Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Karantina Mandiri untuk Lansia yang Terinfeksi Virus Corona

Tips Karantina Mandiri untuk Lansia yang Terinfeksi Virus Corona

Agar kesehatan tetap terjaga selama pandemi Covid-19, sebaiknya Anda tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja. Terutama bagi lansia yang masuk ke dalam kelompok rentan terinfeksi virus corona.

Sampai saat ini, angka penderita Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 106.336 orang dengan angka kematian sebanyak 5.058.

Dari data Pusdatin Kementerian Kesehatan pada penderita Covid-19 yang meninggal, tercatat bahwa orang-orang di atas usia 60 tahun merupakan kelompok dengan angka terbanyak, diikuti kelompok usia 46-59 tahun.

Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 memang dapat menyerang segala usia. Namun, sejauh ini angka kematian di dunia akibat Covid-19 paling tinggi terjadi pada lansia di atas usia 70 tahun.

Seiring dengan pertambahan usia, tubuh akan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan fungsi organ-organ. Selain itu, kelompok lansia cenderung memiliki penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga penyakit paru obstruktif kronis. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa lansia rentan terserang virus corona.

1 dari 3 halaman

Manfaat Karantina Mandiri untuk Jaga Lansia dari Covid-19

Salah satu cara untuk menjaga lansia dari paparan virus Covid-19 adalah dengan melakukan karantina mandiri di rumah saja, serta menerapkan physical distancing dengan jarak minimal dua meter jika berada di luar rumah.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan kepada keluarga lansia saat karantina mandiri:

  1. Jaga Lansia Agar Tetap Aktif

Untuk mengisi masa karantina mandiri di rumah selama masa pandemi, sebaiknya jaga lansia tetap aktif secara fisik. Ajaklah lansia untuk berolahraga ringan, seperti jalan santai di dekat rumah, senam lansia, ataupun yoga.

Artikel Lainnya: Kenali Pentingnya Karantina dalam Mencegah Penyebaran Virus Corona

  1. Memberikan Hobi Baru

Anda dapat membantu mengenalkan hobi baru kepada lansia yang ada di rumah selama masa pendemi, seperti berkebun, merajut, bermain catur, atau mewarnai buku gambar agar mereka tetap sibuk dan tidak merasa kesepian.

  1. Hubungkan dengan Anggota Keluarga Lain

Agar selalu terhubung dengan keluarga, bantu lansia untuk tetap menghubungi anggota keluarga lain melalui video call. Selain untuk mengisi waktu luang, juga agar mereka tidak merasa terisolasi.

  1. Tunjukkan Anda Menyayangi Mereka

Rutinkan setiap hari memeluk lansia, mendengarkan cerita dan keluh kesahnya. Hal ini tentu dapat memberikan rasa nyaman kepada mereka.

2 dari 3 halaman

Buat Nyaman Lansia Selama Karantina

Selama menjalankan masa karantina mandiri, selain memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka, jangan lupa untuk memperhatikan perawatan lansia sehari-hari.

Sebagian besar lansia mengalami gangguan berkemih. Angka kejadian gangguan berkemih pun meningkat seiring bertambahnya usia. Hal ini dinamakan inkontinensia urine, yaitu sebuah kondisi saat kandung kemih tidak dapat dikontrol sehingga sering buang air kecil tanpa disadari (mengompol).

Gangguan inkontinensia urine pada lansia disebabkan oleh melemahnya saraf yang mengontrol katup kandung kemih. Kondisi ini tentu akan membuat lansia tidak nyaman, terutama ditambah kondisi pandemi saat ini.

Artikel Lainnya: Beser Hanya Terjadi pada Lansia, Mitos atau Fakta?

Agar mereka tetap merasa nyaman, pastikan area di dalam rumah, terutama area menuju kamar mandi dan kamar mandi tidak terlalu jauh dari area tempat tidur.

Apabila frekuensi  ke kamar mandi terlalu sering, disarankan untuk memakai popok dewasa agar terhindar dari risiko jatuh. Hal ini juga penting agar mereka tidak bertambah resah karena harus bolak-balik ke kamar mandi. 

Gunakan popok dewasa dua kali di siang hari dan satu kali di malam hari. Pastikan daya serap dan tampung urine baik sehingga terhindar dari kebocoran urine selama pemakaian.

Dan, untuk mencegah terjadinya iritasi di area sekitar selangkangan, gunakan popok yang mengandung aloe vera seperti popok Confidence Adult Care.

Popok ini memiliki kualitas terbaik dengan berbagai macam tipe sesuai kebutuhan. Mulai dari tipe Perekat (untuk kondisi sakit atau berbaring), tipe Celana, hingga tipe Pads (untuk kondisi aktif, seperti berolahraga dan lainnya). 

Untuk pagi dan siang, pilih Confidence Classic Day yang dapat menyerap maksimal. Lanjutkan dengan Confidence Classic Night dan Premium Night berdaya serap tinggi dengan ekstrak aloe vera yang nyaman di malam hari. Anda bisa mendapatkan produk Confidence gratis di sini.

Pastikan selama masa karantina, lansia yang ada di rumah Anda merasa nyaman, aman, dan terhindari dari stres yang berpotensi menurunkan imunitas. Ingatlah bahwa daya tahan tubuh yang menurun bisa meningkatkan risiko terpapar virus Covid-19. Semoga bermanfaat!

[DNA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar