibat perubahan hormonal.

Dokter Devia menambahkan, “Ya, perubahan hormonal pada akhirnya menimbulkan gangguan pencernaan sehingga perut bisa dipenuhi gas. Apabila Anda banyak minum kopi, otomatis asam lambung akan meningkat. Itu sama saja Anda memberikan tambahan gas di dalam perut dan kondisi perut semakin tidak nyaman.”

Artikel Lainnya: Demi Kesehatan, Berapa Batas Aman Minum Kopi dalam Sehari?

  • Menambah Rasa Cemas

Lagi-lagi karena perubahan hormonal, kondisi emosional wanita yang hendak dan sedang haid berubah tak stabil. Kaum hawa bisa mendadak cemas berlebih, sensitif, mudah menangis, bahkan marah-marah karena sesuatu yang kecil.

Kebanyakan minum kopi saat haid pada akhirnya akan meningkatkan rasa cemas itu sendiri dan membuat jantung berdebar lebih cepat. Kondisi dada kiri yang tidak nyaman akan menambahkan pikiran Anda.

Tak menutup kemungkinan Anda jadi berpikir bahwa punya masalah jantung, padahal itu karena kopi yang diminum.

2 dari 4 halaman

Kopi Tidak Mengurangi Banyaknya Darah Haid

Jika ada yang bilang bahwa bahaya kopi bagi wanita haid adalah dapat membuat darah menstruasi jadi lebih sedikit, sebaiknya tidak perlu Anda percaya.

Pasalnya, dr. Devia menyatakan jumlah darah haid itu sendiri murni dipengaruhi oleh faktor hormonal, bukan dari efek minum kopi.

“Sebenarnya, jumlah darah haid kita itu berkisar 40-80 cc per hari. Mungkin saja pas keluar di pembalut tidak banyak, tetapi pas kita buang air kecil, darah haid bisa saja ikut keluar bersamaan, jadi kesannya sedikit” tuturnya.

Artikel Lainnya: Minum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?

3 dari 4 halaman

Daripada Minum Kopi, Lebih Baik Konsumsi Minuman Ini

Tak usah langsung cemberut dengan anjuran untuk mengurangi asupan kopi saat datang bulan.

Anda masih bisa mengonsumsi begitu haid selesai, tetapi tetap dalam jumlah yang cukup. Sebagai gantinya, konsumsi minuman ini ketika Anda menstruasi supaya kondisi tubuh jadi lebih baik:

  • Teh Jahe

Satu penelitian tahun 2012 yang dilakukan terhadap mahasiswa menemukan dengan minum 250 mg bubuk jahe sebanyak empat kali sehari selama tiga hari, dapat  membantu meredakan nyeri haid.

Hasil penelitian ini akhirnya menyimpulkan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen.

  • Teh Kamomil

Sebuah tinjauan studi tahun 2012 melaporkan teh kamomil bisa meredakan kejang otot dan bertindak sebagai relaksan yang dapat melemaskan saraf.

  • Ekstrak Kayu Manis

Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2015, wanita yang mengonsumsi kapsul kayu manis dilaporkan mengalami lebih sedikit perdarahan, nyeri, mual, dan muntah saat haid.

Efek kapsul kayu manis ini berlaku jika dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi rempah tersebut.

Kini Anda sudah mengetahui kenapa wanita sebaiknya mengurangi minum kopi saat haid.

Apabila masih ada pertanyaan seputar haid, kesehatan organ intim, kopi, atau asupan lainnya, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar